Selasa, 10 September 2019

Uniknya Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)


ag03s.blogspot.com - Ini pemandangan sepenggal Jalan Tol Cisumdawu, di titik yang menghubungkan Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat. 

Jalan tol dua arah bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung. Di atasnya jalan-jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan permukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang. Dan di kejauhan, terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut. Indah,  bukan? 

Terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Jalan tol ini panjangnya 61,5 kilometer yang terdiri atas enam seksi. Seksi 1-3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Ada pun sisanya, seksi 4-6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, sebagian dalam tahap pembebasan pembebasan lahan.

Kehadiran Tol Cisumdawu akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung yang menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan "segitiga emas" Cirebon-Subang-Majalengka sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.
Read More >>

Senin, 09 September 2019

Jadwal Pertandingan Indonesia Vs Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022



Jadwal Indonesia vs Thailand. (Foto: Agung Pambudhy)


ag03s.blogspot.com - Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Berikut jadwal duel kedua tim.


Indonesia memulai langkah di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan buruk. Tim besutan Simon McMenemy kalah 2-3 saat menjamu Malaysia, Kamis (5/9/2019).

Thailand juga meraih hasil yang tak bagus di laga pertama. Tim besutan Akira Nishino ditahan imbang 0-0 oleh Vietnam.

Kini, Indonesia dan Thailand akan saling berhadapan. Indonesia tampil sebagai tuan rumah dengan menggelar laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2019) malam WIB.

Indonesia bakal dituntut untuk meraih poin penuh demi memperbesar harapan. Sebab setelah melawan Thailand, Indonesia cuma menyisakan dua laga kandang dan empat lainnya tandang.

Berikut jadwal pertandingannya:

Selasa, (10/9/2019)
Indonesia vs Thailand
Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno
Kick-off: 19:30 WIB

Sumber : Detik sport
Read More >>

Test Kecepatan Internet Tri 5G Tembus 1,2 Gbps


Foto: Tri Indonesia

ag03s.blogspot.com - Menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Tri Indonesia telah menjajal teknologi 5G. Hasilnya, kecepatan internet Tri bisa tembus 1,2 Gbps.

Kecepatan tersebut merupakan dari sisi download, sedangkan untuk unggah bisa mencapai 75,9 Mbps dengan latensi 11 ms. Dengan ngebutnya akses internet tersebut memungkinkan komunikasi lewat hologram secara langsung.

Uji coba 5G di jaringan Tri ini merupakan percobaan pertama di Indonesia yang dilakukan di live system secara end-to-end yang menggunakan frekuensi millimetre wave untuk 5G gNB radio, 80 GHz untuk E-Band transport, NSA3x untuk 5G Core Network di Semarang, serta HSS, PCRF dan VoLTE IMS di Jakarta dan perangkat 5G.

"Simulasi pemanfaatan jaringan 5G secara menyeluruh yang dilakukan 3 Indonesia, dari awal hingga ke tangan pengguna menunjukkan sistem dan komponen jaringan 5G 3 Indonesia mampu berfungsi secara terpadu," ujar Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung.

Uji coba ini juga mendemonstrasikan kemampuan Dual Connectivity yang menggabungkan jaringan 5G dan jaringan LTE secara simultan. Penggunaan Dual Connectivity itu memungkinkan konsumen menikmati internet dengan user experience yang jauh lebih baik.

Adapun pengujian teknologi jaringan generasi kelima ini memanfaatkan spektrum 28 GHz. Selain soal hologram, uji coba 5G Tri difokuskan juga pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia, khususnya bidang pendidikan, di masa depan.

"Kecepatan 5G dapat membuat komunikasi lebih sempurna dan imersif. Keunggulan ini dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan kegiatan belajar mengajar jarak jauh atau mengirimkan suatu karya ke belahan dunia lain secara real time. Dengan 5G, anak muda Indonesia akan memiliki modal yang sama untuk berkompetisi dengan saingan mereka di negara-negara maju," Chief Commercial Officer 3 Indonesia Dolly Susanto.

Dalam kesempatan itu pula, Tri mengadakan kuliah umum yang melibatkan pembicara dari Surabaya dan Jakarta, yang akan melampaui batasan jarak.

"Di masa depan, 5G akan dapat menghubungkan anak muda Indonesia kepada sumber ilmu di berbagai penjuru dunia, dan mendukung secara langsung pembangunan SDM unggul Indonesia melalui dunia pendidikan tanpa batas," pungkas Dolly.

Sumber : Detik
Read More >>

Tol Layang Jakarta-Cikampek Ditargetkan Selesai September 2019 dan Dibuka Gratis Natal 2019

 
ag03s.blogspot.com - Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek telah mencapai 86% hingga akhir Juni 2019. PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), menargetkan pekerjaan konstruksi jalan tol sepanjang 36,40 Km tersebut selesai pada akhir September tahun 2019.

Progres pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Layang Japek mencapai 95,11% hingga akhir Agustus. Konstruksi tol ini ditargetkan selesai pada akhir September 2019.

Mulanya, tol ini ditargetkan bisa digunakan untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini. Namun baru pada Natal 2019 Desember mendatang tol yang dikelola Jasa Marga ini ditargetkan sudah mulai bisa dipakai secara fungsional alias masih gratis.

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priohutomo mengatakan sisa pekerjaan yang cukup kritis dalam proyek ini adalah penyelesaian relokasi menara saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) di Km 17. Pekerjaan itu harus diselesaikan dalam periode waktu yang sangat ketat.
"Untuk mengatasi sisa pekerjaan tersebut, Jasa Marga akan lebih ketat dalam memonitor dan mengendalikan proses penanganan SUTET di Km 17 serta lebih luas lagi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar didapat metode pelaksanaan pekerjaan yang lebih cepat dan aman," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2019).

Tol Jakarta-Cikampek Elevated 
Tol Jakarta-Cikampek Elevated (Foto: dok. Jasa Marga)

Selain itu, tol ini masih menyisakan pekerjaan lain, seperti erection SIG, pengaspalan, dan expansion joint. Semuanya ditargetkan rampung September ini.

"Kami akan optimalkan sisa waktu untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang ada. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) kami targetkan dapat digunakan secara fungsional pada akhir tahun untuk mendukung pelaksanaan arus mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2019 dan beroperasi penuh pada awal tahun 2020," kata Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono.

Sebagai tambahan, Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) merupakan ruas jalan tol yang terbentang dari Cikunir hingga Karawang Barat dengan total panjang jalan 36,4 km. Jalan tol ini berfungsi menambah kapasitas Jalan Tol Jakarta-Cikampek existing yang saat ini kerap padat.

Sumber : Detik finance

Read More >>