Minggu, 07 Oktober 2012

Home » Tips Membersihkan Kaca dan Bodi Mobil Saat Hujan

Tips Membersihkan Kaca dan Bodi Mobil Saat Hujan



Tetap santai melintasi hujan lebat. (www.freeda.staff.ub.ac.id)

Hujan merupakan salah satu rintangan yang kudu (mesti) ditaklukkan. Hujan, selain bermanfaat, tapi juga kadang membuat susah sebagian orang. Bagi mereka yang memiliki aktifitas tinggi, maka akan tetap melintasi hujan dengan beragam cara.

Bagi yang punya mobil, tentu mereka tak akan kebasahan karena sudah ‘lebih aman’ dari hujan. Sedang bagi pemotor, langkah yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan jas hujan. Namun, bila hujan tak diantisipasi, maka bagi pemilik mobil, kerugian juga yang akan didapat. Mengapa?

Air hujan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi dan butiran-butiran kotoran yang sangat halus. Jika salah dalam merawatnya, maka mobil anda bisatergores (baret). Karena itu harus hati-hati.

Agar jangan sampai tergores, maka langkah yang mesti dilakukan adalah:

Pertama, jangan langsung mengelap air hujan. Biarkan air hujan itu membasahi mobil anda.



Hujan deras tak menghalangi aktifitas pengendara mobil. (www.otomotif.hangersfashion.com)

Kedua, jika ingin membersihkan, siram atau basahilah mobil anda dengan air biasa, sebelum dilakukan pembilasan. Setelah disiram dan dibersihkan, maka langkah berikutnya berilah sampo mobil ke seluruh bodi mobil anda.

Ketiga, bilaslah mobil anda dengan air lagi, dan setelah itu lap hingga kering agar tampak mengkilap. Usahakan, bila memang mobil tidak dipakai, tutuplah mobil anda dengan penutupnya, atau bersihkan mobil setiap tiga hari. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur di mobil.

Bagaimana bila kita dalam perjalanan? Caranya hampir sama. Saat hujan turun ketika kita berkendaraan, maka air hujan yang membasahi kaca mobil, jangan langsung dibersihkan dengan wiper. Tapi siram atau semprotkanlah terlebih dahulu dengan air ke kaca mobil lalu dibersihkan dengan wiper. Dengan cara ini, maka paling tidak kaca mobil tidak akan tergores, selama wipernya juga bagus dan bekerja dengan baik.



Para pengendara motor tetap berupaya maksimal melintasi hujan dengan menggunakan jas hujan. (www.beritahangat.com).

Untuk motor juga demikian. Jangan langsung mengelap bodi motor, tapi siramlah terlebih dahulu agar tidak menimbulkan baret, atau tergores.

Bagi yang sudah paham dan mengetahui tips sepertti ini ini, semoga artikel ini menambah pengetahuan. Dan bagi yang belum mengetahui cara merawat kaca mobil dan cat mobil, semoga bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar