Senin, 29 April 2013

7 Tips Sehat Minum Kopi




1. Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang sehat.

2. Sinyal Bahaya
Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine dosis baru.


3. Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri!

4. Kenali Kandungan Caffeine
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan caffeine seperti misalnya : softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

Cara pengolahan (roasting dan brewing) juga berpengaruh terhadap kandungan caffeine dalam kopi. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.

Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik untuk mereka yang mengalami obesitas karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol “baik”) sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL ini yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

5. Coffee Mix
Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Banyak yang beranggapan teman terbaik kopi adalah rokok. Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya ngopi lho…

6. Kelompok Anti-Kopi
Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (mis: hipertensi). Nah, kalau sudah termasuk kelompok ini, lupakan kopi!

7. Check Up
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah. Semakin dini hipertensi diketahui, akan semakin baik untuk penatalaksanaan selanjutnya. JNC VII mengklasifikasikan hipertensi sebagai berikut :
Klasifikasi
Sistolik (mmHg)
Diastolik (mmHg)
Normal
< 120
Dan
<80
Pre Hipertensi
120-139
Atau
80-89
Hipertensi stage 1
140-159
Atau
90-99
Hipertensi stage 2
> 160
Atau
> 100
Read More >>

7 Jurus Berhenti Merokok


Berikut ini cara berhenti merokok:

1. Motivasi - Bulatkan Tekad Apa Tujuan Anda Berhenti Merokok

Ketika anda ingin berhenti merokok tetapi tak tahu tujuan kenapa anda ingin berhenti maka program tersebut tidak akan berhasil. Ketika alasan anda sekedar "merokok tidak baik untuk kesehatan" maka alasan tersebut kurang kuat dan kurang spesifik. Anda bisa memulai untuk menentukan alasan yang lebih spesifik dan kuat, misalnya: Niatkan bahwa anda ingin melindungi keluarga sebagai perokok pasif yang lebih besar resikonya, bisa juga anda berfikir tentang resiko kanker paru-paru yang akan anda derita kelak. Seperti itulah alasan yang lebih spesifik, anda bisa menentukan alasan seperti diatas tersebut sebagai motivasi anda.

2. Lakukan Secara Bertahap

Rokok membuat seseorang kecanduan, untuk melepaskan diri dari rasa kecanduan rokok tersebut maka bisa dilakukan dengan cara mengurangi frekuensi merokok secara bertahap. Dengan demikian pikiran dan tubuh kita akan mulai terbiasa terhindar dari nikotin sedikit demi sedikit.

3. Kenali Waktu dan Situasi dimana Anda Paling Sering Merokok

Bagi para perokok ada waktu dimana kebiasaan merokok ini paling sering dilakukan, misalnya saat menunggu, sesudah makan, nongkrong bareng teman-teman, dan lainya. Alihkan kebiasaan tersebut dengan aktifitas lainya, misalnya mengunya permen sebagai pengganti.

4. Tahan Keinginan Anda dengan Menunda
Menahan diri adalah salah satu kunci dimana anda akan dapat mengendalikan diri dari keinginan merokok. Caranya cukup mudah, setiap kali anda merasakan dorongan kuat untuk merokok, tundalah hal tersebut selama 5 menit sebelum anda menyalakan rokok tersebut. Di hari berikutnya jika muncul dorongan tersebut tingkatkan penundaan menjadi 10 menit, tambah 5 menit penundaan setiap harinya. Dengan cara ini tubuh Anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan.

5. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga secara teratur seperti jogging dan jalan kaki akan membantu anda mendapatkan mood yang lebih baik, tubuh dan pikiran pun jadi fresh. Dengan aktifitas olahraga ini akan membuat anda terhindar dari strees, sehingga anda tidak perlu merokok lagi sebagai alasan untuk menghilangkan stress.

6. Minta Dukungan dari Keluarga dan kerabat
Mitalah dukungan dari keluarga anda dengan cara meminta mereka mengingatkan anda. Dukungan teman dan kerabat dekat juga akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anda berhenti merokok.

7. Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Terapi
Cara yang satu ini patut di coba, kata pepatah sebaiknya segala sesuatu serahkan pada ahlinya. Demikian juga berhenti merokok, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli terapi. Pastinya dokter memiliki resep yang dapat membantu anda menghadapi ketergantungan pada nikotin.

sumber
Read More >>

Jumat, 26 April 2013

7 Buah dan sayur yang menangkal penuaan



Ada banyak makanan sehat yang mengandung antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Namun hanya ada beberapa saja buah dan sayur yang mampu menangkal penuaan. Apa saja? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Yahoo Shine berikut ini.

Tomat
Lycopene, antioksidan pada tomat punya kemampuan melindungi tubuh dari kanker, termasuk kanker paru-paru. Makan tomat juga membuat kulit terjaga kelembapannya sehingga Anda pun akan semakin tampak awet muda.

Kale
Sayuran berdaun hijau yang satu ini terkenal dengan sumber vitamin K yang tinggi. Khasiatnya adalah untuk mencegah penyakit jantung, osteoporosis, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta menangkal penuaan.

Terung
Kabar gembira bagi pecinta terung. Sayuran yang satu ini adalah agen anti penuaan karena nutrisi di dalamnya yang bernama nasunin. Sebuah penelitian juga membuktikan terung ampuh memperlambat serangan penyakit Alzheimer.

Paprika merah
Kandungan vitamin C pada paprika merah adalah nutrisi yang berkhasiat meningkatkan sistem imun. Jika Anda rajin makan paprika merah, dijamin kulit tidak akan mudah keriput karena nutrisi di dalamnya juga memicu produksi kolagen.

Blackberry
Rutin, flavonoid di dalam blackberry adalah nutrisi yang bisa memblokir enzim pemicu penggumpalan darah. Sehingga makan buah yang satu ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kemangi
Salah satu herba alami yang satu ini memiliki antioksidan bernama eugenol. Penelitian terbaru menemukan bahwa daun kemangi memiliki sifat anti karsinogen yang membuat sel kanker serviks menghancurkan dirinya sendiri.

Kecambah
Selain merupakan anti inflamasi, kecambah juga mampu mencegah pertumbuhan tumor dalam tubuh. Kecambah pun memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Yang tidak kalah penting, kecambah merupakan salah satu makanan anti penuaan.

Itulah berbagai buah dan sayur yang menangkal penuaan. Jangan malas mengonsumsinya setiap hari!

sumber
Read More >>

Daftar 10 Pantai pasir hitam terindah di dunia

Bagi banyak orang, pantai dengan pasir yang putih bersih terlihat sebagai pantai yang sangat indah, karena kesanya bersih dan tanpa noda, tapi ternyata pantai dengan pasir hitam juga mempunyai keindahan dan keeksotisan tersendiri. Bahkan tak jarang, keindahanya bisa mengalahkan pantai dengan pasir yang putih.

Berikut adalah daftar 10 pantai pasir hitam terindah di dunia versi listphobia:

10. Vik Beach, Iceland


9. Black Sand Beach, Prince William Sound, Alaska


8. Pololu Valley Beach, Hawaii


7. Kehena Beach, Hawaii


6. Kaimu Beach, Hawaii


5. Black Sand Beach, California


4. Oneuli Beach, Maui


3. Honokalani Black Sand Beach, Maui


2. Waianapanapa Black Sand Beach, Maui


1. Punaluu Beach, Hawaii

referensi : Listphobia
Read More >>

Daftar 10 Bangunan terluas di Dunia

Dari waktu ke waktu seiring dengan makin majunya peradaban manusia, makin banyak bengunan-bangunan yang menghiasi bumi ini. dari hanya bangunan gubug kecil hingga bangunan yang super megah dan luas. terlebih lagi makin majunya teknologi membuat manusia makin mudah untuk dapat menciptakan bangunan-bangunan besar dan luas.

Berikut adalah 10 bangunan terluas di dunia yang pernah dibuat oleh manusia :

10. Suvarnabhumi Airport, Thailand
Boleh dibilang bahwa bandara Suvarnabhumi Airport adalah salah satu bandara terbesar di asia tenggara, dengan ruang tunggu yang luas serta ruang kendali dan administrasi yang luas juga, total luas seluruh bangunan ini adalah sebesar 563,000 m² (lapangan landasan pesawat tidak masuk hitungan)


9. Hong Kong International Airport, China
Peringkat sembilan masih tetap dikuasai oleh bandara, namun kali ini bukan dari asia tenggara, melainkan dari china, yaitu Hong Kong International Airport, sebagai salah satu bendara tersibuk di dunia, bangunan bandara ini mempunyai luas sebesar 570,000 m².


8. K-25, USA
K-25, USA adalah sebuah pusat produksi dan penelitian uranium milik amerika serikat yang berada di daerah Tennesee. bangunan ini dibangun pada tahun 1945 dan menghabisakn biaya sampai 512 juta dollar. seluruh area bangunan ini adalah seluas 609,000 m².


7. Pentagon, USA
Pentagon adalah markas pusat militer dan pertahanan Amerika serikat, jadi tak heran jika pentagon mempunyai luas yang sangat luar biasa, hal ini dikarenakan di Pentagon terdapat banyak senjata dan berbagai teknologi kemiliteran milik Amerika serikat, luas seluruh bangunan ini mencapai 610,000 m².


6. The Palazzo, USA
Peringkat 6 masih tetap ditempati oleh Amerika serikat, namun kali ini bukan bangunan kemiliteran, melainkan sebuah Hotel dan kasino megah yang berada di Amerika serikat. The palazo hotel and Resort merupakan bangunan mewah dengan konstruksi kelas satu. Luas bangunan ini mencapai 645,581 m².
http://listphobia.com/wp-content/uploads/071609_1803_10biggestbu7.jpg

5. Berjaya Times Square, Malaysia
Berjaya Times Square adalah sebuah pusat shoping dan hiburan terbesar di malaysia. Di dalam Berjaya Times Square terdapat dua hotel bintang lima, pusat perbelanjaan, kantor, Taman Indoor, dan fasilitas mewah lainya, luas bangunan ini adalah 700,000 m².


4. The Venetian, Makau, China
Sebagai tujuan wisata utama sekaligus ajang judi Dunia, makau memerlukan sebuah tempat komplek yang didalamnya ada kasino, hotel, mall dan sebaginya. dan The Venetian lah jawabanya, tempat ini memenuhi semua syarat sebagai tempat rehat wisatawan Makau, luas The Venetian ini mencapai 980,000 m².


3. Beijing Capital International Airport, China
Beijing Capital International Airport adalah bandara penting di china, Beijing Capital International Airport tercatat sebagai bandara tersibuk ke 8 dunia serta bandara terluas ke 2 di dunia, luas bandara ini mencapai 986,000 m².


2. Aaalsmeer Flower Auction, Belanda
Aaalsmeer Flower Auction adalah sebuah pusat pasar bunga dunia, setiap harinya, ribuan dan jutaan bunga datang untuk dipasarkan ke Belanda dan seluruh Eropa, luas pasar bunga terbesar di dunia ini mencapai 990,000 m².


1. Dubai International Airport, Dubai
Dubai International Airport adalah bandara terbesar di dunia, dengan 97 escalator, 157 lift, 180 check-in counters, dan ruang parkir yang sanggup menampung sampai 2600 mobil membuat bandara ini terpilih sebagai bangunan terluas di dunia dengan luas total banguna mencapai 1,500,000 m².

sumber
Read More >>

10 Kolam Renang Terindah di Dunia


Salah satu cara untuk menghilangkan stress atau mencari sensasi santai dan rileks adalah dengan berenang, karena menurut ilmu kedokteran, berenang bisa menurunkan suhu tubuh dan menstabilkan kondisi tubuh, sehingga biasanya orang akan merasa santai setelah berenang. Tak heran jika banyak hotel berbintang selalu memanjakan para tamunya dengan kolam renang.

Di dunia, ada banyak sekali kolam renang, namun jarang yang mempuyai sensasi keindahan dan keeksotisan kolam yang mendampinginya. berikut kami tampilkan daftar 10 kolam terindah yang diambil dari daftar Listphobia (penentuan daftar ini didasarkan pada tingkat keeksotisan dan keindahan pemandangan yang didapat dari surey resmi Listphobia):

10. Kandalama Hotel – Dambulla, Sri Lanka
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti1.jpg

9. Tuscany villas, Italia
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti2.jpg

8. Sheraton Waikiki – Hawaii
http://listphobia.com/wp-content/uploads/Sheraton-Waikiki.jpg

7. Rangali Island – Maldives
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti4.jpg

6. Phuket, Thailand
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti5.jpg

5. Los Cabos, Meksiko
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti6.jpg

4. Dreams Resort – Puerto Vallarta, Meksiko
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti7.jpg

3. Allegra Hotel Pool - Turki
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti8.jpg

2. Mes Amis Resort - Bangkok, Thailand
http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti9.jpg

1. Marina Bay Sands Hotel and Casino – Singapura

http://listphobia.com/wp-content/uploads/073110_1625_10MostExoti10.jpg
Read More >>

Ponsel Paling Murah Sedunia


bunniestudios.com

KOMPAS.com — Berapa harga ponsel termurah? Para penulis di Blog Bunnie Studios membeli ponsel seharga 12 dollar AS atau tak sampai Rp 120.000 dari Mingtong Digital Mall. Mereka lalu membongkarnya untuk melihat apa saja komponen yang mengisi ponsel ini.

Ponsel tak bermerk tersebut memang dijual seharga lebih kurang Rp 120.000, bukan melalui paket bundling dari operator atau promosi apa pun.

Seperti terlihat dalam gambar, ponsel yang bersangkutan terlihat sangat sederhana. Di bagian depannya ada LCD berukuran kecil yang menampilkan beberapa baris teks berwarna.

Meski sekilas tampak seperti mainan anak-anak, perangkat ini adalah ponsel sungguhan yang bisa dipakai untuk menelepon.

Dengan banderol harga eceran 12 dollar AS per unit, diperkirakan biaya produksi ponsel tersebut kurang dari 10 dollar AS. Boleh jadi, ponsel ini merupakan yang paling murah di dunia.

Cara membongkarnya pun disebut cukup mudah karena cangkang ponsel ini tak dikunci dengan sekrup, hanya menggunakan plastik yang dirapatkan dengan mekanisme lock-on seperti cover belakang sebuah smartphone konvensional.

Di dalamnya ada prosesor MediaTek MT6250DA dan Vanchip VC5276 yang ditanam pada sebuah papan PCB mungil. Ada unit baterai yang disolder ke papan ini, berikut antena Bluetooth dan backlit keypad.

Spesifikasi lengkapnya sebagai berikut:
- Kecepatan CPU: 260 MHz, 32-bit
- RAM: 8 MB
- Interface: USB, micro-SD
- Konektivitas: GSM Quadband, Bluetooth
- Baterai: Lithium-polymer
- Layar: OLED dua warna

Read More >>

10 Kereta Tercepat di Dunia

Di Jaman sekarang ini, persaingan di segala aspek menjadi sebuah hal yang lumrah, tak terkecuali dalam dunia transportasi. Masing-masing negara dan perusahaan berusaha menciptakan kendaraan-kendaraan terbaik untuk bisa menjadi yang nomor satu.

Dan postingan kali ini tentu saja tak jauh-jauh dari yang namanya persaingan di dunia transportasi, tepatnya persaingan kecepatan dan lebih tepatnya lagi persaingan kecepatan kereta. Judul postingan ini adalah 10 Kereta tercepat di dunia.

Oke, langsung saja ya... (Inget, Diurutkan berdasarkan yang paling rendah kecepatanya)

10. Siemens Velaro RUS
Top Speed : 175 mph
Kapasitas : 600 penumpang
Negara : Rusia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3nVJPwUcYop3u1oXkUNLRUtIr9G2qIHkFOIOOKuD9Od8-y1R5NjCoAz-CXVT7ADf42o-TRKWl6uFVM3bhUELJ0BF6lleAa1G26C7S5nmYCu-lqKmTNExGQ6NC4jRu9xdSpG3lchC9LNUp/s1600/10.jpg

9. THSR 700T
Top Speed : 186 mph
Kapasitas : 989 penumpang
Negara : Taiwan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZB8mUyrauKD17qWcnfrk5fgzyM6qzkBfSEHCRFyZsfAhVDNjcJGzNhpuUUahk0VSslFqmDqIWofYtApBjsKAEd0wi6l2e7WyWzlD7KOLBjhd_VmCwsFC7fE1p9SDmrHn9qhfQL-JbZeu2/s1600/9.jpg

8. KTX-I
Top Speed : 190 mph
Kapasitas : 965 penumpang
negara : korea Selatan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQBM3g7nuywpDQ-JnLfVGWRSR0g8LbSH8VemqI_9D58f4qbOWAwIaiTDsjBp4YdN0y2_MbQeim4mLXr5DjQ8ScvvPd3Nji6U5faK7F1sgoe1gfdvDrYJXazLuwauOCu5cZzNQItThB3gOT/s1600/8.jpg

7. Eurostar 3313/14
Top Speed : 208 mph
Kapasitas : 750 penumpang
Negara : Inggris
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuHhVhCfI7pFCvpPQhIm0-7sf9zBjj73CWi80vlmYhtW1GuDSq1ZXnPL-NMFWgYSXMnrXz40BvcrYOxNbW0qhQUCCmnk2uamlYf9eL5xvhdQkIn52XTty-rdhnAxC-DxHaPY77R0yBwtJH/s1600/7.jpg

6. ETR 500 Frecciarossa
Top Speed : 225 mph
Kapasitas : 590 penumpang
Negara : Italia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcN5DeWg2T04GAcOw-Tm-q7gTSdAo6-vDxcAxLyWqTSzbV30zzQJbNJ_DTr0naBqFnZa-LLvvyz1450hvdbyyV45riQ9jEEGhTFu_7YwjOb-00-VSX7WocqZYLlsyQyV0Stp39EdmybN4G/s1600/6.JPG

5. AVE Class 103
Top Speed : 251 mph
Kapasitas : 404 penumpang
Negara : Spanyol
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiR_9HRERkOAEJfZ0AbBp7LvlzdXniQL6e95uiFRUdgK8S-QGRVdAon3ml7mT4lc8IRD-8bRUOdmmjVPPe3UHs6YvRrzZGcYa5hD7lvzj5bmZgDk1NNonY_41iA3O-PDaU8z9tAWOD8K949/s1600/5.jpg

4. Transrapid TR-07
Top Speed : 270.3 mph
Kapasitas : Masih masa percobaan
Negara : Jerman
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwhXKjg7JAznUlUFHSOrBkBVBUf3sNsn_Bq4YmRYCC37hGUXd0Gmen_-5U51Wo-RsfnClAz_3E1UeihKnCmzxR4g2n_2nJm0SydUIVDClqmXY7F9QFTKo7wL9XKrnMyynoi6GCcCtTqq12/s1600/4.jpg

3. CRH380AL
Top Speed : 302 mph
Kapasitas : 600 penumpang
Negara : China
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMm_K63EpkuD88BicRpr4p0sTG739htehmeqW1SbKqunQHxA__vLU-V-nv91yZWkvduDqr2aOmx6lPqDOuucl3IcExFhCXccn98pJ3PKchA6xkV4iL59VLaOUPt9QU9RqFf-IfnvXJUPdJ/s1600/3.jpg

2. TGV V150
Top Speed : 357 mph
Kapasitas : Masih masa percobaan
Negara : Prancis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtcXHPgCWAiP3m4Ix4-Chywi60CVNr4VYYlGgvq42ZMnmhCCqkY-DQmYINF6MNE-KdPRyX4voZV_zZxKy9sKdJlsrW3dZRkLcqE6mYSkTnJjr03-PZq16e_s_GdyopkMY86f8jtKXzLRKw/s1600/2.jpg

1. JR-Maglev MLX01
Top Speed : 361 mph
Kapasitas : Masih masa percobaan
Negara : Jepang



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcxbMD2q898ZZTpHSw6t00s7Ktu6eMqAkOY0Y_BVIMv3lEckZ8M_fW5VOqd1WporuPL_qghUUMvOpusZbFY8dJtAIPoVOPph4tAG3RR2JurO327Q8pcfFPNyPetGms5uxIe9isBhn-NUzr/s1600/1.jpg

sumber
Read More >>

10 Sungai terpanjang di Dunia


10 Sungai terpanjang di Dunia | Mungkin pembaca sekalian sudah sering melihat daftar ini di buku buku pelajaran kelas 5 SD, jadi mungkin sudah banyak yang tahu. Tapi sekedar untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali, berikut ini saya berikan daftar 10 Sungai terpanjang di dunia. Semoga menghibur dan tidak membosankan (Peringkat dimulai dari yang paling bawah)


10. Sungai Zaire / Sungai Kongo
Sungai Zaire atau sungai kongo ini alirannya berawal dari jalur pertemuan sungai Lualap dan Sungai Luapula dan mengalir sampai samudera atlantik. Panjang keseluruhan sungai ini mencapai 2716 mil.



9. Sungai Irtish
Sungai ini besumber di daerah pegunungan altai di rusia, dan berakhir di pertemuan sungai Ob (sungai terpanjang peringkat 5) dengan panjang keseluruhan mencapai 2758 mil



8. Sungai Parana
Sungai terletak di paraguai, alirannya berawal dari pertemuan antara sungai paranaiba dan sungai grande, dan berakhir di daerah Rio de La Plata dengan panjang keseluruhan mencapai 2795 mil.



7. Sungai Yenise
Sungai ini merupakan salah satu sungi terpanjng di daerah Rusia. berhilir di Gunung Tannu-Ola di daerah Tuva barat, Rusia, dan bermuara di samudera Arktik, dengan panjang keseluruhan mencapai 2800 mil.



6. Sungai Huang He
Sungai Huang He atau sungai kuning, Aliranya dimulai dari sisi timur gunung Kuanlan dan terus mengalir hingga Teluk Vhihli di China bagian barat, panjang keseluruhan sungai ini adalah 2900 mil.



5. Sungai Ob
Sungai ini adalah batas berakhirnya aliran sungai Irtish (peringkat 9). Aliranya dimulai dari gunung Altai Rusia dan bermuara di teluk Ob dengan panjang keseluruhan mencapai 3459 mil.



4. Sungai Yangtse
Inilah sungai terpanjang di daratan China, Sungai Yangtse atau sungai Chang Jiang, mengalir dari dataran tinggi Tibetan hingga bermuara di laut China. Panjang keseluruhannya mencapai 3602mil.



3. Sungai Mississippi
Sungai Mississippi adalah sungai terpanjang kedua di benua Amerika. Alirannya dimulai dari daerah pegunungan Red Rock di Montana dan berakhir di Teluk Meksiko dengan panjang keseluruhan mencapai 3713 mil.



2. Sungai Amazon
Berawall dari aliran glazer danau Fed di peru kemudian melintasi beberapa negara Amerika latin dan berakhir di Samudera Atlantik dengan panjang keseluruhan mencapai 3912 mil.



1. Sungai Nil
Inilah Sungai terpanjang di Dunia, Sungai yang menjadi simbol kemakmuran rakyat mesir ini berhulu di Danau Victorial dan terus mengalir sampai Laut Mediteranian dengan panjang keseluruhan sungai mencapai 4180 mil.

sumber
Read More >>