Selasa, 04 Desember 2012

Home » , » Singkarak, Danau yang Terkenal dari Ajang Kayuh Sepeda

Singkarak, Danau yang Terkenal dari Ajang Kayuh Sepeda


Danau Singkarak, Sumbar (Afif/ detikTravel)

Jakarta - Danau Singkarak identik dengan perlombaan balap sepeda, Tour de Singkarak. Dari ajang kayuh sepeda, danau ini sudah harum namanya di dunia. Dulu namanya tidak terdengar, sekarang setiap traveler bermimpi ke sana.

"Dulu orang-orang nggak ngeh ada Danau Singkarak, sekarang akhirnya pada tahu Danau Singkarak," kata Wamenparekraf, Dalam acara seminar 'Mengoptimalkan Sungai dan Danau Menjadi Destinasi Wisata Layak Jual' di Grand Sahid Jaya Hotel, Jl Jendral Sudirman, Jakarta, Selasa (4/12/2012)

Tour de Singkarak adalah event sport tourism yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ajang tahunan ini menjadi salah satu andalan untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat.

"Ajang Tour de Singkarak itu memperkenalkan Danau Singkarak dan juga pariwisata Sumatera Barat," lanjut Sapta.

Sapta menambahkan, menggelar event sport tourism ini tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu yang panjang untuk mengenalkan ajang balap sepeda ini kepada masyarakat.

"Awalnya tahun 2009, cuma empat kabupaten saja yang berpartisipasi. Tapi tahun 2013 besok, sudah 16 Kabupaten yang akan berpartisipasi," kata Sapta.

Melalui Tour de Singkarak, destinasi-destinasi wisata di Sumatera Barat diperkenalkan kepada dunia. Para pebalap sepeda tersebut melewati banyak destinasi cantik di sana, seperti Lembah Harau, Bukittinggi, Pesisir Selatan, dan tentu saja mereka mengelilingi Danau Singkarak yang cantik. Para traveler dari berbagai dunia yang menyaksikan ajang ini pun jadi tergiur melihat keindahan Sumatera Barat.

"Banyak pembalap yang bilang kalau Green Swiss itu adalah Sumatera Barat," ujar Sapta menerangkan.

Selain memperkenalkan destinasi, infrastruktur di jalan-jalan di Sumatera Barat pun menjadi bagus. Hal ini dikarenakan pembangunan jalan untuk menjadi jalur lintasan sepeda yang akan dilewati. Setelah itu, jalurnya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar.

"Infrastruktur di sana jadi bagus karena disorot oleh media nasional dan internasional," tegas Sapta.

Tak heran, kini traveler diberbagai dunia ingin datang dan menyaksikan keindahan Danau Singkarak. Danau yang luas, biru, dan tenang itu akan memanjakan siapa pun yang datang ke sana.

"Danau Singkarak itu seperti laut, luas dan biru banget. Apalagi kalau sore hari di sana, wow beautiful!" lanjut Sapta, antusias.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar