Kamis, 25 Oktober 2012

Home » » Cara mengobati sariawan dengan cepat

Cara mengobati sariawan dengan cepat

Cara mengobati sariawan - Sariawan adalah salah satu penyakit yang sangat sering di derita oleh manusia. Sariawan banyak di derita oleh mereka yang jarang mengkonsumsi vitamin C setiap harinya. Sariawan adalah keadaan dimana terdapat luka pada selaput lendir mulut yang warnanya putih kekuningan dengan bentuk agak cekung. Sariawan ini biasanya disertai rasa sakit, apalagi ketika makan makanan yang pedas tepat mengenai daerah luka tersebut. Sangat tidak menyenangkan bukan ketika makan justru terasa tidak nikmat karena sedang sariawan. 



Ilustrasi : piogama.ugm.ac.id

Penyebab Sariawan

Sariawan di mulut tidak muncul secara tiba - tiba, melainkan dikarenakan beberapa penyebab yang mungkin tidak kita sadari berikut ini :

1. Kekurangan Vitamin

Tubuh yang kekurangan vitamin sangat berpotensi menyebabkan terjadinya sariawan di mulut. Vitamin sangat penting bagi tubuh terutama vitamin C untuk mencegah timbulnya sariawan.

2. Luka di Mulut

Tak bisa dipungkiri saat kita makan terburu - buru dapat menyebabkan terjadinya luka di bagian kulit dalam mulut. Bila bercampur dengan bakteri maka dapat menyebabkan timbulnya sariawan pada area tersebut.

3. Virus atau bakteri

Kurang menjaga kebersihan mulut setelah makan dapat berpotensi menjadi sarang virus atau bakteri. Virus tersebut dapat menyebabkan terjadinya sariawan pada mulut.

Cara mengobati sariawan

Setelah mengetahui beberapa penyebab sariawan, sekarang kita cari tahu bagaimana cara mengobati sariawan tersebut :

1. Jarak Pagar

Sewaktu masih kecil saat terkena sariawan saya selalu memakai getah tangkai jarak pagar untuk mengobati sariawan. Belum jelas apa kandungan utamanya jarak pagar tetapi ternyata ampuh mengobati sariawan di mulut. Cara menggunakannya cukup mudah, Potong tangkai jarak pagar, kemudian tunggu hingga getah keluar pada bagian ujung tangkai jarak pagar, setelah itu teteskan pada bagian yang terdapat sariawannya. Boleh juga mengumpulkan beberapa tetes untuk di pakai berkumur - kumur. Lakukan 3 kali sehari sampai sariawan sembuh total.



2. Daun Sirih

Selain dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut. ternyata daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya cukup mudah, Rebuslah daun sirih yang telah di campur dengan garam. Setelah itu jadikan sebagai obat kumur.


3. Bawang dan Pepaya

Menerapkan langsung pada daerah yang terkena sariawan dapat langsung mengobati sariawan dengan cepat. Gunakan bawang mentah atau pepaya dan tempelkan pada bagian yang sedang sariawan.


4. Jus tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, buatlah jus tomat atau makanan seperti sambal untuk menikmati Tomat, sebab banyak orang yang tidak menyukai tomat di konsumsi secara langsung.


5. Minum Vitamin

Penelitian membuktikan bahwa sariawan terjadi pada orang yang kekurangan vitamin B dan C di dalam tubuhnya, sehingga perlu konsumsi vitamin tersebut untuk mengembalikan kesehatan tubuhnya lagi.

Bersukurlah Kepada ALLAH SWT saat sedang mendapatkan nikmat ALLAH karena sesungguhnya hanya sedikit sekali manusia yang bersyukur. Manusia baru akan menyadari nikmat tersebut ketika tidak dapat menikmati nikmat yang diberikan ALLAH SWT secara gratis. Selamat mencoba mengobati sariawan semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar