Kamis, 30 Oktober 2014

Teknologi : Mendowload Film Lebih Cepat dari Kedipan Mata




Dunia Informasi – Seringkali kita kesal, jika mendownload atau mengunduh file dokumen, lagu atau film di internet selalu lama, jaringan lelet, terkadang suka putus di tengah. Tentunya itu membuat kita enggan kembali melakukan hal yang sama.

Tetapi kini peneliti dari Eindhoven menciptakan sebuah jaringan serat fiber multi-inti, yang mampu membantu mengunduh dengan kecepatan 0,03 milidetik, sedangkan kecepatan kedipan mata kita sekitar 300 milidetik, super cepat.

Teknologi ini menggunakan serat dengan tujuh inti yang berbeda, yang mampu mentransfer data hingga 255 terabyts setiap detiknya. Bayangkan jika mengunduh film yang mempunyai file 700 MB, mungkin bisa diunduh kurang dari satu detik, saking cepatnya.

Pemimpin penelitian, Dr. Chigo Okonkwo mengatakan: "Dengan ukuran diameter kurang dari 200 microns, serat ini mampu meningkatkan kemampuannya dibandingkan dengan serat yang ada saat ini."

Teknologi canggih ini akan merevolusi jaringan internet dunia, dan transfer data bukan lagi dengan megabytes/seconds (mbps) tetapi akan menjadi petabytes/secons.

Namun untuk menerapkan teknologi ini perlu pembaruan pada routers, peranglat dan website, sehingga permintaan netizen bisa terpenuhi. Namun belum diketahui kapan dunia siap mempraktikkan teknologi ini. Lalu bagaimana dengan negara kita? (Mail Online)
Read More >>

Terbongkar, 2000 Siswa Nyontek Pakai Alat Canggih Saat UN




Dunia Informasi – Sekira 2.440 siswa di China yang sedang mengikuti ujian nasional terindikasi melakukan kecurangan menggunakan alat canggih. Alat yang kerap digunakan dalam film-film spionase.

Menurut koran pemerintah, pihak pengawas ujian mendeteksi gelombang radio yang tidak biasa sedang digunakan untuk mengirim jawaban kepada peserta ujian yang menggunakan alat pendengar nirkabel. Para peserta ujian juga ketahuan menggunakan penghapus elektronik.

Lebih dari 25 ribu siswa mengikuti ujian untuk menjadi apoteker di barat laut kota Xian pada 18 dan 19 Oktober. Ujian itu digelar di tujuh tempat terpisah.

Untuk membocorkan jawaban, jaringan joki ujian mengirim peserta palsu untuk menjawab soal-soal ujian. Setelah selesai, dia keluar dan mem-broadcast jawaban kepada korbannya yang sudah membayar US$ 330 per anak.

Menurut seorang konsultan pendidikan di Beijing, Jiang Xueqin, sistem pendidikan di China telah berperan dalam budaya mencontek ini.

"Kecurangan ini begitu meluas karena pemerintah hanya fokus agar peserta mendapat ijazah, bukan keterampilan yang dibutuhkan di tempat kerja."

Xueqin menambahkan, tempat-tempat ujian harusnya mempunyai metal detector untuk menekan penggunaan alat kecurangan. Jika perlu keamanannya lebih tinggi daripada yang di bandara.

Du Fangshui, kepala ujian setempat, mengatakan siapa saja yang ketahuan berbuat curang dilarang mengikuti ujian lagi selama dua tahun.

(Ism, Sumber: CNN)
Read More >>

Rabu, 29 Oktober 2014

Susi Pudjiastuti Tantang Para Pakar Kelautan yang Ragukan Kemampuannya



Dunia Informasi – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menantang orang-orang yang menyangsikan kemampuannya memimpin kementerian di sektor bahari itu.

Hal itu ia sampaikan saat menjawab pertanyaan awak media, apakah Susi berencana menggandeng para pakar kelautan yang, seperti diberitakan di beberapa media, meragukan kemampuan wanita berijazah SMP ini.

"Kalau kesombongan mereka itu bisa dibuktikan, saya akan ajak kerja sama," tekan Susi dalam konferensi pers, di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Rabu (28/10/2014).

Sejurus kemudian, Susi mengatakan akan lebih memilih menggandeng orang-orang lama di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), jika para pakar atau ahli kelautan yang mencibir latar belakang akademiknya itu tidak dapat membuktikan kepakaran mereka. "Kalau cuma koar-koar saja, saya kira di KKP ini banyak orang yang sudah bekerja, and they are very excellent," ucap Susi lagi.

Sebelumnya, banyak pihak menyangsikan bahwa Susi bisa melakoni jabatannya sebagai Menteri KKP karena latar belakang akademiknya menunjukkan bahwa ia hanya lulusan SMP. Pakar ilmu kelautan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Muslim Muin, adalah salah satu orang yang meragukan Susi.

Dia mengatakan, posisi-posisi menteri strategis yang terkait pengembangan kemaritiman dalam Kabinet Kerja Jokowi diisi oleh orang yang tidak tepat. Pengangkatan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, misalnya, dinilai tidak tepat oleh Muslim. Susi memang sukses dalam mengembangkan industri pengolahan hasil laut serta transportasi antar-pulau. Namun, menurut Muslim, itu tak cukup.

"Ngaco mengangkat Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Sukses menjadi pengusaha ikan bukan berarti bisa memimpin KKP," ungkap Muslim kepada Kompas.com, Senin (27/10/2014).

Muslim mempertanyakan apakah Susi paham mengenai teknologi kelautan, marine products economics, coastal processes, dan underwater technology. Menurut Muslim, kepakaran Susi hanyalah tentang penangkapan dan penjualan ikan.

# via kompas
Read More >>

Hadiah dari Jokowi-JK, BBM Naik mulai 1 November?

 
 
Dunia Informasi – Di tengah penyusunan kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada tanggal 31 Oktober 2014. Dengan begitu, harga baru BBM berlaku mulai 1 November.

Jelas ini "kado" pahit dari pemerintah baru pimpinan Jokowi-Kalla. Sumber Kontan yang mengetahui rencana tersebut mengatakan, Jokowi-JK akan menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 3.000 per liter. "Ini seperti rencana semula, naik Rp 3.000 per liter," ujar sumber tersebut, Kamis (23/10/2014). Ini artinya, BBM bersubsidi akan naik 46,1 persen, dari Rp 6.500 menjadi Rp 9.500 per liter. Kenaikan ini akan menghemat anggaran tahun ini sebesar Rp 20 triliun.

Bersamaan dengan kenaikan harga BBM, pemerintah akan memberikan bantuan ke masyarakat miskin. Ada 20 juta keluarga miskin yang akan mendapatkan "guyuran" dana dari pemerintah. Jumlah ini naik dari jumlah orang miskin penerima kompensasi kenaikan harga BBM dua tahun lalu yang hanya 15,5 juta kepala keluarga.

Berkaca pada masa itu, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan bantuan langsung sementara sebesar Rp 150.000 per bulan per rumah tangga miskin. Dengan kenaikan harga BBM sebesar Rp 2.000 per liter, bantuan berlangsung selama empat bulan kepada 15,5 juta orang. Dengan skema sama, pemerintah baru harus menyediakan dana bantuan sosial Rp 9,3 triliun. Padahal, APBN-P 2014 cuma mengalokasikan dana Rp 5 triliun untuk cadangan sebagai antisipasi kenaikan BBM.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, APBN-P 2014 tak bisa memberikan bantuan seperti 2013 jika harga BBM naik Rp 3.000 per liter. "Dana yang ada hanya bisa memberikan kompensasi 2-3 bulan saja," kata Askolani, Rabu (22/10/2014).

Dengan penerima bantuan lebih besar, dapat dipastikan dana kompensasi harus bertambah. Pemerintah Jokowi harus meminta tambahan anggaran baru ke parlemen. Ini belum tentu mulus, mengingat kubu oposisi menguasai parlemen. Di DPR, Koalisi Merah Putih menguasai 353 kursi atau 63 persen suara, sedangkan Jokowi-JK yang didukung Koalisi Indonesia Hebat hanya 207 kursi atau 37 persen. KIH pasti harus menyerah jika harus voting untuk menambah dana kompensasi.

Ecky Awal Mucharam, anggota DPR dari Fraksi PKS (anggota KMP) menegaskan, partainya sejak awal menolak kenaikan harga BBM karena ini akan mendorong inflasi dan menekan pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu,  Satya Yudha, anggota DPR dari Partai Golkar, mengatakan, kenaikan harga BBM hak pemerintah. Namun, pemerintahan Jokowi harus cermat menghitung penghematan anggaran dan alokasinya untuk kegiatan produktif.


# via kompas
Read More >>

Serat Tinggi, Buah Naga Ikat Lemak




Dunia Informasi – Buah naga diyakini menyembuhkan berbagai penyakit. Karena khasiatnya, penggemar buah naga saat ini bertambah banyak.

Buah naga diyakini menyembuhkan berbagai penyakit. Karena khasiatnya, penggemar buah naga saat ini bertambah banyak. “Nilai gizinya hampir sama dengan sayur dan buah lain,” ujar Eko Dwi Martini DCN, ahli gizi RSU dr Soetomo Surabaya.



Komposisi gizi per 100 gram daging buah naga mengandung protein 0,16-0,23 gram, serat 0,7-0,9 gram, betakaroten 0,005-0,012 mikrogram, vitamin C 8-9 gram, dan vitamin B1 0,28-0,30 mikrogram. “Selain itu, buah naga mengandung kalsium, fosfor, dan besi,” imbuhnya.

Kandungan serat pada buah naga berperan menurunkan kadar kolesterol. Caranya, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) di saluran cerna kemudian dikeluarkan bersama tinja. “Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan tubuh,” jelasnya.
Eko menganjurkan, diabetesi (pengidap kencing manis) mengonsumsi buah naga secara rutin minimal 13 gram per hari. Itu sekaligus langkah menjaga kadar kolesterol darah.

Betakaroten juga sangat berguna dalam proses penglihatan, reproduksi, dan metabolisme lain. Betakaroten termasuk antioksidan. Efeknya, mencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru.
Ada dua jenis buah naga. Ada yang berdaging putih dan merah. “Orang percaya buah naga merah lebih ampuh dibanding yang putih. Anggapan itu tidak terbukti karena kandungan gizinya relatif sama,” tambahnya.

# via ayobertani
Read More >>

Nangka Berbuah Tanpa Kulit



Ada Nangka Berbuah Tanpa Kulit Anda mungkin tidak percaya saat mendengar pohon nangka berbuah tanpa kulit. Namun, boleh percaya atau tidak, di Taman Wisata Mekarsari salah satu pohon nangka berbuah demikian.

Pohon yang merupakan varietas Artocarpus heterophyllus ini adalah satu dari sepuluh tanaman andalan Taman Wisata Mekarsari yang disebut The Ten Most Amazing Trees dan biasa disebut Naked Jackfruit.

Yuk! Icip Buah Nangka Telanjang!

Keunikan buah nangka ini, menurut Kepala Bagian Kebun Produksi dan Penelitian Taman Wisata Mekarsari AF Margianasari, baru terlihat setelah usia buah di atas delapan minggu. “Pada usia hingga empat minggu bentuk buah masih normal seperti buah nngka pada umumnya. Baru setelah delapan minggu, buah mulai pecah dan besar keluar dari daminya,” ujar Mergianasari yang akrab dipanggil Riris.

Naked Jackfruit ini sepintas juga terlihat menyerupai buah pisang yang menempel pada buah nangka. Margianasari mengungkapkan, keunikan yang terjadi pada buah pohon tersebut diperkirkan akibat mutasi indukan awal.

“Kemungkinan besar akibat mutasi yang terjadi pada indukan awal atau perubahan sel yang tampak dari fisik buah. Mutasi bisa disebabkan oleh stres tanaman, hama penyakit, virus, dan kondisi alam,” tegasnya.

Lima buah pohon nangka tersebut merupakan buah yang pertama kali setelah selama 3,5 tahun pohon tersebut dikembangkan di Taman Wisata Mekarsari. Kelima-limanya memiliki kesamaan bentuk atau berbuah tanpa kulit. “Kemungkinan pada bulan ini buah pohon nangka ini sudah bisa dipanen. Ini adalah panen perdana,” ujar Catherina W Day, Humas Taman Wisata Mekarsari.

Penemuan Naked Jackfruit ini, menurut Margianasari, berasal dari pohon nangka yang dipelihara oleh H Ikhsan, warga Rawa Bogel, Bekasi Utara. Dari informasi pemiliknya, pihak Mekarsari pada tahun 2004 memperbanyak pohon nangka milik H Ikhsan tersebut dengan metode sambung susu.

Saat ini Taman Wisata Mekarsari telah mengembangkan pohon unik tersebut. “Kurang lebih kami memiliki sekitar 200 bibit pohon nangka hasil perbanyakan. Biasanya yang ingin memiliki bibitnya adalah kolektor tanaman,” katanya. Tertarik ingin melihat? Buktikan sendiri di Taman Wisata Mekarsari.

sumber kompas
Read More >>

Semangka Berbentuk Kotak, Hati dan Segitiga (2)



Dunia Informasi – Berawal dari menyiasati ruangan yang sempit, lagi-lagi orang Jepang bikin inovasi menarik. Masyarakat pertanian Jepang selama ini tengah berusaha untuk meningkatkan budidaya buah Semangka dengan perbaikan mutu buah yang lebih efisien. Berhubung rumah orang jepang itu mempunyai arsitektur sempit, menurut mereka tidak cukup mutu buah yang bagus, tetapi juga harus mudah disimpan. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat Semangka berbentuk kotak.

Eits, tapi jangan langsung komeng “Jepang lagi, Jepang lagi”, sebab ternyata Taman Buah Mekarsari mengklaim sebagai pembuat buah Melon kotak pertama, meskipun kalah booming dengan buah Semangka kotak bikinan Jepang.



Semangka kotak ini biasa dijadikan hadiah untuk orang-orang penting di Jepang, dengan kualitas bagus harganya bisa mencapai 10.000 yen (Rp.800.000)!



Belakangan selain semangka kotak, muncul juga semangka-semangka berbentuk lain. Yang sudah pernah diperlihatkan diantaranya semangka segitiga, semangka bulat raksasa, semangka bentuk hati, dan yang bikin heran lagi, konon ada semangka bentuk muka orang!



Hingga sekarang ini harga-harga semangka terbaru ini juga lebih mahal daripada semangka kotak. kalo yang pernah dipublis di Shibuya Jepang mungkin harga semangka segitiga sekitar 30.000 yen (2,4 juta rupiah), tapi ternyata harganya cukup bervariasi tergantung besarannya juga. kalau sempat kita bisa bandingkan perbedaan harganya di pasar internet, semangka segitiga biasanya seharga sekitar 30.000-100.000 yen (100.000 yen = 8 juta rupiah).

Kalo kita bisa bikin dan dijual di Indonesia kira-kira kita jual berapa ya, Gan?

Rekayasa bikin buah kotak ini ternyata tidak terlalu sulit, rekayasa ini hanya merupakan rekayasa bentuk, jadi tidak mempengaruhi cita rasa buah yang kita bikin kotak.

Pengen tahu caranya? Berikut langkah-langkah pembuatan semangka kotak:

1. Tanam buah semangka di bak semai hidrophonik.

Untuk hidrophoniknya:

Media hidroponik yang baik memiliki PH netral antara 5,5-6,5, media yang baik juga harus dapat mempertahankan kelembaban. Medianya bisa menggunakan pasir halus atau arang sekam.
Media pasir tergolong murah, tapi kurang bisa menahan air. Yang lebih baik adalah menggunakan campuran sekam, serbuk gergaji dan serbuk kelapa.
Untuk tanaman yang sudah dewasa dapat menggunakan pasir kasar, campuran sekam dan lain-lain.
Arang sekam menjadi pilihan karena dapat terhindar dari penyakit yang hidup di dalam pasir.
Untuk bak hidroponiknya kita bisa menggunakan bak kayu. Setelah semuanya siap, kita tinggal menanam bibitnya dalam bak hidroponik.

2. Setelah benih buah di tanam, pada hari ke-15 setelah penanaman Semangka atau ketika muncul bakal buah, kita akan memberikan perlakuan khusus pada buah yang muncul, kita beri kotak transparan yang terbuat dari bahan akrilik dengan ukuran yang sesuai pertumbuhan buah.

3. Semakin besar buah yang tumbuh, kotak yang kita gunakan juga harus disesuaikan. Kotak perlu diganti beberapa kali, biasanya 2-3 kali sesuai besar buah.

4. Yang terpenting dalam proses ini, kita harus telaten dan tekun memperhatikan pertumbuhan buah.

Penampakkan:

Kotak akriliknya



Pilih Bibit yang Bagus


Letakkan di kotak akriliknya


Jangan Lupa Siram!


Tinggal Lihat Hasilnya


Berikut video pembuatannya:



Nah, berita bagus lain buat agan-agan, ternyata tidak hanya buah Semangka yang bisa kita renovasi bentuknya. Buah apa saja bisa Gan!

Jeruk Kotak


Strowberry Kotak


Melon Hati


Melon Bintang


Ketimun Bintang & Hati


Tomat Lonjong


Pear Bayi


Cara buatnya Gan!


Melon Micky Mouse


Sekian semoga bermanfaat dan bisa menambah kreativitas kita semua.
Read More >>

Semangka Unik Berbentuk Kotak, Hati dan Segitiga



Dunia Informasi – Kreasi ini sudah lama populer di Jepang sekitar tahun 2007. Jepang seringkali mempunyai keterbatasan dalam hal tempat penyimpanan, terutama di daerah berpenduduk padat. Hal ini menjadi dilema bagi pemilik toko penjual makanan. Dan seperti swalayan pada umumnya, pemilik toko memiliki keterbatasan dalam meyimpan semangka. Semangka yang berbentuk bulat dan besar banyak memakan tempat penyimpanan. Hal inilah yang memunculkan ide bagi petani disana untuk membuat semangka berbentuk kotak. Dan walaupun sebelumnya sempat disangsikan keberhasilannya oleh banyak pihak. Faktanya, sekarang semangka kotak sudah tersedia.

Semangka Berbentuk Hati



Semangka Berbentuk Segi Empat



Semangka berbentuk segi empat ini adalah hasil olahan petani di Prefektur Kagawa, sebelah barat daya Pulau Shikoku. Lalu, bagaimana cara membuatnya?? apa mereka memakai bibit tertentu??
Tidak, mereka membuatnya dengan memasukkan semangka kedalam sebuah kotak berbentuk kaca seperti ini.Sejak mulai dibuatnya semangka kotak, sekarang ini banyak dikembangkan semangka dengan bentuk-bentuk yang lain seperti Semangka Piramida

Semangka Berbentuk Wajah



Semangka Berbentuk Segitiga



Bertahun-tahun lamanya, konsumen berjuang agar buah yang bentuknya bulat ini bisa disimpan dalam lemari pendingin. Hal itu tentu saja sangat sulit dilakukan.

Tapi, seorang petani di pulau selatan Jepang atau barat barat daya Shikoku, berhasil memecahkan masalah ini. Ia memiliki ide membentuk semangka berbentuk kubus sehingga bisa dikemas dan disimpan dalam lemari pendingin.

Bagaimana caranya? Petani ini menanam buah semangka dalam kotak-kotak kaca. Secara alami buah itu tumbuh dan setelah besar berbentuk kotak.

Saat ini, semangka berbentuk kubus sudah tersedia di berbagai tempat di seluruh Jepang dan Taiwan.
Tapi, buah eksotis ini hanya dijual di departemen store dan supermarket kelas atas.

Setiap semangka harganya mencapai 10.000 yen. Harganya dua kali lipat sampai bahkan tiga kali lipat dari buah semangka normal.

# Via : unik.ruanghati.com/
Read More >>

Selasa, 28 Oktober 2014

Honda Indonesia "Recall" Brio Satya



Dunia Informasi – Honda Prospect Motor (HPM) tengah menyiapkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap Brio Satya, salah satu anggota LCGC. Langkah tersebut dilakukan karena ada indikasi masalah pada kantong udara atau airbag.

"Saya hari ini baru dapat (informasi) dari Honda Jepang perihal recall untuk Brio Satya. Dicurigai, ada masalah pada kantong udara produk Takata. Kami akan segera umumkan secara detail mengenai nomor rangka dan juga waktu produksi model yang akan di-recall. Dealer akan menghubungi konsumen dari mobil yang terkena recall," ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, kepadaKompasOtomotif, Selasa (28/10/2014).

Honda saat ini memang sedang diselimuti kasus recall, terkait masalah yang terjadi pada kantong udara yang diproduksi oleh Takata. Indikasi kerusakan terjadi pada pemicu untuk mengaktifkan kantong udara. Ada komponen yang bekerja tidak sesuai sehingga ditakutkan bisa mencederai penumpang saat airbag mengembang.

Jonfis menjelaskan, tidak semua Brio Satya terkena recall. HPM dalam dua hari ke depan akan menginformasikan secara detail mengenai kampanye perbaikan massal tersebut. "Konsumen pengguna Brio Satya tidak perlu panik. Dealer kami akan menghubungi jika mobil Anda harus dicek dan dilakukan perbaikan secara cuma-cuma untuk kasus tersebut. Kampanye ini dilakukan sebagai tanggung jawab kami sebagai produsen," tutup Jonfis.
# via kompas
Read More >>

Smartphone Adalah Alat Sadap Yang Tak Anda Sadari




Dunia Informasi – Saat ini, bisa dibilang bahwa hampir semua manusia sudah beralih dari telepon selular biasa ke “telepon pintar” atau smartphone yang selalu dibawa-bawa kemana pun kita pergi. Smartphone selalu ada di genggaman sang pemiliknya, bahkan hanya sesekali saja ia dimasukkan ke dalam kantong.

Lebih canggihnya lagi, melalui smartphone yang selalu anda bawa, orang lain dapat mengetahui dimana saat ini diri anda sedang berada, bahkan dalam waktu real time.

Masalahnya, orang lain yang tak anda kenal pun kini dapat membuntuti dan memonitor keberadaan anda, ia dapat mendengarkan apapun yang anda bicarakan bahkan yang sangat pribadi, dimanapun anda berada. Sudah tak ada lagi hak privasi untuk anda.

Tak perlu menginstal aplikasi, alat yang ada di dalam smartphone anda ini, awalnya tak digunakan untuk memonitor pembicaraan anda, namun prakteknya komponen itu dapat mengetahui apa yang anda ucapkan. Tak sedikit kasus yang terjadi, bahwa semakin canggihnya teknologi maka selalu ada “sisi lemahnya”.

Nyaris semua smartphone pada masa kini memiliki sensor gerak atau yang biasa disebutgyroscope. Sensor inilah yang memudahkan kita untuk mengubah tampilan layar dari posisi vertikal ke horizontal, atau sebaliknya.



Giroskop (wikipedia)

Namun, tahukah Anda bila sensor gyroscope ini bisa diubah menjadi alat mata-mata?

Gyroscope atau giroskop adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip momentum sudut.

Secara mekanis, giroskop berbentuk seperti sebuah roda berputar atau cakram di mana poros bebas untuk mengambil setiap orientasi.

Meskipun orientasi ini tidak tetap, perubahannya dalam menanggapi torsi eksternal jauh lebih sedikit dan berlangsung dalam arah yang berbeda jika dibandingkan dengan tanpa momentum sudut, yang berkaitan dengan tingginya tingkat putaran dan inersia momen.

Orientasi perangkat tetap sama, terlepas dari gerak platform pemasangan, karena pemasangan perangkat pada sebuah gimbal akan meminimalkan torsi eksternal.

Cara kerja giroskop yang berlandaskan pada prinsip-prinsip operasi lain juga ada, misalnya giroskop MEMS perangkat elektronik yang ditemukan pada perangkat elektronik konsumen, cincin laser, giroskop optik serat, dan giroskop kuantum yang sangat sensitif.

Gyroscope sebagai alat perekam pembicaraan

Peneliti dari Universitas Stanford dan sebuah tim peneliti AS dan Israel telah menemukan potensi penggunaan gyroscope sebagai alat perekam pembicaraan.

Sensor tersebut mampu diubah menjadi sebuah mikrofon tersembunyi yang sulit terdeteksi dan dapat dengan mudah digunakan meski tanpa menginstal aplikasi mata-mata sebelumnya. Sensor jenis ini cukup sensitif dan bisa dipakai untuk menangkap getaran dari suara percakapan meskipun hanya dalam bentuk potongan kata.

Gilanya, tingkat keberhasilan penyadapan suara oleh gyroscope pun diklaim telah mencapai lebih dari 65 persen jika dibanding dengan mikrofon mata-mata asli!


Electronic digital gyroscope (robotshop.com)

Bahkan yang jauh lebih mencengangkan adalah, sensor yang awalnya hanya berguna untuk memudahkan kita mengubah tampilan layar dari posisi vertikal ke horizontal, atau sebaliknya ini, mampu mengidentifikasi jenis kelamin si pembicara dengan prosesntase kesuksesan 84 persen! Wow!

Hasil penelitian lanjutan dari “penemuan kemampuan yang lebih” oleh sensor gyroscopetersebut telah dipresentasikan pada acara konferensi teknologi keamanan, Usenix.

Pihak Universitas Stanford mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan waktu satu tahun lagi untuk menyempurnakan piranti lunak pengenal suara yang digunakan untuk menganalisis hasil sadapan dari sensor gyroscope itu.

Gadget OS Android Lebih Mudah Diretas

Sementara itu, peneliti juga mewanti-wanti Google untuk menanggapi serius penemuan ini. Sebab, sensor gyroscope yang terdapat di gadget Android diketahui lebih mudah diubah menjadi alat sadap ketimbang gadget Apple.

Tak pelak, cara ini diprediksi akan bisa memicu penyalahgunaan di kemudian hari oleh milyaran pemakainya diseluruh pelosok bumi. Mengapa OS Android lebih rentan dibanding operation system (OS) lainnnya???


Bagian dalam giroskop elektronik. Inside electronic gyroscope. (electronicdesign.com)

Hal tersebut tak lepas dari ‘kelonggaran’ OS Android yang memungkinkan sensorgyroscope untuk menangkap getaran pada frekuensi sebesar 200 Hertz (200 kali getaran per detik).

Akibatnya, suara manusia pun lebih mudah tersadap oleh sensor ini karena suara manusia dapat diterima getarannya oleh sensor itu. Suara manusia memiliki frekuensi mulai dari 80 sampai 250 Hz.

Sedangkan sistem operasi lainnya selain Android, iOS misalnya, hanya memperbolehkangyroscope di gadget Apple untuk mendeteksi getaran pada frekuensi 100 Hertz. Alhasil, gadget yang berjalan di operation system atau OS iOS, akan jauh lebih sulit untuk diubah menjadi alat penyadap.

Semua ini mengingatkan kita kembali, bahwa operation system berbasis Android ini adalah OS yang tak memiliki hak paten, artinya OS ini bebas digunakan dan bebas pula untuk dikembangkan oleh siapa saja.

Dalam hal komputer, OS Android ini mirip Linux, sedangkan iOS, Java, Windows Mobile, Symbian dan lain-lain, mirip Windows yang memiliki hak paten yang hanya dapat digunakan oleh pemegang hak paten tersebut, dan tak bisa digunakan oleh umum. Hal ini akan memunculkan pertanyaan dan konspirasi baru.

Apakah kekurangan atau kelemahan ini tak dapat diperbaiki pada gadget untuk generasi OS Android di masa mendatang? Apakah semua ini bisa jadi sudah direncanakan sebelumnya hanya untuk kepentingan bisnis semata? Ataukah sebuah ide dari para pengintai dalam misi besar “Big Brother” untuk memuluskan operasinya?

Mengingat persaingan bisnis komunikasi pada saat ini sangat ketat dalam hal persaingan, maka strategi “perang perusahaan” mulai dimainkan. (sumber: Wired.com)

# via indocropcircles
Read More >>

Peneliti Telah Berhasil Ciptakan Material Kaca Anti Pecah



Dunia Informasi – Kaca anti pecah merupakan sesuatu yang kita inginkan saat ini. Gorilla Glass dari Corning sudah menjadi langkah awal dan semakin baik performanya dari versi ke versi hingga saat ini Gorilla Glass 3. Tapi bukan berarti Gorilla Glass 3 anti pecah.

Peniliti dari University of Akron, AS, mengklaim bahwa mereka berhasil menciptakan kaca yang lebih tangguh, menggunakan elektroda transparan untuk membuat panel yang sulit pecah.

Saat ini kebanyakan layar dilapisi dengan Indium Tin Oxide (ITO), dimana tidak hanya digunakan untuk perangkat mobile tapi juga TV plasma. Masalahnya adalah lapisan ini mahal, tidak banyak pasokan yang ada, dan juga sangat rentan pecah. Jadi dengan ditemukan teknologi ini bisa menjadi jawaban dari ketiga permasalahan tersebut. Terdengar seperti solusi dimasa depan yang sangat mungkin diwujudkan, meskipun masih butuh bertahun-tahun hingga masuk ke proses produksi massal.





# via la-light
Read More >>

Mengapa Bulan Ramadhan setiap tahun maju 11 hari ?



Dunia Informasi – Dalam Alquran, tahun penanggalan yang berhubungan dengan orbit Bulan keliling Bumi dan orbit Bumi keliling Surya dinamakan denganSANAH yang kini disebut tahun Qamariah, sementara yang berhubungan dengan musim dinamakan dengan ‘AAM yang kini disebut tahun Syamsiah atau Solar Year.

Tahun Qamariah atau Lunar Year yang menjadi dasar penanggalan Hijriah adalah tahun yang panjang waktunya tidak pernah berkurang. Ini dapat difahami jika orang sudi memperhatikan sejarah dan keadaannya:

1. Orbit Bumi keliling Surya bukanlah berupa lingkaran bundar karena lingkaran begini akan menggambarkan jarak Bumi dari Surya selalu sama sepanjang tahun, padahal pengukuran dengan sistem parallax menyatakan ada kalanya Bumi sejauh 90 juta mil dari Surya dan ada kalanya sejarak 94 juta mil. Sekiranya orbit bundar itu terlaksana maka Bumi akan kekurangan daya layangnya keliling Surya, dan aktifitas Sunspot di permukaan Surya tetap stabil, bersamaan, padahal perubahan aktifitas itu selalu ada karena ditimbulkan oleh tarikan Surya pada planet-planet yang kadang-kadang mendekat dan kadang-kadang menjauh.

2. Orbit Bumi keliling Surya bukan pula berupa lingkaran elips atau lonjong karena lingkaran begini akan membentuk dua titik perihelion dan dua titik aphelion orbit. Jika ini memang berlaku maka susunan Tatasurya akan kacau balau dengan akibat yang susah diramalkan. Dan dengan pemikiran logis, orbit demikian dapat dikatakan tidak mungkin terjadi dalam tarik-menariknya Surya dengan Bumi, karena setiap kali Bumi berada pada titik perihelion orbitnya, dia harus tertarik untuk membelokkan arah layangnya ke kiri beberapa derajat mendekati Surya yang dikitari.

3. Orbit berbentuk lingkaran OVAL adalah satu-satunya yang dilakukan Bumi, memiliki satu perihelion yaitu titik di mana Bumi paling dekat pada Surya sembari melayang cepat, dan satu titik aphelion yaitu titik terjauh dari Surya waktu mana Bumi melayang lambat. Dengan orbit OVAL begini terwujudlah daya layang berkelanjutan menurut ketentuan ALLAH, begitu pun jarak relatif antara 90 juta mil, dan aktifitas Sunspots yang berubah sepanjang tahun untuk mewujudkan perubahan cuaca di muka Bumi.

Keadaan orbit planet demikian dinyatakan ALLAH dengan istilah SIDRAH pada Ayat 53/14 dan 53/16. Arti Sidrah yaitu TERATAI, bunga mengambang di atas permukaan air sementara uratnya terhunjam di tanah. Di waktu pasang naik, teratai itu ikut naik dan ketika pasang surut dia pun ikut turun. Demikian pula Bumi bergerak keliling Surya dalam orbit Oval yang kemudian dipakai orang pada roda dengan sistem piston untuk penambah daya dorong pada mesin bertenaga besar.

Lingkaran oval berbentuk telur di mana ada bujur besar dengan titik aphelion, dan bujur kecil dengan titik perihelion. Sewaktu Bumi berada pada titik perihelion ini, tarik-menariknya sangat kuat dengan Surya hingga ketika itu gelombang laut tampak lebih besar daripada biasanya, dan mulailah penanggalan Muharram selaku bulan pertama Lunar Year. Karena keadaan Bumi serius sekali, melayang cepat dan paling dekat dari Surya, lalu dinyatakan Muharram selaku bulan terlarang yaitu Syahrul Haraam yang sering pula diartikan dengan “Bulan Mulia.”

Kemudian itu Bumi mulai melayang lambat dan paling lambat sewaktu berada di titik aphelion yaitu bulan betujuh, maka bulan Rajab itu pun dinamakan bulan terlarang karena Bumi ketika itu paling jauh dari Surya dalam keadaan serius. Pada tanggal 27 bulan itu dulunya Muhammad dimi’rajkan ALLAH dari Bumi ke planet Muntaha.

Setelah itu Bumi mulai pula melayang cepat karena ditarik oleh Surya hingga mencapai bulan kesebelas dan lebih cepat pada bulan kedua belas, yaitu bulan Zulkaedah dan Zulhijah, semakin dekat pada Surya, lalu kedua bulan itu juga dinamakan bulan terlarang karena nyatanya Bumi dalam keadaan serius. Pada tanggal 29 Zulhijah, Bumi telah menyelesaikan satu orbitnya 345 derajat Surya, yaitu satu tahun Lunar Year.

Itulah sebabnya kenapa Muharram, Rajab, Zulkaedah, dan Zulhijah dinamakan empat bulan terlarang, pada bulan-bulan itu Bumi sedang mengalami tarikan kuat dari Surya dan juga mengalami tarikan lemah hingga manusia Bumi bagaikan diberi peringatan tentang planet yang didiami terutama mereka yang mengetahui hisaab atau perhitungan nasib diri. Namun keadaannya mengandung ilmu astronomi yang harus dipelajari setiap diri. Dalam pada itu Rabi’ul Awwal waktu mana Muhammad lahir dan meninggal dunia, begitu pun Ramadhan selaku bulan turunnya Alquran, keduanya tidak dinyatakan bulan terlarang, karenanya teranglah Islam tidak mengandung kultus individu. Alquran tidak memberikan data tentang hari kelahiran Ibrahim dan Muhammad walaupun yang pertama dinyatakan IMAM bagi manusia dan pendiri Ka’bah, dan yang keduanya dinyatakan penyampaian Alquran dan Nabi terakhir.

Satu kali orbit Bumi keliling Surya bukan 360 derajat tetapi 345 derajat dilaluinya selama 354 hari 8 jam 48 menit dan 36 detik. Dalam satu bulan Qamariah, Bumi bergerak sejauh 28˚ 45’ atau dalam satu hari sejauh 0derajat 58’ 28’’,4.

Perlu dicatat bahwa Bulan mengorbit keliling Bumi sejauh 331˚ 15’, selama 29 hari 12 jam 44,04 menit. Dia bergerak dalam satu hari sejauh 11˚ 12’. Jadi keliling 360˚ - 331˚ 15’ = 28˚ 45’ kalau dikalikan 12 bulan Qamariah maka satu tahun Islam adalah 354 hari 8 jam 48 menit dan 36 detik atau 345 derajat gerak edar Bumi keliling Surya.

Untuk mengitari Surya 360 derajat keliling, maka Bumi memakai waktu selama 370 hari. Dalam pada itu satu tahun musim pada abad 20 Masehi dijalani Bumi sejauh 355˚ 12’ selama 365 hari 6 jam. Hal ini dapat dibuktikan dengan terlambatnya bintang-bintang di angkasa pada waktu tertentu yang sama setiap tahunnya sejauh 4˚ 48’.

Jadi menurut tahun musim atau Solar Year, maka Bumi bergerak keliling Surya sejauh 355˚ 12’ yaitu 4˚ 48’ sebelum mencapai titik lingkaran penuh, hingga 360˚ - 355˚ 12’ = 4˚ 48’ jika dikalikan dengan 75 tahun musim menjadi 360˚ barulah Bumi berada pada posisi pertama selaku awal tahunnya. Ketika itu bintang-bintang di angkasa mungkin berada kembali pada posisi tertentu pada waktu bersamaan dengan 75 tahun yang lampau, karena Bumi sendiri bukan berada pada titik perihelion orbit semula.

Namun jika dihitung menurut tahun Hijrah atau Lunar Year, ternyata Bumi memulai orbitnya dari titik perihelion pada tanggal 1 Muharram, lalu bergerak 345 derajat keliling Surya yaitu 15˚ sebelum mencapai titik lingkaran 360 penuh. Setelah 24 tahun kemudiannya, Bumi berada kembali pada posisi bermula, yaitu 360˚ - 345˚ sama dengan 15˚ x 24 tahun = 360˚. Waktu itu setiap bintang di angkasa berada kembali pada posisi tertentu bersamaan dengan posisinya pada waktu tertentu 24 tahun yang lampau, dan Bumi juga berada kembali pada titik perihelion orbitnya bermula.
# via viva forum
Read More >>

Minggu, 26 Oktober 2014

Penyebab Air Laut Rasanya Asin.



Dunia Informasi – Pernahkah kamu pergi ke laut, bermain pasir, bermain ombak, dan merasakan asinnya air laut? Jika pernah, maka kamu pasti bertanya mengapa sih air laut rasanya asin. Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bahwa bumi memiliki kandungan garam mineral yang terdapat di dalam tanah dan bebatuan.

Garam tersebut kemudian mengalir ke laut bersamaan dengan aliran air yang berasal dari sungai. Semakin lama, garam yang terkandung di dalam air tersebut mengendap di lautan dan samudera. Selain itu, penguapan air laut yang terjadi juga mengakibatkan kandungan garam di laut atau samudera tidak ikut menguap sehingga air laut rasanya menjadi asin.

Sementara itu, kandungan garam dalam air sungai tidak terlalu banyak sehingga kamu masih bisa merasakan air sungai yang tawar. Berbeda dengan air laut yang memiliki kandungan garam yang sudah menumpuk.

Panasnya wilayah pantai dan laut juga merupakan penyebab mengapa air laut rasanya asin. Dengan air laut yang asin itulah maka kita bisa memperoleh garam yang biasa digunakan ibu untuk memasak. Sekarang sudah tahu kan mengapa air laut rasanya asin?

sumber
Read More >>

Sabtu, 25 Oktober 2014

Material Langka dan Super Mahal

Dunia Informasi – Pernahkah Anda melihat film fiksi ilmiah yang menampilkan penyelundupan benda-benda atau mineral-mineral berbahaya seperti nuklir? Ya, bumi kita sejatinya menyimpan berbagai benda yang sangat berguna, langka, sekaligus berbahaya.

Untuk mendapatkan benda-benda tersebut tak jarang seseorang harus mengeluarkan uang yang sangat banyak hanya untuk mendapatkannya dalam jumlah sedikit.

Salah satunya adalah Plutonium, zat radioaktif yang sering digunakan sebagai sumber reaksi kimia Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tersebut dihargai hingga USD 4000 atau sekitar Rp 46,7 juta per gram-nya!

Padahal, Plutonium merupakan zat berbahaya, mudah terbakar, sekaligus sangat mematikan meski hanya terkena paparannya. Namun, di luar sana ternyata banyak terdapat benda-benda langka lain yang dihargai lebih mahal dari Plutonium. Berikut ini adalah benda-benda tersebut, beserta penjelasan dan harganya.

1. Batu Taaffeite



Batu Taaffeite masih tergolong batuan mulia yang memiliki warna menarik, yakni ungu dan merah. Batu mulia ini pertama kali ditemukan pada tahun 1945 oleh Count Edward Taaffe, yang namanya dijadikan nama batu tersebut.

Keunikan dari batu ini terdapat di kemampuannya untuk membiaskan cahaya menuju dua arah. Batu Taaffeite pun dinobatkan sebagai satu-satunya batu mulia di dunia yang ditemukan dalam bentuk segi tertentu, terlihat seperti sudah terpotong, namun beberapa ditemukan dalam bentuk mirip batu kali.

Sampai saat ini, Srilanka dinyatakan sebagai penghasil utama batu Taaffeite meskipun Tanzania di Afrika juga sudah berhasil menambang batuan ini.

Keunikan lain dari Taaffeite adalah bahan penyusunnya yang terdiri dari Magnesium, Beryllium, dan Aluminium. Taaffeite juga diketahui sebagai batu mulia pertama yang sebagian besar tersusun dari Magnesium dan Beryllium.

Fungsi utama dari batu Taaffeite sementara ini adalah perhiasan dan memiliki tingkat kekerasan di bawah batu Topaz. Akibat kelangkaannya dan keunikannya, harga batu Taaffeite per gram mencapai US$ 20.000 atau Rp 234 juta.

2. Tritium


Tritium (disebut juga Hidrogen-3 , simbol ditulis T atau 3H) adalah salah satu isotop radioaktif dari hidrogen dan merupakan salah satu daripada tiga bentuk isotop hidrogen yang terdiri daripada protium, deuterium, dan tritium. Tritium mengandungi 2 neutron.

Kebocoran reaktor nuklir di Fukushima di Jepang saat tsunami terjadi pada tahun 2011 silam, telah membuat reaktor mengalami kebocoran dan melepaskan Tritium dalam jumlah yang besar ke alam bebas. Kontaminasi Tritium terhadap air dan tanah sendiri bisa mengancam kesehatan warga di sekitar reaktor tersebut.

Lalu apa sebenarnya Tritium itu? Pada dasarnya, Tritium adalah senyawa Hidrogen yang telah berubah menjadi zat radioaktif secara alami akibat radiasi matahari, sehingga sangat jarang ditemukan di alam.

Radiasi Tritium sejatinya tidak bisa menembus kulit manusia, sehingga tidak terlalu berbahaya saat mengalami kontak dengan tubuh. Tetapi, menghirup atau menelan Tritium akan langsung meradiasi dan meracuni tubuh cukup parah.

Uniknya, zat berbahaya ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu ‘abadi’. Tritium bisa memancarkan cahaya akibat reaksi kimia ketika dicampur dengan zat lain.

Reaksi kimia yang menyebabkan munculnya cahaya itu dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama dan tidak memerlukan sumber energi tambahan lain seperti baterai. Tritium juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi utama PLTN dan generator berbasis neuron.

Kini, peneliti telah berhasil membuat Tritium lewat reaksi nuklir. Tritium yang buatan manusia saja bisa dibanderol dengan harga US$ 30.000 atau Rp 350 juta tiap gram-nya.

3. Berlian


Batuan mulia yang satu ini pastinya dikenal oleh seluruh masyarakat dunia. Tidak hanya dikagumi atas keindahannya, berlian pun tergolong sebagai salah satu benda terkuat dan terkeras di dunia.

Proses penambangan berlian sejak dulu dikenal ‘brutal’ dan banyak membawa korban jiwa, terutama di daerah-daerah Afrika dimana banyak ditemukan berlian kualitas terbaik.

Berlian atau diamonds merupakan mineral berbahan dasar karbon, mirip dengan arang yang bisa kita temukan di sisa pembakaran tanaman sehari-hari. Bedanya, berlian memiliki susunan atom karbon yang lebih rapi dan padat ketimbang arang.

Alhasil, berlian yang super keras sering digunakan sebagai pisau untuk memotong logam dan benda keras lainnya. Proses cutting berlian yang sangat rumit dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi akhirnya berdampak pada harganya yang bisa menembus USD 55.000 (Rp 642 juta) per gram.

4. Californium-252


Californium-252 dengan simbol Cf, adalah salah satu zat radioaktif yang sering digunakan untuk menghasilkan radiasi gamma. Dalam bidang militer, Californimum-252 biasanya dimanfaatkan untuk alat pendeteksi bahan peledak, ranjau, hingga peluru meriam yang belum sempat meledak.

Kegunaan lain dari radiasi gamma Californium-252 adalah sebagai reaktor nuklir. Beberapa data menunjukkan Californium-252 bisa digunakan untuk pengobatan kemoterapi pasien kanker. Namun, perlu diketahui bahwa paparan radiasi Californium-252 secara intens dapat menyebabkan kemandulan.

Meskipun dianggap sebagai zat radioaktif yang efisien dan murah, harga yang dibanderolkan untuk satu gram Californium-252 mencapai USD 27 juta atau Rp 315 miliar lebih! Californium-252 juga diketahui pertama kali dibuat oleh Stanley G. Thompson, Kenneth Street, Jr., Albert Ghiorso, dan Glenn T. Seaborg pada tahun 1950.

5. Anti-Materi


Rekor benda termahal di dunia saat ini masih dipegang oleh Anti-Materi. Anti-materi atau Antimatter, adalah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa. Bila sebuah partikel dan antipartikelnya menyentuh satu sama lain, keduanya saling memusnahkan, artinya keduanya diubah menjadi partikel-partikel lain dengan energi yang sama menurut persamaan Einstein, E=mc².

Antimateri tidak ditemukan secara alami di Bumi, kecuali hanya dalam waktu sangat singkat dan dalam jumlah sangat sedikit karena peluruhan radioaktif atau sinar kosmik.

Zat super langka ini hanya bisa dibuat di Bumi secara buatan, dengan cara menembakkan partikel ke sebuah logam dalam lorong yang panjangnya bisa bermil-mil. Sayangnya, anti-materi bisa dengan mudah lenyap hanya beberapa menit setelah diciptakan.

Tetapi, hal tersebut tidak mampu menurunkan harga dari anti-materi. Bila benar-benar dijual, harga dari satu gram anti-materi bisa mencapai USD 6,25 triliun, setara dengan Rp 72.000 triliun. Angka yang fantastis tersebut dilatar belakangi posisinya sebagai bahan bakar terkuat di dunia.

Tubrukan partikel anti-materi dan partikel biasa dipercaya menghasilkan 100 persen energi murni dengan kekuatan melebihi bom nuklir. Satu gram anti-materi sanggup menghasilkan ledakan setara dengan bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, saat Perang Dunia ke-2.

Sumber
Read More >>

Kamis, 23 Oktober 2014

Pertumbuhan Trafik Internet Indonesia Tercepat ke-2 di Dunia


Dunia Informasi – Menurut Cisco Visual Networking Index, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan lalu lintas IP tercepat kedua di dunia. Artinya, jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah dengan pesat.

Cisco Visual Networking Index juga memperkirakan bahwa akan ada 164 juta pengguna internet, dan 530,6 juta perangkat yang terhubung jaringan pada tahun 2018 di Indonesia.

Sedangkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), menyebutkan hingga 2013 terdapat 71,19 juta pengguna internet di Indonesia. Dengan penetrasi 28 persen. Artinya, bakal terjadi pertumbuhan luar biasa dalam kurun lima tahun sejak 2013.

Menurut pihak Cisco, dengan pertumbuhan cepat itu, Indonesia juga merupakan salah salah satu negara yang telah memasuki era Internet of Everything.

“Kita sudah berada pada awal era Internet of Everything. IoE tidak lagi menjadi istilah untuk tren masa depan, tetapi merupakan sebuah tantangan bagaimana kita akan membentuk transformasi di Indonesia melalui IoE," kata Ichwan F. Agus, Telco Sales Director untuk Cisco Systems Indonesia, dalam keterangan resminya, Minggu (31/8/2014).

Menurut pihak Cisco, dalam 25 tahun ke depan, IoE akan berkontribusi dalam peningkatan peluang ekonomi. Cisco pun memperkirakan bahwa Internet of Everything membawa kesempatan global senilai USD 19 triliun dalam dekade berikutnya.


sumber kompas.com
Read More >>