Selasa, 05 Februari 2013

Home » , » Android Sumbang 28.000 Aplikasi untuk BlackBerry 10

Android Sumbang 28.000 Aplikasi untuk BlackBerry 10



KOMPAS.com - Perusahaan BlackBerry, sebelumnya bernama Research In Motion (RIM), mengumumkan bahwa ada 70.000 aplikasi yang tersedia untuk sistem operasi BlackBerry 10, cukup banyak untuk ukuran platform yang baru saja diluncurkan.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata tidak semua aplikasi tersebut dibuat khusus untuk platform BlackBerry 10. Sebanyak 28.000 aplikasi merupakan hasil porting dari aplikasi Android.

"40 persen merupakan aplikasi Android," kata Martyn Mallick, Vice President of Global Alliances and Business Development BlackBerry, seperti dikutip dari ReadWrite, Senin (4/2/2013).

Sebagai contoh, aplikasi Skype pada BlackBerry 10 sebenarnya merupakan porting dari versi Android. Skype sendiri sudah memiliki aplikasi native untuk iOS, Android, dan Windows Phone, tetapi belum pernah hadir untuk platform BlackBerry.

BlackBerry sendiri memiliki sebuah strategi unik untuk "memaksa" para developer melakukan porting aplikasi ke platform BlackBerry 10. Strategi tersebut hadir dalam bentuk sebuah kompetisi kecil yang dinamakan "Port-o-Thons".

Melalui ajang tersebut, BlackBerry meminta para developer untuk melakukan porting aplikasi yang sudah ada saat ini ke platform BB 10. Sebagai gantinya, pengembang akan mendapatkan 100 dollar AS untuk setiap sebuah aplikasi yang disetujui masuk App World.

Kompetisi tersebut berjalan dua periode dan mampu menghasilkan sekitar 34.000 aplikasi BlackBerry 10.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar