Minggu, 28 Oktober 2012

Home » » Penetrasi Internet Di Indonesia Baru 20% Populasi Penduduk

Penetrasi Internet Di Indonesia Baru 20% Populasi Penduduk



Jakarta - Meskipun penetrasi SIM card seluler sudah tersebar 110% dari total populasi 250 juta penduduk di Indonesia, namun baru 65% dari jumlah penduduk yang benar-benar terkoneksi telekomunikasi. Baru sekitar 160 juta penduduk.

Demikian disampaikan Presiden Direktur & CEO Axis, Erik Aas, dalam diskusi roundtable bersama sejumlah media dan anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono.

"Dan baru 20% yang menggunakan internet atau sepertiga dari penduduk yang sudah terkoneksi -- sekitar 55 juta," paparnya dalam diskusi di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (20/3/2012).

Dengan angka teledensitas internet 1:5 atau 20% dari populasi, Indonesia jelas masih membutuhkan pembangunan infrastruktur pita lebar (broadband). Hal ini menjadi tantangan bagi operator dan regulator, sekaligus peluang untuk mengembangkan pasar komunikasi data di Indonesia.

"Internet broadband jelas sangat diperlukan untuk empowering dan distribusi kesejahteraan. Sebab, 10% penetrasi broadband akan berikan peningkatan 1,38% pendapatan domestik bruto (GDP)," kata Aas.

Di Indonesia sendiri, industri telekomunikasi baru menyumbang 2% untuk GDP. Sementara di negara lain seperti Malaysia dan Bangladesh, kata Aas, sudah 4-5%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar