Senin, 24 Juni 2013

Home » » Mengintip Isi Perut Danau Paling Jernih di Dunia

Mengintip Isi Perut Danau Paling Jernih di Dunia


Blue Lake (flickr.com/wtfai)

VIVAlife - Satu lagi fenomena alam yang mengundang decak kagum. Danau air tawar berukuran kecil, bernama Blue Lake. Danau ini terletak di Nelson Lakes National Park, bagian utara Alpen Selatan, Selandia Baru.


Saking jernihnya, Anda bahkan bisa bercermin sampai puas disana. Bebeatuan didasar danau pun dapat ditembus denga mata telanjang. Airnya yang biru kehijauan merefleksikan kilau cahaca matahari. Memberi efek kilat mengagumkan.


Danau ini juga disebut sebagai danau paling jernih sedunia. Dalam penelitian National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) 2011 lalu, ditemukan bahwa danau ini memiliki kejelasan visual ekstrem hingga 80 meter dan dianggap sebagai "optik jelas".


Dilansir Amusing Planet, Visibilitas Blue Lake atau danau biru ini bahkan melampaui Te Waikoropupu Springs di Golden Bay yang memiliki visibilitas 63 meter.




Seorang hidrologist NIWA di Nelson, Rob Merrilees lah yang pertama kali menyadari fenomena unik danau ini. Bersama seorang ahli optik air NIWA, Dr Rob Davies-Colley dan peneliti Mark Gall mereka melakukan studi ilmiah.

Selama masa studi dilakukan, seluruhnya menghasilkan fakta mencengangkan. Bahwa jarak pandang horizontal di danau ini mencapai 80 meter. Hal ini cukup jauh melampaui jarak pandang horizontal danau yang biasanya berkisar antara 70 meter.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar