Selasa, 19 Februari 2013

Home » , , » Mengenal Tsunami

Mengenal Tsunami


Apa itu Tsunami?

Tsunami
gambar: ck-12.org

 "Tsunami" adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti "gelombang pelabuhan." Beberapa orang menyebutnya gelombang pasang.

Tsunami (bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba.

Tsunami adalah gelombang laut mematikan dari hentakan tajam gempa bumi di bawah laut. Jarang, gelombang ini dapat dihasilkan oleh guncangan lain selain di bawah laut, seperti halnya dampak meteorit yang jatuh ke laut. Untungnya, gempa bumi bawah laut sedikit, dan dampak meteorit bahkan lebih sedikit, menghasilkan tsunami.
Karkteristik Tsunami
Gelombang tsunami dapat merambat ke segala arah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang. 

Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, laju gelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketika mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami menurun hingga sekitar 30 km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter. 

Gelombang tsunami memiliki tinggi gelombang relatif kecil terhadap panjang gelombang panjang mereka, sehingga biasanya tanpa disadari di laut. Ketika bepergian lereng ke garis pantai, gelombang didorong ke atas. Seperti gelombang angin, kecepatan bagian bawah gelombang diperlambat oleh gesekan. Hal ini menyebabkan panjang gelombang menurun dan gelombang menjadi tidak stabil. Faktor-faktor ini dapat membuat gelombang besar dan mematikan.

Dampak Negatif Tsunami
Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.
Bagaimana Tsunami Terbentuk?
Gempa bumi, Tanah longsor, dampak meteorit, atau hentakan lain dibawah air laut dapat membentuk tsunami. Tsunami dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 800 kilometer per jam (500 mil per jam).
Gempa yang menyebabkan tsunami
  • Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 - 30 km)
  • Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter
  • Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun
Berikut Animasi pembentukan gelombang tsunami: Klik Link berikut: Animasi Pembentukan tsunami
Berikut video penjelasan mengenai gelombang tsunami:
Daftar Riwayat Terjadinya Tsunami:
  • Pada tahun 1755 tanggal 1 November di Lisbon, Portugal, gelombang tsunami menghantam. Sebuah gempa di lepas pantai besar membuat banyak kerusakan di darat. Orang-orang bergegas keluar menuju pantai. Sesampai di sana, mereka menemukan bahwa air itu mengalir ke arah laut dengan cepat dan apa yang terjadi orang-orang di tepi tenggelam saat puncak gelombang datang sampai di pantai.
  • 1883 - Pada tanggal 26 Agustus, letusan gunung Krakatau dan tsunami menewaskan lebih dari 36.000 jiwa.
  • 2004 - Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa besar yang menimbulkan tsunami menelan korban jiwa lebih dari 250.000 di Asia Selatan, Asia Tenggara dan Afrika. Ketinggian tsunami 35 m,
  • 2006 - 17 Juli, Gempa yang menyebabkan tsunami terjadi di selatan pulau Jawa, Indonesia, dan setinggi maksimum ditemukan 21 meter di Pulau Nusakambangan. Memakan korban jiwa lebih dari 500 orang. Dan berasal dari selatan kota Ciamis tepatnya di Pangandaran. 
  • 2007 - 12 September, Bengkulu, Memakan korban jiwa 3 orang. Ketinggian tsunami 3-4 m.
  • 2010 - 27 Februari, Santiago, Chili
  • 2010 - 26 Oktober, Kepulauan Mentawai, Indonesia
  • 2011 - 11 Maret, Sendai, Jepang
Dari data di atas wilayah Indonesia menjadi tempat paling sering terjadi tsunami. Mengapa demikian?
Sebenarnya tidak semua wilayah Indonesia rawan akan gempa dan tsunami, namun memang terdapat beberapa daerah yang memiliki kerawanan tinggi akan datangnya tsunami menurut beberapa ahli.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa wilayah selatan Jawa, Nusa Tenggara dan Papua rentan gempa bumi disertai tsunami.

Solusi dan Penanggulangannya?
Tsunami merupakan peristiwa alam yang tidak dapat dicegah adanya. Manusia hanya bisa mengantisipasi datangnya tsunami dan melakukan beberapa hal berhubungan dengan penyelamatan.
Untuk itu dunia saat ini sedang memberlakukan sistem

Video National Geographic: Tsunami dan Bagaimana Tsunami Bisa Menghancurkan
 
Semoga peristiwa alam yang mengerikan salah satunya gempa dan tsunami menjadi peringatan bagi kita akan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.
 
sumber wikipedia dan ck-12.org 
gomuda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar