Rabu, 23 September 2015

Rossi dan Lorenzo Diprediksi Sengit Sampai Akhir



ag03s.blogspot.com - Dilansir dari Detik Sport, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dinilai sudah tampil prima dan sama-sama layak jadi juara dunia sehingga persaingan dua rider Movistar Yamaha itu diprediksi sengit sampai akhir.

Hal itu merupakan prediksi dari Christian Sarron, mantan juara dunia 250cc tahun 1984 yang juga menjadi satu-satunya pebalap Eropa yang meramaikan persaingan pada kelas primer tahun 1990-an di tengah dominasi rider Amerika dan Australia.

Sarron, yang capaian terbaiknya di kelas primer adalah finis ketiga di akhir musim, sudah 20 tahun pensiun dari balapan walaupun kini masih terlibat di lintasan sebagai komentator MotoGP untuk Eurosport.

"Saya harus mengakui keduanya sudah bikin saya amat terkesan. Valentino masih punya semangat besar setelah bertahun-tahun ini meraih banyak gelar. Luar biasa hasratnya mengubah gaya berkendara dan caranya memperlihatkan kemajuan besar dalam dua musim terakhir. Ia sudah bekerja amat keras. Jika menjadi juara dunia ia pantas mendapatkannya," kata Sarron di MotoGP.com.

"Lorenzo juga sudah membuat saya terkesan. Gayanya ketika memenangi empat balapan beruntun, terutama di Mugello di hadapan penggemar Rossi, sudah luar biasa. Ia berkendara dengan nyaris sempurna. Saya sudah sedemikian terkesan dengan efektivitasnya di lintasan; akan sayang sekali melihatnya kehilangan gelar juara dunia karena masalah dengan helm di awal musim. Ini bukan jenis pertarungan yang ingin Anda lihat harus diakhiri dengan masalah pada helm."

"Walaupun Rossi sekarang sedang unggul, musim belum selesai. Saya pikir kita akan melihat akhir kejuaraan dunia yang bagus dan dramatis," tuturnya.

Dengan lima seri tersisa Rossi masih memimpin kejuaraan dunia dengan keunggulan 23 poin. Rossi rutin naik podium dalam 12 dari 13 balapan dengan empat di antaranya berupa podium teratas, sementara Lorenzo sudah meraih lima kemenangan dengan empat di antaranya secara berurutan. Persaingan keduanya akan berlanjut di Aragon pada akhir pekan.

Via Detik Sport
Read More >>

Minggu, 13 September 2015

MOTOGP RIDERS' CHAMPIONSHIP 2015 (AFTER ROUND 13 of 18: MISANO)

MOTOGP RIDERS' CHAMPIONSHIP 2015 (AFTER ROUND 13 of 18: MISANO)

POSITION RIDER TEAM POINTS
1 Valentino Rossi Yamaha 247
2 Jorge Lorenzo Yamaha 224
3 Marc Marquez Honda 184
4 Andrea Iannone Ducati 159
5 Bradley Smith Yamaha 135
6 Andrea Dovizioso Ducati 128
7 Dani Pedrosa Honda 109
8 Danilo Petrucci Ducati 93
9 Pol Espargaro Yamaha 81
10 Cal Crutchlow Honda 79
11 Maverick Vinales Suzuki 69
12 Aleix Espargaro Suzuki 66
13 Scott Redding Honda 63
14 Yonny Hernandez Ducati 41
15 Hector Barbera Ducati 23
16 Alvaro Bautista Aprilla 23
17 Loris Baz Yamaha Forward 15
18 Nicky Hayden Honda 12
19 Jack Miller Honda 12
20 Stefan Bradl Yamaha Forward 11
21 Michele Pirro Ducati 8
22 Mike di Meglio Ducati 7
23 Eugene Laverty Honda 7
24 Hiroshi Aoyama Honda 5
25 Alex de Angelis ART 2

MOTOGP MANUFACTURERS' CHAMPIONSHIP 2015 (AFTER ROUND 13 of 18: MISANO)
POSITION MANUFACTURER POINTS
1 Yamaha 297
2 Honda 240
3 Ducati 197
4 Suzuki 95
5 Yamaha Forward 33
6 Aprilla 23
7 ART 2

Source Crash.net
Read More >>

MotoGP San Marino : Marquez Juara, Rossi Finis Kelima, Lorenzo Crash

ag03s.blogspot.com - Rider Repsol Honda Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP San Marino. Pemuncak klasemen sementara Valentino Rossi (Movistar Yamaha) finis kelima sedangkan Jorge Lorenzo yang jadi pesaing terdekat sekaligus rekan setimnya malah crash.

Dalam balapan di Misano, Minggu (13/9/2015) malam WIB, faktor cuaca yang berubah-ubah membuat balapan jadi sukar ditebak dan amat sengit akibat silih-bergantinya para rider masuk pit untuk mengganti motor dan bannya.

Di akhir balapan Marquez jadi pemenang diikuti oleh dua rider Inggris Raya: Bradley Smith dari Yamaha Tech 3 dan Scott Redding yang membela Marc VDS. Itu menjadi kemenangan pertama Marquez di Misano, capaian terbaik Smith setelah finis ketiga di Phillip Island, dan podium perdana Redding di MotoGP.

Sementara itu Rossi, yang menjalani balapan kandangnya, harus puas finis di posisi lima. Tetapi ia boleh jadi tak kesal-kesal amat karena rekan setim sekaligus rival terdekatnya, Lorenzo, terjatuh dan gagal finis.

Hasil tersebut membuat Rossi masih memimpin klasemen sementara MotoGP dengan 247 poin, diikuti Lorenzo yang terpaku pada raihan 224 poin. Marquez menempati posisi tiga dengan 184 poin.

Jalannya Balapan

Belum lagi balapan dimulai Michele Pirro dan motor tunggangannya terlihat masuk ke pit di saat para rider lain melakukan putaran pemanasan. Ia rupanya melakukan penggantian ban sehingg takkan start dari grid.
Saat balapan dimulai, Lorenzo langsung tancap gas untuk memimpin balapan. Rossi sementara itu berusaha mendekati Marquez yang juga start tak kalah baik dan mempertahankan posisi dua.

Masih di putaran pertama, Pedrosa sudah berusaha mengancam Rossi yang menempati posisi tiga. Selesai satu putaran rintik hujan terlihat mulai turun. Peringatan pun diberikan dan setiap tim terlihat mulai bersiaga dengan menyediakan motor pengganti di pit.

Memasuki putaran ketiga posisi Lorenzo di depan masih belum diganggu gugat walaupun Marquez terus mengekor di belakangnya. Rossi masih di posisi tiga dengan Pedrosa terus membayanginya.

Memasuki putaran tujuh, sejumlah pebalap beramai-ramai masuk ke pit untuk mengganti motor karena curah hujan yang bertambah. Tetapi tiga pebalap terdepan masih melaju di lintasan.

Pada putaran berikutnya Lorenzo, Marquez, dan Rossi masuk pit. Lorenzo dan Marquez keluar beriringan, melanjutkan persaingan. Rossi sedikit tertinggal di belakangnya. Setelah itu Lorenzo kurang mulus dalam menikung dan membuat Marquez berhasil menyalipnya. Marquez pun memimpin balapan dengan diikuti Lorenzo dan Rossi secara berturut-turut di posisi dua dan tiga.

Di putaran 10 gantian Marquez yang melebar keluar lintasan ketika menikung. Lorenzo tak membuang kesempatan dan langsung kembali menempati posisi terdepan. Rintik hujan sementara itu mulai berkurang, membuat situasi di lintasan bisa berubah lagi.

Pada putaran 11 Marquez terus mengekor kian dekat di belakang Lorenzo yang masih memimpim balapan. Rossi tak berada jauh di belakang keduanya, siap memberi ancaman. Memasuki putaran berikutnya jarak Lorenzo, Marquez, dan Rossi kian dekat saja walau belum ada perubahan posisi.
Dengan balapan menyisakan 15 putaran lagi, sejumlah rider mulai melakukan pergantian motor. Sementara itu usaha Marquez menyalip Lorenzo tidak berakhir positif. Dalam usahanya itu Marquez malah kehilangan posisi dua akibat disalip Rossi.

Memasuki putaran 17 Rossi menyalip Lorenzo! Tapi Lorenzo tak mau kalah dan berusaha balik menyalip rekan setimnya tersebut walaupun gagal. Rossi pun melaju untuk memimpin balapan, diikuti Lorenzo dan Marquez. Di belakang ketiganya ada Petrucci dan Pedrosa.

Saat balapan menyisakan 10 putaran lagi Marquez masuk pit. Hal ini sempat membuat ia kehilangan posisi dengan Petrucci kini ada di posisi tiga.

Setelah itu Lorenzo masuk pit untuk mengganti ban dengan delapan putaran tersisa. Rossi masih bertahan di atas lintasan dengan ban untuk kondisi lintasan basah. Tak berapa lama barulah Rossi memutuskan masuk pit untuk melakukan pergantian ban.

Seiring dengan keluarnya Rossi dari pit, Lorenzo tiba-tiba terjatuh dari motor! Ia tergelincir ketika menikung dan berakhir di gravel. Terkecuali terlihat amat kesal, Lorenzo tampak dalam kondisi baik-baik saja.

Dengan lima balapan tersisa, Rossi ada di posisi lima. Di depannya ada Scott Redding, Loris Baz, Bradley Smith, dan pemimpin balapan sementara Marquez.

Memasuki tiga putaran akhir Marquez masih memimpin balapan diikuti oleh Smith dan Redding. Rossi masih di posisi lima. Posisi itu tak berubah sampai akhir balapan.

Hasil MotoGP San Marino
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 48m 23.819s
2. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 48m 31.107s
3. Scott Redding GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 48m 42.612s
4. Loris Baz FRA Forward Racing (Forward Yamaha)* 48m 50.246s
5. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 48m 57.015s
6. Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) 48m 58.906s
7. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 49m 0.346s
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 49m 1.253s
9. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 49m 3.335s
10. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 49m 3.511s
11. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 49m 5.814s
12. Jack Miller AUS LCR Honda (RC213V-RS)* 49m 9.894s
13. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 49m 12.200s
14. Maverick ViƱales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 49m 16.144s
15. Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 49m 17.167s
16. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 49m 22.647s
17. Nicky Hayden USA Aspar MotoGP Team (RC213V-RS) 49m 26.468s
18. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 49m 28.587s
19. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (RC213V-RS)* 49m 29.496s
20. Claudio Corti ITA Forward Racing (Forward Yamaha) +1 lap
21. Karel Abraham CZE AB Motoracing (RC213V-RS) +1 lap
Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) DNF
Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF
Yonny Hernandez COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) DNF
Alex De Angelis RSM E-Motion IodaRacing (ART) DNF
Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) DNF 
Sumber Detiksport.com


Read More >>

Sabtu, 12 September 2015

Tahun ini, Kita Bisa Perpanjang SIM Lewat Online


ag03s.blogspot.com - Kementerian Perhubungan baru saja meniadakan loket tiket di bandara untuk mencegah praktek calo. Kepolisian menyusul langkah tersebut dengan menyediakan layanan pembuatan dan perpanjang SIM lewat online.

Atas keluarnya kebijakan ini, para calo yang biasa nongkrong di samsat pasti menangis karena kehilangan lahannya. Tapi masyarakat umum dipastikan menangguk keuntungan.
Tapi, yang paling pertama tertawa senang karena keluarnya kebijakan ini hanya masyarakat Yogyakarta. Soalnya, baru kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan program perpanjang SIM lewat online.

Namun jangan khawatir. Kepolisian Republik Indonesia bakal memperluas layanan ini hingga ke seluruh daerah di Indonesia pada 1 Juli 2015. Sementara itu, sejumlah daerah sudah memberikan layanan pembuatan SIM lewat online, seperti di Surabaya.
Dengan adanya program ini, kita tak perlu lagi pulang kampung hanya untuk memperpanjang SIM. Misalnya kita bekerja di Jakarta tapi SIM dibuat di Yogyakarta. Kita hanya tinggal nongkrong di depan laptop dengan koneksi Internet atau pergi ke SIM keliling saat masa berlaku SIM habis.

Bahkan kepolisian berencana membuka SIM Corner di sejumlah pusat perbelanjaan. Dengan demikian, masyarakat yang suka nge-mall bisa sekalian memperpanjang atau membuat SIM sembari berbelanja.

Terintegrasi


Dengan pelayanan online, artinya kalau SIM kamu dibuat di Papua, kamu bisa memperpanjang walau sedang ada di Sabang.

Sistem online yang diluncurkan kepolisian ini tak main-main. Datanya bakal terintegrasi dengan database lembaga terkait lain, seperti Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Jadi, untuk membuat atau memperpanjang SIM lewat online, kita hanya perlu kartu tanda penduduk atau KTP. Tak ada lagi keribetan mengisi formulir yang kolomnya banyak. Kalaupun ada yang harus diisini, paling hanya data keluarga yang bisa dihubungi jika terjadi kecelakaan.

Rencananya kita hanya perlu memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) yang ada di KTP saat akan membuat atau memperpanjang SIM. Setelah NIK masuk, identitas lengkap kita yang terdata di Kementerian Dalam Negeri akan keluar.

Karena itu, wajib hukumnya bagi kita untuk memiliki KTP yang terdata di Kementerian Dalam Negeri. Yang belum mendapat e-KTP pun terdaftar, asalkan sudah pernah melakukan perekaman data di kecamatan setempat.

Kelak korps lalu lintas bahkan akan menghubungkan database dengan badan reserse kriminal. Jadi, mereka yang pernah melakukan tindak kejahatan akan terdata sehingga mencegah penyalahgunaan SIM.

Sistem terintegrasi ini juga mencegah orang yang pernah dihukum tak boleh memiliki SIM, misalnya karena melakukan pelanggaran lalu lintas, mencoba membuat SIM baru. Sebab, datanya terekam di korps lalu lintas.

Prosedur pembuatan


Perpanjang SIM lewat online pastinya lebih praktis ketimbang datang langsung
Hingga saat ini, kepolisian belum merilis pengumuman resmi tentang cara perpanjang SIM lewat online. Tapi korps lalu lintas telah menjelaskan prosedur pembuatan SIM secara online lewat satuan pengelola administrasi SIM (satpas). Prosedurnya pembuatan dan perpanjang SIM lewat online diperkirakan tak jauh berbeda.
Untuk membuat SIM, kita cukup datang ke satpas dan menyerahkan KTP kepada petugas. Setelah itu, kita akan mendapat nomor registrasi dan diminta membayar ke loket bank di lokasi yang sama.

Setelah mendapat bukti pembayaran, kita tinggal menunggu panggilan ujian tertulis dan praktek. Rencananya materi ujian tertulis akan tersedia di situs korps lalu lintas dan bisa diunduh secara gratis. Dengan demikian, masyarakat bisa belajar dulu sebelum ujian.
Ujian tertulis pun bakal dilaksanakan secara online, sehingga hasilnya bisa langsung diketahui. Jika lulus ujian tertulis, kita akan diarahkan untuk mengikuti ujian praktek menggunakan simulator atau langsung di lapangan.Setelah dinyatakan lulus, kita bisa langsung memperoleh SIM tanpa membayar apa-apa lagi.

Berkat sistem baru ini, pastinya kita tak perlu keluar ongkos lebih banyak untuk membayar calo. Selain itu, transaksi dengan sistem ini terhubung dengan Kementerian Keuangan, sehingga kita dipastikan ikut menambah kas negara untuk pembangunan.
Image credit:

https://wotos.files.wordpress.com/2012/01/image0026.jpg
https://masshar2000.files.wordpress.com/2014/12/wpid-perpanjangan-sim-di-bandung3.jpg
Read More >>

Motogp Misano : Lorenzo raih pool position


ag03s.blogspot.com - Jorge Lorenzo melanjutkan dominasinya di latihan bebas ke sesi kualifikasi. Lorenzo menciptakan rekor putaran tercepat sirkuit untuk menyabet pole position di depan Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Di Sirkuit Misano, Sabtu (12/9/2015) malam WIB, Lorenzo membukukan waktu 1 menit 32,146 detik yang dibuatnya di lap kelima dari delapan lap yang dilahapnya pada sesi kali ini. Pebalap Yamaha itu unggul 0,106 detik dari Marquez dan 0,212 dari Rossi.

Pebalap Honda Dani Pedrosa akan start dari baris kedua setelah mencatatkan waktu 1 menit 32,434 detik untuk menempati posisi keempat. Michele Pirro dan Bradley Smith masing-masing menghuni posisi kelima dan keenam.

Duo Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso akan memulai balapan dari baris ketiga ditemani oleh pebalap Pramac Racing Danilo Petrucci. Aleix Espargaro yang menggeber Suzuki melengkapi 10 besar.


Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP San Marino
Pos-Nama Pebalap-Tim-Waktu-Lap

1 Jorge Lorenzo Yamaha Yamaha 1m32.146s -
2 Marc Marquez Honda Honda 1m32.252s 0.106s
3 Valentino Rossi Yamaha Yamaha 1m32.358s 0.212s
4 Daniel Pedrosa Honda Honda 1m32.434s 0.288s
5 Michele Pirro Ducati Ducati 1m32.736s 0.590s

6 Bradley Smith Tech 3 Yamaha 1m32.801s 0.655s
7 Andrea Iannone Ducati Ducati 1m32.821s 0.675s
8 Andrea Dovizioso Ducati Ducati 1m32.934s 0.788s
9 Danilo Petrucci Pramac Racing Ducati 1m33.169s 1.023s
10 Aleix Espargaro Suzuki Suzuki 1m33.187s 1.041s

11 Cal Crutchlow LCR Honda 1m33.220s 1.074s
12 Pol Espargaro Tech 3 Yamaha 1m33.222s 1.076s
13 Scott Redding Marc VDS Honda 1m33.340s
14 Maverick Vinales Suzuki Suzuki 1m33.439s 
15 Yonny Hernandez Pramac Racing Ducati 1m33.710s 

16 Loris Baz Forward Racing Yamaha Forward 1m34.093s 
17 Jack Miller LCR Honda 1m34.137s 
18 Hector Barbera Avintia Racing Ducati 1m34.296s 
19 Stefan Bradl Aprilia Gresini Aprilia 1m34.333s 
20 Alvaro Bautista Aprilia Gresini Aprilia 1m34.368s 

21 Eugene Laverty Aspar Honda 1m34.468s 
22 Mike Di Meglio Avintia Racing Ducati 1m34.722s 
23 Nicky Hayden Aspar Honda 1m34.732s 
24 Claudio Corti Forward Racing Yamaha Forward 1m35.385s 
25 Karel Abraham AB Motoracing Honda 1m35.406s 
26 Alex de Angelis IodaRacing Project ART/Aprilia 1m35.684s 

# detik.com
Read More >>

Rabu, 09 September 2015

Arsitek Sirkuit Sentul untuk MotoGP dan F1


ag03s.blogspot.com – Dalam perencanaan pemugaran Sirkuit Internasional Sentul untuk menggelar MotoGP di 2017, pihak penyelenggara MotoGP, Dorna sudah merekomendasikan tiga desainer kawakan, yakni Hermann Tilke, Jarno Zaffelli dan Dafydd Broom, sebagai desainer sirkuit. Dari ketiganya, kandidat terkuat yang akan dipilih oleh pihak Sentul adalah Hermann Tilke.

Direktur Sirkuit Internasional Sentul, Tinton Soeprapto menjelaskan, renovasi Sirkuit Internasional Sentul bukan hanya untuk MotoGP, tapi juga kedepannya bisa digunakan Formula One (F1). Jadi, dari ketiga desainer yang direkomendasikan Dorna, Hermann Tilke paling tepat dan sudah berpengalaman.

“Kemungkinan besar desainernya Tilke, tapi untuk proses pembangunannya kita akan menggunakan plat merah seperti Waskita, Media Karya dan lain-lain,” ungkap Tinton kepada KompasOtomotif di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta, Senin malam.

Menurut Tinton, Tilke merupakan desainer yang sangat pengalaman dalam mendesain sirkuit. Kemampuannya adalah, desain yang dibuat untuk MotoGP bisa sekaligus digunakan balapan F1. Karena kedepannya, Indonesia juga harus menjadi salah satu negara tuan rumah penyelenggaraan F1.

“Jangan bikin MotoGP saja, tapi juga kita harus bisa mendatangkan F1. Penggemar F1 di Indonesia juga sangat banyak, seperti MotoGP,” kata Tinton.

Tilke itu sendiri meruoakan desainer asal Jerman yang juga mantan pebalap sekaligus insinyur. Kemampuannya dalam merekayasa trek lurus, tikungan, sampai fasilitas sirkuit Formula 1 sudah tidak perlu diragukan. Nama-nama sirkuit besar, seperti Sepang di Malaysia, Sakhir (Bahrain), Shanghai International Circuit, Istanbul Park Racing Circuit, Valencia Street Circuit, Marina Bay Street Circuit, Yas Marina Circuit, Korea International Circuit, dan Buddh International Circuit (India) merupakan hasil karya tangan dinginnya.

sumber kompas
Read More >>