Selasa, 19 Februari 2013

Home » , » Timnas U17 Selangkah lagi Juara di Hongkong

Timnas U17 Selangkah lagi Juara di Hongkong


IST

TRIBUNNEWS.COM, HONGKONG - Tim nasional Indonesia U-17 yang bertanding dalam ajang HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012, terus melaju. Kemenangan kedua didapat anak-anak asuhan Indra Safri atas Makau dengan skor 4-1, di Stadion Po Kong Village, Zhi San Wan, Hong Kong, Sabtu (28/1/2012) petang waktu setempat.

Dengan kemenangan itu, membuat Eriyanto dan kawan-kawan semakin dekat menapaki tangga juara. Sebab, dengan hanya menahan imbang Singapura, Minggu (29/1/2012), skuad Garuda Muda dipastikan akan membawa pulang Trophy juara. Terlebih, ditempat dan waktu yang sama, Singapura harus mengaku ketangguhan tuan rumah, Hong Kong, dengan skor mencolok 5-1.

"Kami terus berusaha keras agar mampu mewujudkan ambisi juara. Semoga, gelar juara ini akan diikuti gelar juara lainnya bagi tim nasional Indonesia dan menjadi awal yang baik bagi pesepakbolaan Indonesia," ujar Indra Safri dihubungi melalui sambungan telepon internasional usai pertandingan.

"Rotasi pemain yang kami lalukan juga berjalan baik. Kami mampu menguasai jalannya bola dari lini tengah. Pemain-pemain yang kami turunkan, mampu menerapkan organisasi permainan dengan baik," tuturnya

Tidak lpua, Indra terus mengharapkan dukungan dari insan sepak bola Tanah Air agar dapat terus melalui pertandingan dengan mudah. Ditambahkannya, untuk mengantisipasi laga terakhir, ia bersama dua pendampingnya, yakni Nursailan dan pelati penjaga gawang, Jarot Supriadi, sepakat menarik lima pemain inti di paruh babak kedua. Itu setelah Timnya unggul 4-1. Dengan begitu, saat melawan Singapura, Timnas U-17 bisa kembali turun dengan kekuatan penuh.

Sedangkan jalannya pertandingan, Indra menuturkan, semula sempat tertinggal 1-0 lebih dahulu pada menit ke-4 melalui gol Kam Chi Hou dari tendangan bebas. Indra Kelana Nasution dan kawan-kawan butuh waktu 27 menit untuk bisa menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1, lewat aksi menawan Syamsul Muhidin Pelu.

Sukses menyamakan kedudukan, membuat para Garuda Muda semakin bersemangat. Hasilnya, enam menit berselang, striker asal Sumatera Utara, Indra Kelana Nasution mampu mencetak gol lewat tandukan memanfaatkan kemelut di gawang Makau, sekaligus membawa Indonesia berbalik unggul dengan skor 2-1, yang bertahan hingga turun minum.

Lalu, babak kedua baru berjalan lima menit, kerjasama apik duet Nasution dan Syamsul nyaris berbuah gol. Sayangnya, sontekan yang dilepaskan Nasution masih melebar dari gawang Leo Kei In. Terus mendapat serangan membuat pertahanan Makau kewalahan. Pada menit ke-59, Muhammad Hargianto mencetak gol dan melebarkan jarak menjadi 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Tim besutan pelatih Tam Lau San semakin terpuruk menyusul gol cantik yang dibukukan I Wayan Eka Nanda Wardana melalui tendangan jarak jauh pada menit ke-69. Papan skor pun kembali berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan Indonesia, yang bertahan hingga pertandingan usai.

"Peluang anak-anak untuk mencetak gol sebetulnya cukup banyak. Sayang karena gagal dikonversi dengan baik. Tapi kemenangan ini sangat menyenangkan, karena anak-anak justru tertinggal lebih dahulu," kata Syafri.

Mengenai penampilan Nasution yang kembali mencetak gol dan mengulang sukses yang ia bukukan pada laga perdana melawan tuan rumah Hong Kong sehari sebelumnya, pelatih asal Sumatera Barat tersebut melontorkan pujian. Menurutnya, pemain kelahiran Medan, 15 Juni 1999, kelak akan terus menghuni skuad timnas Indonesia. Itu sekiranya ia bisa terus menjaga permainan dengan giat berlatih.

Syafri menuturkan, dari dua penampilan selama berada di Hong Kong dengan mencetak dua gol, sudah menjadi salah satu bukti ketajamannya sebagai tukang gedor. Karena itu, ia mengingatkan agar Nasution tidak cepat puas atas apa yang sudah dilakukan.

"Nasutian berpotensi menja

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar