Sabtu, 29 Juni 2013

Home » , » Remaja Turki Ubah Kulit Pisang Jadi Plastik

Remaja Turki Ubah Kulit Pisang Jadi Plastik



REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Remaja asal Turki, Elif Bilgin berhasil mengubah kulit pisang menjadi plastik. Ide unik itu mengantarkannya menjadi pemenang kompetisi ilmu pengetahuan di Amerika Serikat.

Pelajar berusia 16 tahun dari Istanbul tersebut (foto kanan bawah) menghabiskan waktu dua tahun untuk membuat bioplastik sebagai pengganti plastik berbasis minyak mentah. Dia membuat bioplastik dari sisa kulit pisang yang dibuang. Plastik ini digunakan untuk isolasi listrik pada kabel.

Pada Kamis (27/6) waktu Amerika Serikat, usahanya tersebut diganjar hadiah 50 ribu dolar AS di Action Prize. Dia juga berhak ikut dalam Google Science Fair, ajang penemu muda di California pada September mendatang.


Dalam penelitiannya, Bilgin mengatakan pati dan selulosa dari limbah makanan seperti kulit mangga bisa dijadikan bioplastik. Maka, dia pun bereksperimen dengan kulit pisang.

"Bagi saya, proyek ini memiliki potensi solusi masalah polusi meningkat yang disebabkan plastik berbasis minyak bumi," ujarnya dikutip Al-Arabiya.

Dia berkata usahanya ditujukan untuk proses mengubah dunia. "Ini membuat saya merasa seperti seorangpemenang," ujarnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar