Minggu, 28 Oktober 2012

Home » Perseteruan Apple dan Samsung Berakhir?

Perseteruan Apple dan Samsung Berakhir?

Samsung dinyatakan tidak mencontek desain Apple.


Disain iPad yang disebut sebagai sumber perseteruan karena Samsung dituduh menconteknya untuk produk-produknya.(Gizmodo)

VIVAnews - Apple telah mempublikasikan sebuah pernyataan yang mengakui bahwa produk Samsung tidak mencontek desain iPad. Perusahaan elektronik itu dipaksa mempublikasikan pernyataan tersebut oleh Pengadilan Tinggi Inggris, yang mengurus sengketa antara dua perusahaan besar ini.

Keputusan itu juga berarti, bahwa Apple harus menarik iklan di surat kabar nasional yang mengatakan bahwa Samsung mencontek desain produk mereka.

Dikutip BBC, Apple mengajukan banding terhadap keputusan pengadilan Juli lalu, tapi hakim memutuskan untuk tidak membatalkan keputusan. Dalam pernyataannya, Apple mengacu pada kasus pengadilan bulan Juli dan menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Tab 10.1, Tab 8.9 dan Tab 7.7 tidak melanggar desain terdaftar.

Meski demikian, selama menyimpulkan kasus tersebut, hakim mengatakan, ia takjub oleh "kesederhanaan" dari produk gadget keluaran Apple. "Ini adalah desain yang keren, sebaliknya, Samsung "tidak keren" karena mereka tidak memiliki kesederhanaan yang dimiliki iPad."

Sementara di pengadilan lain, Samsung ditemukan telah "sengaja mencontek" desain produk Apple yang jauh lebih populer, yakni iPad.

Apple telah kehilangan serangkaian tuntutan terhadap Samsung yang mempermasalahkan desain tablet masing-masing. Apple telah kalah dalam kasus di Belanda dan Australia.

Di Amerika Serikat, juri menyarankan bahwa Samsung harus membayar US$ 1,05 milar karena melanggar paten perangkat lunak. Samsung telah mengajukan banding atas keputusan ini. Baru-baru ini, sebuah Komisi Perdagangan Internasional AS membuat keputusan awal bahwa Samsung telah melanggar empat paten yang berkaitan dengan tampilan dan nuansa dari produk iPhone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar