Rabu, 24 Oktober 2012

Home » Apple Bandingkan iPad Mini dengan Tablet Plastik Android

Apple Bandingkan iPad Mini dengan Tablet Plastik Android




KOMPAS.com — Apple memperkenalkan iPad Mini dalam acara di San Jose, Amerika Serikat, Rabu (23/10/2012) waktu setempat. Tablet iPad versi kecil ini sebelumnya ramai dikabarkan sebagai lawan model-model tablet Android 7 inci yang populer di pasaran.

Seakan mengonfirmasi sangkaan itu, Wakil Presiden Senior Pemasaran Global Apple, Phil Schiller, menampilkan perbandingan langsung antara iPad Mini dan sebuah tablet Android yang sepintas terlihat mirip tablet Nexus 7 dari Google dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.


(Gambar: theverge.com)

Pertama Schiller membandingkan bingkai (bezel) layar kedua perangkat. "Punya mereka (Android) terbuat dari plastik, lebih tebal, dan lebih berat," ujarnya, seperti dikutip dari The Verge.

Perbandingan Schiller berlanjut pada ukuran layar. iPad Mini memiliki bentang layar 7,9 inci, sedikit lebih besar dibandingkan tablet Android yang mengusung ukuran layar 7 inci. Perbedaan tersebut, menurut Schiller, berujung pada area layar yang sepertiga kali lebih besar pada iPad Mini.


(Gambar: theverge.com)

Berdasarkan gambar pada slide presentasi yang disampaikan Schiller, hal tersebut menguntungkan pengguna iPad Mini di kala menjelajah internet. "Di browser, tampilan iPad Mini lebih besar sekitar 50 persen."

Selanjutnya, hal lain yang ditonjolkan Schiller adalah dukungan aplikasi yang tampil optimal pada iPad Mini karena resolusi layarnya yang sebesar 1024x768 sama dengan milik iPad 2. "Pengguna sangat menyukai aplikasi yang memang didesain khusus untuk iPad. Sebaliknya, kubu seberang (Android) punya aplikasi smartphone yang di-scale up."


(Gambar: theverge.com)

Phil mengklaim bahwa iPad Mini sanggup menjalankan semua aplikasi iPad tanpa butuh penyesuaian. "Semuanya, yang berjumlah lebih dari 275,000 buah."

Pada 2 November mendatang, Apple akan mulai merilis iPad Mini yang di pasaran Amerika Serikat dibanderol dengan harga mulai 329 dollar AS untuk versi 16 GB WiFi only. Angka tersebut mendekati level harga tablet Nexus 7 16 GB dari Google dan Kindle Fire HD 32 GB dari Amazon yang dipatok sebesar 249 dollar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar