Selasa, 29 Oktober 2013

Home » , , » Terowongan Raksasa Turki Hubungkan Asia-Eropa

Terowongan Raksasa Turki Hubungkan Asia-Eropa

Hubungkan Asia-Eropa, Turki bangun terowongan di bawah air
Terowongan Marmaray sewaktu dibangun (Istimewa)
Dunia Informasi - Pemerintah Turki akhirnya membuka terowongan Marmaray, terowongan bawah air pertama yang menghubungkan wilayah Eropa dan Asia, Selasa (29/10/2013). Ini adalah salah satu dari sejumlah mega proyek abisius Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan pada 2004 lalu untuk meningkatkan perekonomian Turki, termasuk jembatan ketiga, kanal paralel dan bandara ketiga.

Terowongan dengan panjang 13,6 km yang melintang di bawah Selat Bosporus ini merupakan proyek impian pemerintah Sultan Ottoman Abdülmecid, satu setengah abad yang lalu, tepatnya di tahun 1860. Namun, kurangnya teknologi dan pembiayaan pada saat itu mencegah dia mewujudkan visinya.

"Nenek moyang kita mengolah (proyek terowongan ini). Dan realisasinya jatuh ke tangan kita," ungkap Erdogan. Peresmian terowongan Marmaray turut dihadiri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, selaku pihak yang membantu 35 persen dari dana pembangunan, dan sejumlah pejabat asing lainnya.

Warga Turki yang berjumlah 15 juta jiwa tidak sepenuhnya mendukung Erdogan untuk mewujudkan proyek besar yang diyakini dapat mengurangi kemacetan kronis dan dapat melayani 1,5 juta penumpang setiap harinya di Turki. Sejumlah krirtikus bahkan menyebut Erdogan sebagai Fir'aun.

Awalnya, banyak kalangan khawatir terowongan tersebut rentan gempa bumi. Tapi, Menteri Perhubungan Turki Binali Yildirim, mengatakan, terowongan itu dirancang untuk menahan gempa berkekuatan hingga 9 skala richrer. "Ini adalah tempat teraman di Istanbul," ungkap Yildirim.

Rencana awal pebangunan terowongan itu dijadwalkan memakan waktu empat tahun, tapi terhambat setelah para pekerja menemukan sejumlah artefak berusia 8.500 tahun lalu yang perlu diselamatkan. Sembilan tahun berlalu, akhirnya proyek yang menelan dana pembangunan 2,9 miliar poundsterling (sekitar Rp 50 triliun) ini berhasil dirampungkan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar