Rabu, 24 Oktober 2012

Home » Apple Luncurkan iPad Mini dan iPad Generasi Keempat

Apple Luncurkan iPad Mini dan iPad Generasi Keempat

Oleh Kristian Tjahjono | Jagat Pintar – 12 jam yang lalu

Jika ada satu pelajaran yang dipetik dari setiap peluncuran produk Apple, bahwa rumor sering menjadi kenyataan. Setelah diprediksi oleh puluhan situs teknologi dan media cetak, akhirnya Apple mengumumkan kehadiran iPad Mini yang memiliki layar 7,9 inci dengan resolusi 1280x720 piksel (tingkat kerapatan layar 163 pixel per inci).



Tablet versi mini ini juga lebih ringan dengan bobot hanya 308 gram. Namun meskipun ringan, ternyata bodinya tidak terbuat dari plastik. iPad Mini menggunakan bahan aluminium dan kaca yang mirip seperti di iPhone 5. Untuk konektor, hilang sudah konektor 30-pin yang lama dan sebagai gantinya digunakan konektor Lightning yang baru seperti iPhone 5.

Beberapa hal lain yang diwarisi dari iPad versi besar antara lain adalah daya tahan baterai yang mencapai 10 jam, prosesor A5 seperti di iPad 2, kamera utama (di belakang) 5 megapixel seperti di New iPad, serta kamera FaceTime HD 720p untuk video call yang dapat merekam foto 1,2 megapixel. Sama seperti iPad sebelumnya, iPad Mini juga memiliki Smart Covers yang telah disesuaikan ukurannya dengan pilihan warna pink, hijau, biru, abu-abu, abu-abu gelap dan merah seharga US$39.



Pilihan model yang ada sama seperti iPad sebelumnya, yaitu 16/32/64GB Wi-Fi dan 16/32/64GB Wi-Fi + Cellular. Harga iPad Mini juga yang paling murah dalam sepanjang sejarah iPad. Anda dapat memilikinya mulai dari US$329 atau sekitar 3 juta rupiah untuk versi 16GB Wi-Fi dan mulai dari US$459 untuk versi 16GB Wi-Fi + Cellular. Saya rasa harga tersebut cukup kompetitif dan membuatnya cukup dapat bersaing dengan tablet Android yang ada saat ini.

Selain iPad Mini, Apple juga mengumukan New iPad Generasi 4 dengan Retina Display. Secara umum, tidak ada yang berubah dibandingkan New iPad dengan Retina Display (iPad Generasi 3). Namun di bagian dalam, terjadi perombakan besar dengan dimasukkannya chip A6X yang diklaim Apple memiliki performa 2x lebih cepat dibandingkan chip A5X. Perubahan lain terletak di konektor yang kini sudah mendukung konektor Lightning. Harganya sama seperti harga New iPad sekarang yaitu mulai dari US$499 untuk versi 16GB + Wi-Fi dan mulai dari US$629 untuk versi 16GB Wi-Fi + Cellular.



Kedua produk ini sudah dapat dipesan mulai lusa, 26 Oktober 2012, melalui toko online Apple di negara sebagai berikut: Amerika Serikat, Australia, Austria, Belgia, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Luxembourg, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugal, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss dan Inggris. Sekali lagi tidak ada Indonesia di daftar, tapi biasanya penggemar Apple sudah cukup terlatih untuk mendapatkannya dari sumber lain.

Apakah iPad Mini sudah memenuhi ekspektasi Anda? Atau masih terlalu mahal? Silakan curahkan isi hati Anda di bagian komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar