Selasa, 23 Oktober 2012

Home » Tips mempercepat komputer hingga 10 x Lipat

Tips mempercepat komputer hingga 10 x Lipat

Saat ini komputer lelet sudah bukan jamannya lagi. Sekarang jamannya persaingat kecepatan. Hal ini terbukti dengan terus berkembangnya generasi processor mulai dari pentium 1 hingga core 2 duo. Perkembangan processor tersebut ternyata untuk mengimbangi program yang membutuhkan spec yang semakin tinggi.
Memiliki perangkat komputer dengan kecepatan tinggi adalah impian bagi banyak orang. Kita bisa menjalankan bnyak progarm secara bersamaan, tidak lelet dan tidak mudah hang. Nah jika ternyata kita masih memiliki komputer yang masih lambat dan ingin agar komputer kita bisa menjalankan semua program terbaru? kita masih bisa mengutak atiknya, simak caranyanya dengan seksama berikut ini.



ilustrasi : mubaroki.blogdetik.comCara mempercepat komputer

1. Tambah kapasitas RAM
RAm (Random Acces Memory) adalah tempat penyimpanan data sementara di dalam komputer atau laptop kita. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin kuat pula komputer tersebut menjalankan program secara bersamaan. Upgrade RAM anda menjadi 1 GB, 2 Gb atau 4 GB. Anda juga dapat mengganti processor yang terbaru tetapi tentunya biayanya lebih mahal bila membeli 1 unit processor, oleh karena itu penggantian memory lebih efektif mempercepat komputer.

2. Kurangi beban memory
Beban memory yang besar dapat berasal dari banyak tempat, seperti desktop yang terlalu penuh dengan sortcut, hapus sebagian besar sortcut yang tidak pernah lagi digunakan di bagian desktop anda agar beban memory menjadi lebih ringan. Hapur program-program yang tidak lagi pernah digunakan, keberadaannya akan dapat meningkatkan beban memory pc / laptop anda.

3. Kurangi penampilan
Saya sering melihat di halaman utama komputer teman-teman penuh dengan berbagai hiasan-hiasan, animasi dan model-model tema windows yang sangat cantik. Tahukah anda bahwa hal tersebut menambah beban memory menjadi lebih tinggi. Sebaiknya gantilah template menjadi template classic, hal ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang di luar negeri. Tampilan yang menarik dan rupawan yang diinstal di pc kita hanya diperuntukkan bagi komputer yang memiliki spec tinggi.

4. Jangan memasang antivirus berlebihan
Banyak yang menganggap bahwa memasang banyak antivirus di dalam komputer membuat komputer menjadi sangat aman dari gangguan virus. Ternyata tidak demikian, justru semakin banyak antivirus yang diinstal, maka dapat membuat sistem komputer menjadi tidak stabil. Juga meningkat beban memory karena program antivirus akan bekerja selama komputer tersebut nyala.

5. Matikan program tidak penting di start up
Banyak yang tidak sadar bahwa saat sedang mengetik menggunakan microsoft office ternyata ada banyak program tidak penting yang juga ikut bekerja. bagaimana cara mengetahui dan mematikannya? caranya cukup mudah :
- Klick START – Run – Ketikkan “msconfig” tanpa tanda petik – klick start up – Hilangkan ceklist program yang tidak perlu dijalankan saat komputer sedang nyala, bila perlu hilangkan semua ceklist kecuali antivirus – Klick Ok dan restart komputer.
Pada langkah ini akan sangat terasa sekali perbedaan kecepatan anda dari sebelum mematikan program di start up hingga sesudah mematikan program tersebut.

Itulah 5 cara mempercepat komputer kita, sebenarnya masih banyak cara lain, tetapi akan kami bahas lagi di lain waktu.  

Selamar mencoba semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar