Sabtu, 16 Februari 2013

Home » , , » 9 Kode Rahasia BlackBerry

9 Kode Rahasia BlackBerry



Terkadang menyenangkan jika Anda mengetahui hal yang tidak banyak diketahui orang, apalagi jika hal yang bersifat “rahasia” tersebut berhubungan dengan teknologi. Anda bukan hanya bisa memamerkannya ke teman-teman, melainkan juga membantunya ketika dibutuhkan.

Bagi Anda pengguna smartphone BlackBerry berikut beberapa kode rahasia yang bisa diaplikasikan pada BlackBerry Anda. Beberapa diantaranya bahkan bisa jadai jalan keluar masalah yang sering ditemukan pada BlackBerry Anda.

• * # 0 6 #
Kode ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui no IMEI ponsel. Tak hanya berfungsi bagi perangkat BlackBerry, kode ini berlaku universal pada perangkat GSM. Artinya, Anda bisa menggunakan kode ini pada semua ponsel yang berbasis GSM.

IMEI sendiri merupakan rangkaian 15 kode unik yang berfungsi sebagai identitas ponsel. Kode ini berguna ketika Anda ingin mencocokkan IMEI ponsel dengan yang tertera pada box penjualan misalnya.





Untuk perangkat BlackBerry tanpa keyboard atau full touchscreen seperti BlackBerry Curve 9380 (Orlando), 9860 (Monza) dan 9850 (Monaco). Anda hanya perlu menekan tombol call untuk menuju fitur telepon atau pilih “Phone” dari menu utama kemudian masukkan kode tersebut.







• ALT + N M L L (tidak perlu mengetikkan dalam huruf kapital/menahan tombol shift)
Shorcut ini bisa digunakan untuk mengubah tampilan indikator sinyal dari grafis batang (bar graph) menjadi tampilan angka dengan besaran decibel. Sedang untuk perangkat BlackBerry dengan metode input SureType seperti keluarga Pearl (8100, 8110, 8120, 8130, 9100) dan Pearl Flip (8220, 8230), yang harus dilakukan adalah menahan tombol ALT dan ketik NNMLL (tambahan huruf N diperlukan karena huruf tersebut berbagi tombol dengan huruf B)





Untuk mengembalikannya seperti semula, Anda cukup memasukkan kode tersebut kembali.

• ALT + shift +H
Kode ini berfungsi untuk memunculkan Help Screen. Tampilan ini mengandung banyak informasi penting diantaranya versi sIstem operasi yang digunakan, PIN, IMEI, durasi sejak BlackBerry terakhir kali diaktifkan, kekuatan sinyal, daya baterai, kapasitas ruang penyimpanan yang bisa digunakan, dan total kapasitas memori ponsel.







Untuk perangkat BlackBerry tanpa keyboard atau full touchscreen seperti BlackBerry Curve 9380 (Orlando), 9860 (Monza) dan 9850 (Monaco), yang harus dilakukan adalah tahan tombol Back, lalu sentuh layar dibagian atas kiri- atas kanan- atas kiri- atas kanan (seperti pada gambar)

• ALT + Shift Kanan + DEL
Kode ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk melakukan reset pada BlackBerry, disamping melakukannya dengan mencabut baterai. Cara ini tentu lebih mudah dan sederhana untuk dilakukan.



Trik ini akan sangat membantu ketika BlackBerry hang, atau saat Anda terjebak pada tampilan jam pasir yang tidak kunjung selesai. Melakukan reset pada BlackBerry juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan performanya ketika dirasa melambat. Karena dengan me-reset BlackBerry, sistem secara otomatis akan mematikan sejumlah aplikasi yang berjalan pada background dan memakan ruang pada memori RAM.

• ALT+RBVS
Kode ini akan berfungsi ketika Anda berada pada fitur browser, dan berfungsi untuk menampilkan Source Code dari halaman situs yang sedang dibuka. Dalam ilmu komputer, source code atau kode program adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia.





• ALT + L G L G
Kode yang satu ini berfungsi untuk memunculkan tampilan Event Log. Layar akan menampilkan sejumlah proses yang sedang berjalan pada sistem. Tanpa keyboard fisik pun Anda bisa memunculkan tampilan event log seperti pada perangkat BlackBerry full touchscreen semisal BlackBerry Curve 9380 (Orlando), 9860 (Monza) dan 9850 (Monaco), yaitu dengan cara pilih ikon “Universal Search” yang terletak di bagian kanan-atas homescreen, tepat di bawah indikator sinyal. Ketika pilihan berada pada search bar, keyboard virtual secara otomatis akan tertampil. Tekan tombol symbol/angka tepat di sudut kiri bawah layar. Ketik “ / “ / (tanda petik, garis miring,tanda petik, garis miring) kemudian event log pun akan tertampil pada layar.





















Dan untuk membebaskan RAM ketika performa BlackBerry terasa melambat, salah satu hal yang umum dilakukan adalah dengan membersihkan event log dengan cara menekan tombol menu dan pilih Clear Log> Delete.

• LOLO
Kode ini berjalan pada tampilan pengaturan tanggal dan waktu (date and time) yang tersedia pada menu Options> Display> Date and Time. Setelah mengetikkan kode, di bagian paling bawah tampilan pengaturan tanggal dan waktu Anda akan menemukan informasi tanggal dan waktu yang disediakan oleh jaringan.





• BUYR
Kode ini diketikkan pada tampilan Status yang bisa diakses melalui menu Option> Status. Ketika kode ini dimasukkan, layar akan menampilkan sejumlah informasi tambahan tentang besaran transaksi data yang telah dilakukan ponsel serta akumulasi waktu yang telah digunakan untuk melakukan pangilan suara yang masuk ataupun keluar.

Kedua informasi tersebut berfungsi ketika Anda misalnya membeli sebuah BlackBerry baru, kedua informasi tersebut tentu seharusnya menunjukkan angka nol, atau setidaknya tidak jauh dari itu.Pada perangkat BlackBerry yang menjalankan BlackBerry OS 7, tampilan status ada pada pilihan Options> Device> Device and Status Information. Pada versi ini tersedia pula informasi tambahan tentang kapan BlackBerry tersebut pertama kali diaktifkan.





Untuk perangkat BlackBerry tanpa keyboard atau full touchscreen seperti BlackBerry Curve 9380 (Orlando), 9860 (Monza) dan 9850 (Monaco), setelah berada pada tampilan Status, tekan tombol menu> Show Keyboard untuk dapat mengetikkan kode diatas.






• TEST
Kode ini berguna ketika Anda merasakan ada masalah dengan BlackBerry Anda terutama jika maslaha yang dimaksud berhubungan dengan perangkat keras (hardware). Seperti kode sebelumnya kode ini berjalan pada tampilan Status yang bisa diakses melalui menu Option> Status atau Options> Device> Device and Status Information jika Anda menggunakan BlackBerry OS 7.

Aplikasi berfungsi untuk menjalankan mode “Device Self Test Application”, yang akan menjalankan sejumlah test pada ponsel untuk memeriksa apakah terjadi kerusakan.

























Mode ini memiliki pilihan untuk memeriksa hardware (keyboard, trackball/trackpad, layar sentuh, kamera, SD card) Audio (handset, headset dan Bluetooth) serta jaringan Komponen RF, konektifitas ke jaringan, GPS). Setelah melakukan pilihan bagian apa saja yang ingin diperiksa, sistem akan menuntun Anda menjalani test. Ketika melakukan pemeriksaan pada keyboard misalnya, Anda di minta untuk menekan tombol apapun pada keyboard. Dan dilayar akan muncul karakter tombol yang ditekan.

Atau ketika Anda melakukan pengujian trackball/trackpad, layar akan menampilkan arah yang sesuai dengan arah Anda mengelusnya.
(@yuanzroc)

sumber

1 komentar: