Kamis, 18 Oktober 2012

Home » Suzuki 'Korbankan' Estilo Demi Program Mobil Murah

Suzuki 'Korbankan' Estilo Demi Program Mobil Murah



Suzuki 'Korbankan' Estilo Demi Program Mobil Murah

Mulai terbukanya pintu harapan bagi program mobil murah ramah lingkungan atau LCGC dari pemerintah rupanya menjadi alasan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk membekap penjualan Karimun Estilo.

Mobil yang dibanderol Rp. 100 jutaan ini tergolong mobil citycar yang mungkin akan terlibas jika mobil LCGC semacam Agya - Ayla akan dipasarkan. Suzuki Indonesia sendiri dirumorkan sudah mempersiapkan produk serupa.

"(Stop penjualan Karimun Estilo) sebenarnya untuk sementara sambil menunggu aturan (LCGC) jelas. Andaikata kebijakan belum juga keluar, kami akan impor Karimun ini lagi," ungkap Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales Davy J Tuilan dalam peluncuran dealer baru Suzuki Restu Mahkota Karya diCiledug.

Karimun Estilo sendiri selama ini didatangkan dari India. Adapun dalam hal ini, Suzuki sudah mulai menghentikan impornya. Mereka sebelumnya juga sempat mendiskon harga Karimun Estilo menjelang Lebaran lalu. Harga normal Rp. 135,25 juta menjadi sekitar Rp. 115 juta.

Soal mobil LCGC, PT Suzuki Indomobil Sales seperti diberitakan telah terdata memperoleh izin dari Kementerian Perindustrian untuk mendatangkan citycar Suzuki A-Star atau Alto ke Indonesia. Mobil kompak yang didata dengan nama A-Star MT LXI kategori mobil penumpang 4x2 ini sudah diberi izin masuk 5 unit dari pesanan sebanyak 6 unit.

A-Star dibuat oleh Maruti - Suzuki di India. Prinsipal India memposisikannya di antara Estilo dan Splash. Namun harganya di negeri sari itu sendiri hampir menyamai Estilo, yaitu sekitar 400.000 rupee atau kisaran Rp. 68 juta.

Dalam keterangan di Kementerian Industri, A-Star akan menggunakan mesin berkapasitas 998 cc DOHC tiga silinder bertenaga 67 hp, sama seperti Estilo. Dengan mesin ini, torsi maksimum diperoleh pada putaran rendah (90 Nm pada 3.000 rpm).

Ukuran panjangnya pun hanya lebih kecil 100 mm dibanding Estilo, yakni 3.500 mm dengan lebar 1.600 (lebih lebar sedikit dibanding Estilo). A-Star akan dipasangi dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.(kpl/nzr/bun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar