Kamis, 27 Desember 2012

Home » » Jembatan Indah di Tengah Laut, Pemisah Dua Negara

Jembatan Indah di Tengah Laut, Pemisah Dua Negara



Alexandria Bay - Pernahkah Anda melewati sebuah jembatan yang menjadi pemisah dan perbatasan antar wilayah? Mungkin Anda menjawab sering dan biasa, meski ada juga jembatan unik yang istimewa.

Namun jembatan yang ada di Teluk Alexandria, tepatnya dikenal dengan sungai Saint Lawrence ini sungguh unik dan istimewa. Bentuknya yang kecil alias tidak terlalu besar dan panjang, namun jembatan ini menjadi penyambung dua pulau yang berdekatan. Jadi dua pulau unik di tengah lautan luas yang menawan dan menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya sampai di situ, jembatan ini juga merupakan jembatan pemisah antar dua negara berdaulat, yakni Negara Amerika Serikat dan Kanada. Jadi ada nilai historis yang istimewa. Sebuah pulau besar yang terletak di wilayah Kanada dan sebuah pulau kecil yang terletak di wilayah Amerika Serikat. Menariknya kedua pulau dari dua negara yang berbeda ini memang dihubungkan oleh jembatan sepanjang 10 meter. Ini adalah jembatan internasional terkecil atau terpendek di dunia.

Pulau 'yang berpasangan' dekat Rockport itu disebut Zavikon. Dua pulau ini termasuk koleksi dari 'ribuan pulau' yang ada di Sungai Saint Lawrence di Alexandria Bay, perbatasan AS-Kanada.

Persetujuan batas ini telah disepakati antara kedua negara-Amerika Serikat dan Kanada sejak 1793. Namun, kedua negara memutuskan untuk tidak membagi dua pulau perbatasan itu. Sekitar 2/3 pulau berada di wilayah kanada, 1/3 nya berada di amerika. AS maupun Kanada, menganggap posisi mereka setara dalam hal kepemilikan pulau.

Namun bagi para pemandu wisata dan juga bagian dari promosi, justru kebersamaan ini menunjukkan 'keuntungan' dalam bidang pengembangan industri pariwisata. Kehadiran dua pulau ini menjadi sangat unik dan menarik 'untuk dijual'. Pemandu wisata justru berharap bahwa jembatan pembatas dua negara terkecil di dunia ini bisa lebih dikenal khalayak internasional.

 Pulau besar yang diklaim menjadi wilayah Kanada lebih banyak dibangun rumah dan tempat menginap. Sementara pulau kecil yang merupakan bagian dari Amerika, berfungsi sebagai halaman belakang dari rumah dan taman mungil yang bisa digunakan untuk bersantai atau mengadakan barbeque atau bersantai sambil menikmati pemandangan. Menarik bukan? Sebuah wisata unik, menawan dan memiliki kesan sejarah.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar