Selasa, 19 Februari 2013

Home » , » Apa Yang Terjadi Saat Asteroid Menghantam Bumi?

Apa Yang Terjadi Saat Asteroid Menghantam Bumi?

Guys, tahukah kamu apa yang akan terjadi jika asteroid menghantam Bumi? Tahukah kamu ternyata asteroid terbilang cukup sering melewati bumi meskipun pada jarak yang jauh seperti halnya Asteroid 2.012 DA14 tanggal 15 Februari lalu.


sumber gambar:howstuffworks.com

Syukur asteroid tersebut hanya melewati dan tidak menimbulkan sesuatu. Namun sekali lagi apa yang akan terjadi saat asteroid benar-benar menghantam Bumi ini?

Asteroid begitu populer yang kerap diperbincangkan menjadi salah satu faktor yang mungkin akan membuat dunia dalam kiamat, wallahu'alam. Asteroid pun menjadi sosok sebuah benda populer dalam film bergentre science fiction, sebut saja Armageddon yang begitu populer saat kemunculannya, Deep Impact, Hammer Luciffer dan banyak lainnya.

Asteroid menghantam bumi ternyata bukan hanya sebuah cerita fiksi namun juga ,sebuah fakta yang ditemukan oleh para ilmuwan yang menyatakan bahwa ada kawah yang jelas di bumi dan bulan yang menunjukkan kepada kita sejarah panjang benda besar pernah memukul planet ini. Asteroid paling terkenal yang pernah menghantam bumi 65 juta tahun yang lalu. Diperkirakan bahwa asteroid ini melemparkan kelembaban begitu banyak dan debu ke atmosfer yang memotong sinar matahari, menurunkan suhu di seluruh dunia dan menyebabkan kepunahan dinosaurus.

Setiap asteroid memiliki sejumlah besar energi saat menghantam bumi. Sebuah asteroid yang besar bepergian dengan kecepatan yang memiliki energi yang kurang lebih sama dengan bom 1 juta megaton. Ini sangat mungkin bahwa sebuah asteroid seperti ini akan menghapus sebagian besar kehidupan di planet ini.

Sulit untuk membayangkan 1 juta megaton, jadi mari kita mencoba beberapa ukuran yang lebih kecil. Mari kita mengatakan bahwa sebuah asteroid ukuran rumah jatuh di Bumi pada jarak 30.000 mph. Ini akan memiliki jumlah energi yang kurang lebih sama dengan bom yang jatuh di Hiroshima - mungkin 20 kiloton.

Sebuah asteroid seperti ini akan meratakan bangunan beton bertulang sampai setengah mil dari titik nol, dan meratakan struktur kayu mungkin setengah mil dari Ground Zero. Dengan kata lain, melakukan kerusakan yang luas untuk setiap kota.

Jika asteroid diumpamakan sebagai bangunan besar dengan 20 lantai, ia memiliki sejumlah energi yang sama dengan bom nuklir terbesar yang dibuat hari ini - pada urutan 25 sampai 50 megaton. Sebuah asteroid seperti ini akan meratakan bangunan beton bertulang lima mil dari Ground Zero. Ini benar-benar akan menghancurkan kota-kota yang paling besar di Amerika Serikat.

Asteroid yang sangat besar dengan energi kisaran 1 juta megaton. Asteroid ini memiliki energi 10 juta kali lebih besar dari bom yang jatuh di Hiroshima. Ini bisa meratakan segalanya untuk 100 sampai 200 mil dari Ground Zero. Dengan kata lain, jika asteroid besar secara langsung menghantam New York City, kekuatan dampak mungkin benar-benar akan meratakan setiap hal dari Washington DC ke Boston, dan akan menyebabkan kerusakan yang luas mungkin 1.000 mil keluar hingga Chicago.

Jumlah debu dan puing-puing terlempar ke atmosfer akan memblokir sinar matahari dan menyebabkan hampir semua makhluk hidup di planet ini binasa. Jika asteroid yang besar mendarat di laut, hal itu akan menyebabkan ratusan pasang surut gelombang besar dan tinggi yang benar-benar akan menggilas garis pantai di sekitarnya.

Dengan kata lain, jika sebuah asteroid menghantam Bumi, itu akan menjadi hari yang benar-benar buruk tidak peduli seberapa besar asteroid itu. Jika asteroid datang dengan memiliki ukuran satu mil diameter, kemungkinan untuk menghapus kehidupan di planet ini. Mari kita berharap bahwa tidak terjadi dalam waktu dekat!

By: Aim Kazuhiko Referensi: howstuffworks.com sumber : http://www.gomuda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar