Jumat, 28 Desember 2012

Home » , » Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berjilbab

Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berjilbab


Citizen6: Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Tetapi bagi wanita yang menggunakan jilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Selain berfungsi sebagai penutup aurat, jilbab juga melindungi rambut dari sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan melalui matahari. Sinar UV ini bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh, kering, rontok dan bahkan berketombe.

Bagi wanita berjilbab akan banyak masalah rambut yang timbul misalnya saja rambut berminyak, berketombe dan kerontokan. Rambut yang tertutup jilbab menyebabkan rambut kekurangan udara dan hal itu menimbulkan kelebihan minyak dan keringat di rambut sehingga rambut menjadi lepek. Rambut yang
lembab juga menimbulkan ketombe sehingga kulit kepala menjadi gatal.

Ketombe inilah yang lama-lama menyebabkan kerontokan. Pada dasarnya kerontokan merupakan proses alami rambut tetapi bila terjadi terus menerus akan mengakibatkan kebotakan. Banyak faktor yang menyebabkan kerontokan seperti penggunaan shampo yang kurang tepat, sering dikuncir atau tidak mengeringkan terlebih dahulu rambut yang masih basah ketika menggunakan jilbab.

Sebagai wanita yang memiliki kegiatan tinggi kadang rambut akan berkeringat dan lembab terlebih bagi wanita berjilbab. Maka dari itu untuk menjaga rambut agar tetap indah walau berjilbab diperlukan perawatan ekstra. Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat rambut untuk wanita berjilbab.

1. Keramas secara teratur

Sebaiknya mencuci rambut secara teratur minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Pilihlah shampo yang alami dan sesuai dengan jenis rambut Anda. Gunakan juga conditioner sehabis keramas agar rambut menjadi lembut dan kuat. Gunakan juga masker rambut seminggu sekali agar menjaga kekuatan dan kesehatan akar rambut.

2. Menyisir rambut minimal tiga sampai empat kali sehari

Menyisir sebaiknya menggunakan sisir plastik yang bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan. Hindari menyisir dari garis belahan rambut karena awal kerontokan bisa bermula dari garis belahan rambut. Rambut yang terlalu panjang akan menyebabkan rambut akan lebih cepat panas dan sirkulasi udara berkurang. Hindari model rambut berponi karena Anda harus membereskan poni yang keluar ketika berjilbab. Jangan mengikat rambut terlalu kencang karena dapat membuat rambut menjadi patah dan rontok.

3. Pilihlah jilbab yang berbahan katun atau kaos

Jilbab dengan bahan katun atau kaos mempunyai pori-pori yang bisa melancarkan sirkulasi udara. Kenakan model jilbab yang praktis. Buat Anda yang memiliki aktivitas tinggi sebaiknya tidak menggunakan model jilbab tumpuk karena akan membuat rambut berkeringat dan memicu ketombe.

Semoga dengan tips ini bisa membantu Anda yang memiliki masalah rambut karena menggunakan jilbab dan membantu ada merawat rambut Anda sehingga tetap indah dan sehat meski berjilbab. (Aryati Prautami/YSH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar