Jumat, 28 Desember 2012

Home » , » 5 Aplikasi Smartphone untuk Pengemudi Cerdas

5 Aplikasi Smartphone untuk Pengemudi Cerdas




Liputan6.com, Kemajuan teknologi terus berkembang pesat. Salah satunya dengan hadirnya smartphone seperti iPhone atau Android yang dapat membantu perjalanan Anda terasa lebih mudah.

Buat para pengemudi, berikut ini lima (5) aplikasi yang memungkinkan Anda mengemudi dengan aman dan efisien saat berpergian jauh ataupun dekat.

1. Trapster
Dibuat pada tahun 2008, Trapster merupakan aplikasi yang membantu Anda menghindari perangkap dan jalan berbahaya lainnya. Pengguna Trapster dapat mengirimkan tips setiap kali mereka menemukan jalan berbahaya, atau tempat lainnya seperti "perangkap". Selanjutnya aplikasi ini akan memberitahukan tips tersebut ke semua pengguna Trapster di daerah tersebut.

2. Waze
Waze adalah aplikasi GPS gratis yang memiliki fitur penunjuk arah berbasis suara dan update berdasarkan kondisi lalu lintas.
Pengguna Waze nantinya bisa secara manual mengirimkan update lalu lintas, dan mereka akan muncul sebagai pop-up peringatan untuk sesama driver. Jadi jika Anda mengemudi di sepanjang jalan raya, Anda mungkin akan mendapatkan pemberitahuan pop-up Waze dari sopir yang berada 3 km di depan Anda saat ada kecelakaan. Dengan aplikasi ini kita juga bisa melaporkan apa pun terkait gangguan lalu lintas seperti kemacetan, hingga hambatan saat ada pembangunan jalan.

3. GasBuddy
Aplikasi GasBuddy adalah versi mobile dari situs web GasBuddy. Aplikasi ini dapat membantu Anda menunjukkan harga BBM dari semua tempat pom bensin di daerah Anda, serta jarak ke masing-masing pom bensin tersebut. Aplikasi ini memang terkesan sederhana namun sangat membantu dalam perjalanan.

4. TripTik
TripTik adalah aplikasi perjalanan dari klub American Automobile Association (AAA). TripTik dapat membantu mencari lokasi kantor dan tempat menarik lainnya seperti restoran, hotel, dan tempat perkemahan. Jika Anda anggota klub AAA, Anda dapat memanfaatkan layanan Emergency Roadside Assistance dari melalui aplikasi ini. Aplikasi TripTik juga menawarkan bantuan petunjuk arah mengemudi dan harga BBM, namun sayangnya fiturnya kurang akurat dibanding aplikasi lain sejenis.

5. Gas Cubby
Aplikasi ini dapat membantu Anda melacak semua pengeluaran biaya kendaraan Anda. Gas Cubby dapat melaporkan semua biaya tagihan mobil Anda di suatu tempat. Anda hanya perlu masukkan tanggal layanan, biaya, lokasi, dan rincian lain terkait biaya perawatan kendaraan Anda. Selain itu, Anda juga dapat melacak jarak tempuh kendaraan dan biaya bahan bakar dengan memasukkan tanggal, membaca odometer, bahkan dapat menampilkan lokasi, merek, nilai oktan dan jenis bahan bakar secara spesifik. Namun sayangnya aplikasi ini hanya khusus diperuntukan bagi pengguna iPhone saja. (UBD/DEW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar