Senin, 31 Desember 2012

Home » , » Heboh Fosil Udang Mini Kuno Ditemukan

Heboh Fosil Udang Mini Kuno Ditemukan


Leicester - Fosil udang kecil seperti makhluk yang berasal dari 425 juta tahun yang lalu ditemukan dalam kondisi cukup bagus. Dua fosil yang ditemukan di Herefordshire, Inggris ini tak hanya cangkangnya saja tetapi termasuk tubuh, tungkai, mata, insang maupun isi perutnya.

"Dua spesimen ostacord ini mewakili genus dan spesies baru bagi ilmu pengetahuan," kata Profesor David Siveter dari Universitas Leicester. Mereka menemainya dengan Paulina Avibella.

Genus ini dinamai untuk menghormati seseorang. Sedangkan avibella berarti brung yang indah. Dinamakan demikian karena kemiripan cangkangnya yang menonjol dengan sayap burung.

Ostracod adalah fosil arthropoda yang paling melimpah dalam batuan pada 490 juta tahun terakhir. "Temuan ini penting karena salah satu dari segelintir fosil jaringan lunak dari ostracod yang perlu dilestarikan," kata Siveter.

Fosil dengan panjang hanya beberapa sentimeter ini direkonstruksi menggunakan teknik penggilingan dari spesimen, lapis demi lapis dan memotretnya tiap tahap. Detil penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Royal Society B. "Pelestarian bagian lunak dari hewan adalah kejadian yang sangat langka dalam catatan fosil dan memungkinkan wawasan yang tak tertandingi dalam biologi kuno," ujarnya.

Sumber : Heboh Fosil Udang Mini Kuno Ditemukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar