Senin, 29 Oktober 2012

Home » » Keistimewaan Dari Air Zamzam

Keistimewaan Dari Air Zamzam

Mata Air Zamzam

Air Zamzam, mungkin banyak dari kita yang sudah tidak asing lagi mendengar istilah tersebut. Air ini merupakan air yang berasal dari sebuah sumur yang memiliki kedalaman kira-kira 42 meter yang letaknya berada di sekitar Masjidil Haram.

Dalam sejarahnya, sumber mata air zamzam ditemukan oleh Siti Hajar saat mencarikan air untuk putranya Nabi Ismail yang sedang dilanda kehausan. Ia berlari bolak-balik di antara bukit Safa dan Marwah hingga akhirnya muncullah sebuah mukjizat ketika Nabi Ibrahim yang masih bayi menghentakkan kakinya ke tanah lalu keluarlah air mata itu.
Air Zamzam

Keistimewaan air zamzam tidaklah akan memudar meski waktu terus berjalan sampai kini. Tanah Arab yang terkenal gersang dan hanya dipenuhi oleh gurun pasir yang jarang sekali mendapat air hujan tidak membuat sumber air zamzam kering.




Lokasi sumur zamzam di tengah lembah (Wadi Ibrahim Catchment Area)

Coba kita berpikir sejenak, sudah berapa juta/milyar liter air zamzam dinikmati oleh umat Muslim di dunia ini ? Mungkin hal itu sulit untuk kita hitung secara matematis, singkat saja di setiap tahunnya ada sekitar 20 juta umat Muslim di dunia berkunjung ke Mekah. Dan mereka tentunya tidak menyia-nyiakan untuk membawa air zamzam sebagai oleh-oleh yang paling ditunggu-tunggu.
Air Zamzam

Dr Hamdi Saif dari Alexandria University melakukan sebuah penelitian yang mendapati air zamzam tersebut memiliki kandungan energi luar biasa. Dan iapun menyimpulkan air tersebut merupakan sumber mata air terbaik di dunia.

Hampir semua umat muslim yang pernah meminum air zamzam mengaku tubuhnya yang sebelumnya terasa letih dan lemas langsung berubah menjadi terasa segar layaknya mendapat energi baru sesudah meminumnya.

Hal ini sangatlah wajar, air zamzam mengandung keseimbangan elektorlit yang sempurna, kalsium, magnesium, dan fluorida serta memiliki mineral esensial yang baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi, air zamzam merupakan air yang sangat suci dan dan murni yang secara alami memancar dari dalam tanah.

Dr Saif juga menuturkan air zamzam bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti ginjal dan jantung, masalah mata, migrain, serta penyakit-penyakit kronis lainnya. Air zamzam juga sempat diteliti di banyak laboratorium di Eropa dan Arab, hasilnyapun sudah ditebak bahwa tidak ada sumber mata air manapun yang bisa menyamai keistimewaan dari air zamzam.

Satu lagi kehebatan dari air zamzam adalah ia tidak mengenal kadaluwarsa. Ini dikarenakan air zamzam tidak mengandung klorin dan tidak diolah menggunakan bahan kimiawi melainkan alamai dari tanah.
Air Zamzam

Berikut ini adalah ringkasan dari Keutamaan dan Keistimewaan Air Zamzam :

Keutamaan :

  1. Air Surga (maa’ul-Jannah), artinya air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.
  2. Nikmat Allah, salah satunya nikmat Allah bagi para Jamaah haji yang langsung dapat merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.
  3. Pencuci Kalbu, Air Pencuci Kalbu Nabi Muhammad SAW, ketika Malaikat Jibril membasuh hati Muhammad dengan air zam zam.
  4. Penuh Berkah, Karena Rasulullah SAW sering meminumnya dan tangannya yang penuh berkah dicelupkannya ke sumur zam zam.
  5. Mengenyangkan, Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga.
  6. Obat penyakit, Air penyembuh penyakit, baik penyakit jiea, batin atau jasmani dan Rasulullah menyebutnya “ mengobati penyakit” dan banyak kisah dan riwayat, sebagai bukti kebenaran hadist diatas.
  7. Abadi, Tidak akan kering hingga hari Kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.

Keistimewaan :

  1. Meminum Air zam zam menjadi satu amalan ibadah, dengan niat mengikuti anjuran Rasulullah.
  2. Diriwayatkan oleh Abdullah ibnu Abbas, Aku pernah menyiapkan air zam zam untuk Rasulullah, kemudian beliau meminumnya sambil berdiri.
  3. Makruh hukumnya apabila dipergunakan untuk mencuci najis, atau dipakai untuk membersihkan hadast besar.
  4. Disunahkan membawa air zamzam pulang ke negerinya bagi jamaah (penunai rukun Islam ke lima) yang memang berasal dari luar Negara Arab, dan Rasullulullah adalah orang pertama yang membawanya keluar kota Mekkah, yaitu ke Madinah.
  5. Mata Airnya tidak pernah kering, meskipun berjuta-juta umat manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim ibadah Haji, bahkan sekarang dengan peralatan canggih, orang yang di Masjid Nabawi (Madinah) yg berjarak 450 Km dari Mekah meminum air zam zam setiap saat.
  6. Pada waktu Rasululullah akan melakukan Sa’I, beliau meminum air zam zam sampai kenyang, kemudian menyiram kepalaNya dengan air zam zam.
  7. Banyak orang mengguyur dan membasahi kain (baju) ihram, kemudian direntang tanpa diperas agar kering sendiri, dan akan dipakai sebagai ‘Kafan” ( pembungkus mayat) kalau meninggal nanti.

Air Zamzam

Analisa Kualitas Air Zamzam (Perbandingan Unsur Kimia Air Zamzam dengan Air Mineral) :
Parameter Air Zamzam (mg/l)Air Mineral (mg/l)
Klorida (Cl)159,7530
Sulfat (SO2)14027
Nitrat (NO3)-15
Nitrit (NO2)0,045-
Bikarbonat (HCO3)398,2232
Flour (F)-0,7
Besi (Fe)tak terdeteksi0
Mangan (Mn)0,014-
Natrium (Na)31820
Kalium (Ca)182,23
Zat Padat Terlarut (TDS)858170
Magnesium (Mg)6,865
Zat Organik2,79-
Jumlah Mikro Organisme (TPK)--
PH7,37,2

Wallahu’alam … Semua ini ini ciptaan Allah yang patut kita syukuri dan kita jaga kemurniannya… Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar