Kamis, 25 Oktober 2012

Home » 5 Alasan Seseorang Mengenakan Kacamata

5 Alasan Seseorang Mengenakan Kacamata

Oleh: Imonika Hansputri (kontributor uniklnya.com)

[UNIKNYA.COM]: Alasan seseorang mengenakan kacamata tentunya mudah ditebak: untuk membantu penglihatan yang kurang jelas. Tetapi jangan salah, karena ternyata itu bukanlah satu-satunya alasan mengapa seseorang mengenakan kacamata. Ada banyak alasan lain yang membuat seseorang mengenakan kacamata. Diantara alasan-alasan tersebut, beberapa diantaranya ada juga yang unik bahkan terkesan tidak penting. Mungkin Anda juga termasuk orang yang pernah melakukannya tanpa menyadarinya. Berikut ini uniknya.com mengungkapkan lima alasan seseorang mengunakan kacamata, pernahkah Anda melakukan salah satu diantaranya? :

1. Fashion Statement

Aviator, Ray Ban, Oakley, you name it. Kacamata kini sudah naik tingkat dari sekedar kebutuhan menjadi lifestyle. Kacamata gaya terbukti ampuh dalam mendongkrak penampilan dari yang biasa-biasa saja jadi luar biasa. Tengok saja gaya selebritas ternama seperti Paris Hilton, Lady Gaga, Dochi Peewee Gaskins, Giring Nidji, sampai yang paling heboh saat ini: princess Syahrini. Ya, Syahrini memang sempat menarik perhatian publik ketika menyambut kedatangan tim sepakbola elit LA Galaxy beberapa waktu yang lalu dengan jambul khatulistiwanya, dAndanan bak Posh Spice, dan tidak lupa dilengkapi dengan kacamata merek ‘Victoria Beckham’. Hal tersebut tentu sah-sah saja, karena fashion merujuk pada selera individu, bukan aturan tertentu. Tetapi jika Anda ingin menjadikan kacamata sebagai atribut fashion, hal yang perlu diperhatikan adalah pantas tidaknya kacamata tersebut ketika membingkai wajah Anda. Kenakan kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dan acara yang akan Anda datangi. Jangan belanja ke pasar pakai kacamata Syahrini, bisa diketawain orang nanti.



Fashion Statement (sumber: flickr.com,uniknya.com)

2. Menghindari Debu dan Panas Matahari

Jalan-jalan ke Pantai memang paling tepat jika membawa kacamata hitam. Selain membuat penampilan Anda menjadi semakin trendi, kacamata hitam bermanfaat membantu Anda melawan silaunya sinar matahari yang menyakitkan mata. Tidak hanya sinar matahari, kacamata juga bisa membuat Anda terhindar dari debu. Apalagi jika Anda adalah seorang pengendara motor yang rawan terkena debu dan asap knalpot yang bisa membuat mata iritasi.



Menghindari Debu dan Panas Matahari (Sumber: blueye.com.au,uniknya.com)

3. Menyembunyikan Mata

Adakah diantara Anda yang pernah terkena sakit mata? Sakit mata merah akibat iritasi memang bukan hanya mengganggu tetapi juga bikin malu. Belum lagi konon katanya sakit mata juga menular sehingga jika Anda sedang terkena sakit mata jangan harap teman-teman Anda mau berdekatan atau bertatapan mata dengan Anda. Karena alasan itulah, biasanya seseorang yang sedang sakit mata mengenakan kacamata ketika sedang bersama orang lain. Kacamata yang dikenakan tentu saja bukan kacamata minus atau kacamata baca melainkan kacamata biasa, yang penting mata Anda tertutupi. Selain orang yang sedang sakit mata, seseorang yang habis begadang atau menangis dalam waktu lama juga sering mengenakan kacamata. Tujuannya tentu saja agar penampilan tetap keren tanpa ‘mata panda’.



Menyembunyikan Mata (Sumber: celebrity-sunglasses-finder.com,uniknya.com)


4. Supaya Terlihat Culun

Alasan yang aneh bukan? Tentu saja, karena hal ini biasanya dipraktekkan di dalam layar kaca. Mulai dari film Hollywood, serial televisi, video klip, sampai FTV tanah air. Contoh yang paling gamblang adalah Betty La Fea. Telenovela Colombia yang diadaptasi banyak negara termasuk Amerika ini menceritakan tentang cewek kuper yang secara tidak sengaja bekerja di dunia mode. Untuk menonjolkan karakter culun, kuper, dan tidak modis, artis yang berperan menjadi Betty dalam kisah itu mengenakan baju yang ketinggalan jaman, kawat gigi, dan tentu saja: kacamata. Kacamata yang digunakan biasanya kacamata berlensa besar dan tebal atau biasa disebut lensa tutup botol. Maksudnya, saking tebalnya lensa kacamata sampai-sampai menyerupai tutup botol. Selain itu kacamata juga biasanya dikaitkan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Mau terlihat pintar secara instan? Pakailah kacamata. Dalam cerita seperti Betty La Fea ini biasanya akhirnya pemain utama mengalami make-over sehingga menjadi cantik dan mengganti kacamatanya dengan lensa kontak. Tidak tertutup kemungkinan hal ini juga bisa diterapkan di dunia nyata. Anda mau coba?



Supaya Terlihat Culun (Sumber:flickr.com,uniknya.com)

5. Menyembunyikan Identitas

Kacamata bisa menjadi kamuflase yang tepat untuk menyembunyikan identitas Anda. Untuk tujuan ini kacamata yang digunakan tentu saja yang bisa menyembunyikan wajah Anda. Semakin gelap kacanya semakin baik. Detektif di film (dan mungkin saja di dunia nyata) sering melakukan hal ini dalam penyamaran mereka. Begitu juga dengan para selebritas yang ingin menghindari pemburu berita. Mereka seringkali memakai jaket tebal, topi, dan menutupi wajahnya dengan kacamata ketika menghindari paparazzi. Itulah kira-kira lima alasan seseorang mengenakan kacamata. Sedangkan alasan Ian Kasela, vokalis Raja, mengenakan kacamata hitam setiap hari (mendung atau panas, di luar ruangan dan di dalam ruangan) masih menjadi misteri hingga sekarang.(**)



Menyembunyikan Identitas (sumber: thinkgeek.com,uniknya.com)

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar