Senin, 17 Juni 2013

Home » » Rajan, Gajah Satu-Satunya di Dunia yang Hobi Berenang

Rajan, Gajah Satu-Satunya di Dunia yang Hobi Berenang




Butuh kolam renang sebesar apa ya jika seekor gajah Asia ingin berenang? Untunglah Rajan memilih berenang di selat Bengal, India, untuk menyalurkan hobinya itu. Mamalia berusia 64 tahun ini memang masih suka berenang setelah pensiun sebagai gajah pekerja.

Semasa mudanya, Rajan dilatih berenang untuk membawa kayu gelondongan hasil penebangan keluar pulau. Kini praktik menyakiti hewan seperti itu telah dilarang dan digantikan dengan kapal. Rajan akhirnya dijual ke kuil pada 5 tahun lalu namun tetap dijadikan gajah pekerja.

Kini setelah pensiun, Rajan tetap melanjutkan berenang namun hanya untuk bersenang-senang. Gajah jantan seberat 3-5 ton ini juga tak merasa terganggu jika berenang bersama penyelam lainnya.

Kesempatan mengabadikan momen gajah berenang pun tidak disia-siakan seorang fotografer dari Austria. Wolfgang Zwicknagl mengaku takjub saat memotret Rajan di dalam air. Ia kaget ternyata gajah juga perenang yang baik.

“Kami diberitahu bahwa Rajan pergi berenang di laut 2-3 kali dalam sebulan,” ucap Wolfgang. “Dia tidak dipaksa masuk ke dalam air. Dia berdiri di sana beberapa menit, mengambil nafas dan berjalan masuk ke dalam air.”

“Sulit menggambarkan dengan kata-kata saat melihatnya mulai menyelam bersama kami,” lanjut pria berusia 40 tahun ini. “Dia berenang dengan sempurna. Menjadikan gadingnya sebagai snorkel dan bergerak lebih cepat dari dugaanku. Jadi itu membuat kami capek memotretnya.”

Wolfgang juga mengungkapkan kesedihannya melihat gading Rajan yang terpotong. “Ujung gadingnya telah dipotong sehingga menyulitkan gerakan belalainya. Tapi dia tidak secapek kami setelah berenang” imbuhnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar