Senin, 27 Juni 2016

Tarif tol terintegrasi Palimanan - Brebes Timur


ag03s.blogspot.com – Persiapan menyambut mudik terus dipersiapkan. Termasuk oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUTJ) masing-masing ruas tol. Selain persiapan fisik, persiapan juga diusahakan dari proses pembayaran di tiap ruas tol.

Pembayaran dipindahkan menjadi satu gerbang tol atau integrated payment di gerbang tol terakhir. Jika pemudik yang berasal dari Jakarta, pemudik akan mengambil kartu tol di Cikarang Utama dan baru akan membayar di gerbang tol Palimanan.

Setelah itu, pemudik akan mendapatkan kartu tol di gerbang Palimanan untuk melanjutkan perjalanan menuju Kanci, Pejagan hingga ruas terakhir yang dibuka hingga Brebes TImur.
Berikut biaya tol untuk kendaraan golongan 1 di masing-masing gerbang tol Palimanan dan Brebes Timur sebagai gerbang tol terakhir.

Biaya Tol Gerbang Palimanan
KaliJati Rp 74.000
Subang Rp 64.500
Cikedung Rp 41.000
Kertajati Rp 25.500
Sumberjaya Rp 12.000
Cikarang Utama Rp109.500
Cikarang Barat Rp 105.500
Cibatu Rp 104.000
Cikarang TImur Rp 103.000

Tarif di Gerbang Tol Brebes Timur
Palimanan Tegal Karang Rp55.500
Plumbon Rp 53.000
Ciperna Rp 49.500
Kanci Rp 44.000
Pejagan Rp 20.000

Read More >>

Kondisi terkini tol Cipali - Brebes Timur


ag03s.blogspot.com – Untuk menyambut musim mudik tahun 2016, Otomania bersama tim Merapah Trans Jawa Kompas.com akan memulai laporan kesiapan fasilitas mudik dari tol Cipali hingga Brebes Timur dilanjutkan perjalanan menuju jalur Trans Jawa hingga Surabaya.

Pada Sabtu (25/62016), tim menyusuri kesiapan tol Cikarang, Cikopo dan Palimanan hingga Brebes Timur. Dalam menyambut arus mudik, ruas tol ini pembayarannya diintegrasikan menjadi satu yakni pembayaran yakni hanya di gerbang tol Palimanan dan Brebes Timur sebagai tujuan terjauh di masing-masing kluster tol.

Sepanjang jalan tol Cikarang, Cikopo, Palimanan dan Brebes Timur beberapa ruas, jalan masih dalam tahap pengerjaan seperti penambahan aspal dan perbaikan beberapa rambu jalan.

Khusus untuk ruas Cikopo sampai Palimanan, pemasangan lampu penerangan berteknologi tenaga surya sedang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait. Beberapa pengerjaan penambahan lampu penerangan terdapat di KM 88 dan KM 92.
Usaha penambahan lampu penerangan ini dapat membantu pengguna jalan tol saat berkendara di malam hari. Sebelumnya, lampu penerangan jalan hanya terdapat pada simpang susun serta beberapa ratus meter dari gerbang tol.

Jalan di ruas tol Cikopo sampai Palimanan hingga Kanci telah dilapisi aspal meski kontur jalan masih sedikit bergelombang. Kondisi ini merupakan perbaikan dari kondisi ruas tol pada tahun lalu yang belum dilapisi aspal. Hal ini membuat pengemudi harus selalu dalam kondisi waspada selama perjalanan mengingat jalan yang didominasi jalur lurus.
Pada ruas tol Pejagan hingga Brebes Timur yang baru diresmikan beberapa waktu lalu, kondisi jalan sudah dilapisi aspal untuk kenyamanan para pemudik. Di ruas tol ini rest area telah didirikan di KM 252 untuk melayani kebutuhan pemudik dengan fasilitas masjid dan area makan.

Dalam ruas tol ini penempatan rambu-rambu petunjuk semakin diperbanyak untuk memberikan informasi para pemudik. Para pengemudi disarankan untuk mematuhi rambu-rambu petunjuk ini demi keselamatan selama perjalanan.

Read More >>

Tol Pejagan-Brebes Timur Siap Layani Pemudik 2016


ag03s.blogspot.com - Tol Pejagan-Brebes Timur telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 16 Juni 2016. Ruas yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa itu disiapkan untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2016. Dengan berfungsinya ruas baru ini, perjalanan dari Merak, Jakarta, hingga Berebes Timur atau Cileunyi seluruhnya dapat ditempuh di jalan bebas hambatan tersebut.

Pejagan-Brebes Timur meliputi dua dari empat seksi tol Pejagan-Pemalang, degan total panjang 57,50 km. Jalan tol Pejagan-Pemalang terdiri dari Seksi I Pejagan-Brebes Barat (14,20 km), Seksi II Brebes Barat-Brebes Timur (6 km), Seksi III Brebes Timur-Tegal Timur (10,40 km), dan Seksi IV Tegal Timur-Pemalang (26,90 km).

Proyek pembangunan tol ini sebenarnya telah direncanakan sejak 20 tahun silam. Namun, prosesnya mangkrak akibat kendala lahan dan tender yang kurang baik. Pengerjaan dilanjutkan pada Juli 2014, setelah Waskita Karya mengambil alih proyek tersebut dari Grup MNC. Waskita Karya mampu menyelesaikan pembangunan dalam waktu 14 bulan dengan investasi Rp 2 triliun.

Tarif Tol Pejagan-Brebes Timur ditetapkan Rp 20.000. Untuk mempercepat transaksi, pembayaran tol dilakukan secara terintegrasi dari Jakarta hingga Brebes dengan sistem dua klaster. Klaster pertama pengguna membayar Rp 109.500, dengan rincian Jakarta-Cikampek Rp 13.500 dan Cikampek-Palimanan Rp 96.000. Selanjutnya, klaster kedua Rp 55.000 yang menggabungkan pembayaran Tol Palimanan-Kanci sebesar Rp 11.500, Kanci-Pejagan Rp 24.000, dan Pejagan-Brebes Timur Rp 20.000. Dengan sistem ini, pengemudi hanya membayar di ujung perjalanan.
Read More >>

Inilah 6 Jalan Tol Baru untuk Mudik Lebaran 2016

Ag03s.blogspot.Com – Tahun ini, ada enam jalan tol tambahan yang dapat digunakan—baik secara operasional maupun hanya fungsional—untuk  mudik Lebaran. Demikian penuturan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H. Sumadilaga.

"Kami cek jalan nasional untuk arus mudik tahun ini, memang di pulau Jawa ini yang cukup dominan adalah jalan tol, kami ada beberapa tambahan untuk tahun ini. Khususnya Pejagan-Brebes Timur yang tahun lalu hanya dibuka sementara untuk mudik, namun tahun ini akan beroperasi," tutur Danis dalam siaran pers KemenPUPR.
Pejagan-Brebes Timur yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah dan memiliki panjang 26 kilometer, pada mudik tahun lalu ruas tersebut dibuka sementara dengan kondisi jalan masih berupa kerikil dan belum beraspal, dan saat ini ruas tol tersebut sudah rampung dan menunggu diresmikan.

Selain Pejagan-Brebes Timur, Danis menyebutkan ruas Surabaya-Mojokerto sepanjang 18 kilometer dan Kertosono-Mojokerto (Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer) juga akan dioperasikan.

"Di Jatim (Jawa Timur), Kertosono ke arah Mojokerto akan kami satukan sekitar 23 kilometer, akan membantu lantas (lalu lintas) yang di Jatim ini terutama dari Mojo ke Jombang," jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk membantu kelancaran lalu lintas, walaupun belum sempurna akan difungsikan beberapa jalan tol di antaranya Jalan Tol Bawen-Salatiga (17,57 kilometer), Solo-Kertosono (10 kilometer) dan Gempol- Pasuruan (Rembang) sepanjang 13 kilometer.

Kementerian PUPR saat ini tengah melaksanakan integrasi sistem pembayaran tol, baik tunai maupun non-tunai, pada ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Pemerintah telah menargetkan bahwa integrasi tersebut harus sudah terselenggara sebelum 13 Juni 2016, agar arus mudik Lebaran 2016 bisa lebih lancar.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah melaksanakan Survei Terpadu Jalur Lebaran 2016 bersama Korlantas Polri dan Ditjen Hubdar Kemenhub tentang persiapan infrasruktur jalan dan jembatan ke Jalur Pantura, Pantai Selatan Jawa dan Jalinsum pada Februari dan Maret 2016.

Menteri PUPR pun telah memeriksa kondisi jalan di Pantura Jawa Barat dan Jawa Tengah pada 10 April 2016 lalu, dan target penyelesaian pekerjaan Juni 2016 (sebelum lebaran) sudah selesai. Selanjutnya, pada H-30 sampai dengan H+10 Idul Fitri 2016 pekerjaan utama di badan jalan akan dihentikan dengan kondisi fungsional dan akan diteruskan kembali setelah hari raya. Pekerjaan yang mengganggu arus lalu lintas pada beberapa ruas tetap akan berjalan sampai H-10.

Sumber : rumah.com
Read More >>