Rabu, 20 Februari 2013

Home » , , » Warna dan Bagaimana Kita Melihat Warna

Warna dan Bagaimana Kita Melihat Warna


Guys, pernahkah kamu berpikir akan seperti apa dunia yang kita diami ini tanpa Warna? Dunia hanya ada hitam dan putih tanpa merah, kuning, hijau, biru, nila, ungu dan banyak lainnya seperti yang ditunjukkan gambar dibawah berikut.


warna pensil
sumber gambar: www.blackxperience.com

Jawabannya pasti membosankan dan tentu membuat hidup tak indah. Seperti dahulu saat teknologi tak secanggih saat ini, saat menonton tv layarnya menunjukkan warna hitam putih, namun sekarang begitu berwarna sehingga menonton televisi pun tidak membosankan.

Cek Video Berikut Untuk Melihat Perbedaan Antara Berwarna dan Tidak Berwarna



Begitu besarnya pengaruh warna dalam kehidupan kita. Bahkan setaip orang memiliki warna favorit tertentu yang secara psikologis ternyata menunjukkan kepribadiannya.

So, What Is Color?

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen.

Berikut Video Penjelasan Mengenai Apa Itu Warna?




Jenis-Jenis Warna
Warna primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna-warna dasar. Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer.

warna primer
Warna Primer Additif, gambar: wikipedia

warna primer
Warna Primer Substraktif, gambar: wikipedia

Pada awalnya, manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer adalah:
  1. Merah (seperti darah)
  2. Biru (seperti langit atau laut)
  3. Kuning (seperti kuning telur)
Warna Sekunder
Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruang warna.

Warna Tersier
Warna tersier adalah warna yang dihasilkan dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder dalam sebuah ruang warna.

Lalu, Bagaimana Kita Bisa Melihat Sebuah Warna?
Terdapat dua hal yang memepngaruhi warna sebuah benda yang kita lihat yaitu: Pigmen dan Cahaya. Setiap benda memiliki pigmen warna (molekul-molekul penghasil warna).

Seperti halnya bunga mawar merah memiliki pigmen warna merah, atau darah kita berwarna merah karena memiliki pigmen warna merah. Namun demikian tanpa cahaya, mata kita tidak akan bisa melihat mawar atau darah tersebut berwarna merah.

Bagaimana Proses Kita Bisa Melihat Sebuah Warna?
Terdapat beberapa hal penting bagaimana kita bisa melihat sebuah warna, diantaranya:
  1. Cahaya, Matahari
  2. Filter
  3. Benda
  4. Mata
  5. Saraf-saraf optik
  6. Otak (sumber: harunyahya.com)
Cahaya matahari adalah sumber warna yang masuk ke Bumi. Cahaya matahari tidak semuanya baik terdapat cahaya yang berbahaya seperti ultraviolet.

Cahaya matahari tersebut di saring oleh filter bumi yakni atmosfer, sehingga cahaya yang memasuki bumi adalah cahaya yang tidak berbahaya.

Cahaya yang memasuki bumi tidak hanya satu warna tetapi berbagai jenis warna termasuk warna mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu) sebagai hasil dari penguraian cahaya monokromatik dari matahari menjadi cahaya polikromatik dengan panjang gelombang tertentu.

Cahaya yang masuk kebumi mengenai sebuah benda, Benda kemudian memantulkan cahaya tersebut, yang ditangkap oleh panca indra kita berupa mata.

Di dalam mata terdapat organ-organ mata yang memiliki fungsi berbeda-beda. Cahaya hasil pantulan benda kemudian masuk melalui kornea, dan dibiaskan melalui lensa mata dan pada akhirnya di tangkap oleh retina. Bayangan yang terbentuk hasil pembiasan tersebut adalah nyata, terbalik diperkecil.

Hasil bayangan benda kemudian diteruskan oleh saraf-saraf optik ke otak. di otak bayangan tidak lagi terbalik namun diinterpretasikan menjadi tegak. Sehingga kita melihat benda atau manusia seperti adanya tegak dan tidak terbalik.


Nah, oleh karena itulah kita bisa melihat sebuah warna pada benda. Bunga mawar merah memantulkan cahaya dan masuk ke mata kita, terbentuk bayangan dan diinterptretasikan oleh otak sehingga mawar tersebut berwarna merah.

Adakah Hubungan Warna dengan Psikologis Manusia?
Tentu ada, diawal ada video membandingkan antara kondisi ruangan yang berwarna dengan yang tidak. Saat kondisi ruangan tidak berwarna tentu jenuh dan membuat mata kita cepat lelah, berbeda halnya dengan yang berwarna mata kita lebih fresh dan semangat melihatnya.


Boleh Percaya atau Tidak dan Ambil Hikmahnya! Masing-masing warna sering dikaitkan dengan kepribadian atau psikologis seseorang diantaranya: (sumber: terselubung.com)
Hitam
Yang menyukai warna hitam cenderung punya pemikiran yang konservatif. dan sangat tahu apa kelebihan diri mereka. Warna hitam juga cenderung membuat mereka ingin tampil seksi dan percaya diri.

Putih Warna putih ini dikatakan sebagai warna netral, dan demikian pula dengan yang memfavoritkan warna satu ini. Mereka Cenderung pecinta damai dan tak suka memihak. Selain itu juga termasuk orang yang tenang dan mudah berteman dengan siapa saja.
Pink Warna ini cenderung dikenal sebagai warna feminin. Namun di balik girly image-nya, sebenarnya warna ini menyembunyikan kepribadian yang misterius. Jadi, tak benar jika seseorang yang menyukai warna pink adalah sosok yang sangat girly, bisa jadi ia pandai memainkan gayanya.
Merah Cerdas, berani dan vokal! Mereka sangat suka berada di tengah banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Mereka juga suka berpetualang dan tak suka ditentang.

Biru Seperti kesan yang didapat dari kejernihan warnanya, Mereka yang menyukai warna biru adalah sosok penyayang dan berjiwa bebas. Mereka percaya bahwa kecantikan dari dalam dirilah yang membuat mereka cantik seutuhnya.
Hijau Untuk pecinta hijau, maka tak salah lagi, Kalian adalah sosok pecinta lingkungan. Sekalipun mungkin bukan orang yang terjun di dalam organisasi pecinta lingkungan, namun kalian berusaha menjaga lingkungan sekitar Anda. Anda juga sosok yang keras kepala, namun sekaligus teman yang menyenangkan.  
Orange
Warna ini menunjukkan seseorang adalah orang yang tulus, menikmati tantangan dan hal-hal baru. Mereka juga punya ambisi besar serta senang menjadi pusat perhatian.

Kuning
Bagi suka warna kuning, maka kamu adalah orang yang optimis. Suka akan tantangan dan kegiatan di luar ruangan, terutama olahraga. Anda juga adalah orang yang fleksibel dan punya intuisi yang kuat.
Apa warna kesukaanmu? apapun warna kesukaan kita yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi hidup kita. Hanya kita yang bisa merubah atau menentukan diri kita seperti apa, selanjutnya berdo'a pada Allah untuk hasil akhirnya.

Tambahan:
Untuk Lebih Jauh Mengetahui Tentang Warna dan Segala Manfaatnya bisa dilihat dilink ini: Kesempurnaan Warna Ilahi, kamu bisa download ebooknya atau baca secara online.


By: Aim Kazuhiko
sumber : http://www.gomuda.com/2012/12/warna-dan-bagaimana-kita-melihat-warna.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar