Selasa, 11 Juni 2013

Home » » Bus Terpanjang di Dunia!

Bus Terpanjang di Dunia!



Dresden, KompasOtomotif – Bus terpanjang di dunia, baru saja lahir di Jerman. Panjangnya 30 meter dan sanggup mengangkut 256 orang. Bus yang dinamai AutoTram Extra Grand (ATEG) itu dibangun oleh konsorsium perusahaan riset yang tergabung dalam Fraunhofer IVI, dan akan diujicoba akhir tahun ini mengelilingi kota Dresden.

ATEG terdiri dari tiga badan yang disambungkan oleh pengait engsel (seperti kereta api) dan dilapisi karet untuk memudahkan badan bus berbelok. Dengan bodi sepanjang itu, ATEG hurus dibuat fleksibel, radius putarnya dijamin sama dengan bus biasa dengan penumpang 40 orang, termasuk saat mundur.

Untuk menggerakannya, digunakan motor listrik. Untuk efisiensi, saat direm, energi panas yang timbul diubah menjadi listrik. Sebenarnya, ada satu lagi bus panjang dari China yang sanggup mengangkut 300 orang. Namun bus buatan Youngman itu panjangnya hanya 25 meter.

Kota-kota besar di negara maju, bus dan kereta masih menjadi idola kaum urban. Dengan fasilitas dan kenyamanan, penduduk kota lebih memilih naik angkutan umum ketimbang mobil pribadi. Meski bus punya jalur sendiri, namun tidak menggangu jalan utama dan tidak menimbulkan kemacetan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar