Senin, 05 Agustus 2013

Home » , » Review Lenovo P770: Android Dual-Core dengan Baterai Super Besar

Review Lenovo P770: Android Dual-Core dengan Baterai Super Besar


Saat ini smartphone sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan masyarakat seperti terjadi di Indonesia. Smartphone tidak hanya diandalkan sebagai perangkat telekomunikasi tetapi juga sebagai media hiburan maupun media untuk melakukan sosialisasi di dunia maya. Untuk menunjang kegiatan tersebut, tentu saja dibutuhkan smartphone yang tidak hanya menawarkan performa tinggi tetapi juga daya tahan baterai lama.
lenovo p770 phone
Baru-baru ini kami kedatangan sebuah smartphone Android bernama Lenovo P770. Salah satu daya tarik dari smartphone ini adalah selain menawarkan performa tinggi juga menawarkan baterai dengan kapasitas super besar. Dengan kapasitas baterai sebesar 3500 mAh, Lenovo P770 memang dipersiapkan untuk selalu siap menunjang kegiatan Anda di luar ruangan.
Bodi luar Lenovo P770 menggunakan bahan plastik mengilap berwarna biru tua. Bahan plastik ini memang memberikan kesan elegan sekaligus mewah pada smartphone harga 2 jutaan rupiah ini. Akan tetapi seperti halnya Lenovo S560, sebaiknya segera memasangkan cover luar agar permukaan mengilap tersebut tidak berakhir dengan penuh goresan.
Tampaknya sudah menjadi tradisi dimana Lenovo menggunakan SoC buatan MediaTek. Lenovo P770 dilengkapi SoC MTK6577. SoC ini terdiri dari prosesor dual-core Cortex-A9 dengan clock speed 1,2 GHz dan GPU PowerVR SGX531. Untuk menunjang performa SoC tersebut, Lenovo P770 telah dilengkapi RAM sebesar 1GB. Pilihan untuk menggunakan RAM 1GB tergolong langkah tepat mengingat semakin rakusnya kebutuhan RAM pada aplikasi Android keluaran terbaru. Sementara itu untuk kapasitas internal storage Lenovo menyediakan kapasitas total sebesar 4 GB. Tersedia sebuah slot microSD untuk menambah kapasitas storage hingga sebesar 32 GB.

Paket Penjualan

lenovo p770 front box
Di dalam kemasan produk di atas disertakan unit smartphone bersama paket penjualan sebagai berikut:
lenovo p770 manual
Buku manual
lenovo p770 usb cable
Kabel USB to micro-B USB


lenovo p770 usb charger

Sistem Operasi: Android Jelly Bean 4.1.1

lenovo p770 35
Lenovo P770 telah dilengkapi sistem operasi generasi terbaru dari Google yaitu Jelly Bean dengan versi 4.1.1. Sebagai smartphone terbaru dari Lenovo kami memang tidak mengharapkan melihat Ice Cream Sandwich di smartphone ini. Untuk saat ini belum diketahui apakah Lenovo P770 akan mendapatkan update sistem operasi ke Jelly Bean versi 4.2 ataupun versi 4.3
lenovo p770 07
lenovo p770 08
lenovo p770 09
Lenovo P770 pada kondisi default memiliki 3 buah homescreen dengan homescreen utama berada di nomor 1. Lenovo melengkapi homescreen dengan widget khas mereka seperti Lenovo Lotus, Google Search, Facebook, Kingsoft Office, Lenovo Note, dan Lenovo Power. Untuk masuk ke dalam App Drawer, tekanlah soft button yaitu icon di tengah pada deretan 5 buah icon di sisi bawah layar.




lenovo p770 10

lenovo p770 11



lenovo p770 12

App Drawer Lenovo terdiri dari 3 buah tab yaitu Apps, Recent, dan Running. Tab Apps berisikan program yang telah di install pada smartphone ini. Sedangkan tab Recent berisi daftar aplikasi yang telah dijalankan. Sementara itu untuk tab Running berisikan daftar aplikasi yang sedang berjalan dan sebuah tombol untuk membersihkan RAM dari aplikasi yang sedang berjalan.

Layar: Capacitive 4,5 inci

lenovo p770 33

Lenovo P770 menggunakan layar LCD IPS berukuran 4,5 inci. Layar ini memiliki resolusi gambar sebesar 540 x 960 piksel. Walaupun tidak dilengkapi dengan teknologi anti-gores, layar ini hampir tidak meninggalkan goresan meskipun telah kami gunakan secara intensif. Ada baiknya segera memasangkan screen protector saat Anda pertama kali membeli smartphone ini. Seperti smartphone Lenovo lainnya, layar Lenovo P770 tergolong responsif saat kami gunakan baik saat melakukan navigasi menu maupun menjalankan game yang membutuhkan respon cepat sentuhan pada layar.

Dua Kamera: 5 Megapiksel + 0,3 Megapiksel

Lenovo P770 dilengkapi kamera belakang dengan ukuran sensor 5 Megapiksel (2592 х 1944 piksel). Terdapat pula kamera depan dengan ukuran sensor 0,3 Megapiksel (640 x 480 piksel). Berikut ini adalah hasil jepretan kamera depan dan belakang Lenovo P770.
lenovo p770 01
Kamera belakang telah dilengkapi lampu flash LED

Hasil kamera belakang di dalam ruangan
Hasil kamera belakang di dalam ruangan

Hasil kamera belakang di luar ruangan
Hasil kamera belakang di luar ruangan

lenovo p770 front camera

lenovo p770 indoor front camera
Hasil kamera depan di dalam ruangan

lenovo p770 outdoor front camera
Hasil kamera depan di luar ruangan
Untuk mengabadikan momen berharga Anda, kamera belakang Lenovo P770 tampaknya lebih dapat diandalkan dibandingkan kamera depan.

Kemampuan Multimedia

lenovo p770 15

Lenovo P770 tidak lupa dilengkapi feature multimedia lengkap. Smartphone ini siap menjalankan berbagai file audio maupun video dengan format mengikuti dukungan standar dari Android seperti MP3, MP4, FLAC, Ogg, 3GP, MP4, MKV, AVI, MOV, XVID, dan WEBM. Lenovo P770 juga dilengkapi aplikasi FM Radio dimana aplikasi ini tetap dapat bekerja menayangkan siaran radio meskipun perangkat earphone/headphone tidak dipasang.

Slot Ekspansi dan Tombol

Berikut ini adalah tombol dan slot ekspansi yang dimiliki oleh Lenovo P770.
lenovo p770 top-side phone
Pada sisi atas terdapat audio jack 3,5mm, port micro USB, dan tombol power. Port micro USB pada smartphone ini telah mendukung feature USB OTG sehingga Anda dapat menggunakan perangkat USB seperti flash drive.
lenovo p770 right-side phone
Pada sisi kanan kami menemukan sebuah tombol volume up/down.
lenovo p770 speaker
Lenovo P770 dilengkapi satu buah speaker pada sisi belakang kanan bawah.
lenovo p770 inside battery cover

Di balik tutup baterai dapat ditemukan slot microSD berserta 2 buah slot SIM card. Lenovo P770 mendukung feature dual-SIM dimana SIM pertama mendukung konektivitas 3G sedangkan SIM kedua hanya mendukung konektivitas 2G. Dua SIM tersebut dapat hidup dan berfungsi secara bersamaan tetapi untuk konektivitas jaringan hanya dapat dipilih antara menggunakan SIM pertama atau SIM kedua.

Aplikasi Bawaan Lenovo P770

Berikut ini adalah aplikasi bawaan yang Anda dapatkan saat pertama kali menggunakan Lenovo P770. Gunakan Google Play untuk menambahkan aplikasi kesukaan Anda.

lenovo p770 31
SugarSync
lenovo p770 32
Internet browser
lenovo p770 30
Skype
lenovo p770 29
Personal Hotspot
lenovo p770 28
Novice Tutorial
lenovo p770 27
LeCalender
lenovo p770 26
Kingsoft Office
lenovo p770 25
Hand light
lenovo p770 24
Facebook
lenovo p770 23
Chrome
lenovo p770 22
CamScanner
lenovo p770 19
AccuWeather
lenovo p770 18
Lenovo Note
lenovo p770 17
Calculator
lenovo p770 16
Sound Recorder
lenovo p770 14
Lenovo Power
lenovo p770 13
File Manager

Daya Tahan Baterai

lenovo p770 battery
Kami melakukan total 2 kali pengujian terhadap daya tahan baterai Lenovo P770. Hasilnya adalah smartphone ini dapat memutar file video dengan format MP4 secara terus-menerus selama 15 jam 48 menit dengan menggunakan setting automatic brightness. Hasil seperti ini didapatkan dengan menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar 3500 mAh.

lenovo p770 14

Lenovo P770 dilengkapi aplikasi pengelolaan daya bernama Lenovo Power. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi penggunaan daya tetapi juga dapat mengatur penggunaan daya berdasarkan profile tertentu.

Benchmark

Kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark dan sebuah benchmark untuk browser. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui seberapa baik hardware yang dimiliki sebuah smartphone atau tablet. Walaupun begitu, hasil benchmark belum tentu menandakan kencang atau tidaknya performa keseluruhan. Hal tersebut bergantung kepada tingkat optimalisasi produsen dari segi software terhadap hardware-nya. Saat tablet atau smartphone dioptimalisasi dengan benar, seharusnya kinerja berbanding lurus dengan hasil benchmark tersebut.

Aplikasi benchmark yang kami gunakan dapat diunduh secara gratis. Di pengujian kali ini dan seterusnya, kami akan menggunakan aplikasi benchmark yang dapat dipakai semua orang. Untuk Benchmark suite, kami menggunakan AnTuTu Benchmark serta Quadrant Standard 2.0 yang juga dapat diunduh secara gratis di Google Play. Sebagai pembanding, kami menghadirkan Smartphone dengan chipset NVIDIA Tegra 2, Samsung Exynos, dan NovaThor U8500.

Catatan Penting:
Patut diperhatikan bahwa pada sebagian besar smartphone dan tablet, performa dalam ukuran fps (frame per second) akan tertahan pada kisaran 55-60an fps. Hal ini bisa disebabkan karena ada Vsync pada 60 Hz yang menjaga agar tampilan tidak menjadi rusak akibat efek tearing.

GLBenchmark 2.7



lenovo p770 glbench

Kami menggunakan aplikasi GLBenchmark 2.7. GLBenchmark merupakan sebuah aplikasi benchmarking GPU untuk menguji kinerja OpenGL ES 1.0 dan 2.0 untuk Android dan iPhone. Semakin tinggi hasil yang didapat, semakin baik sebuah GPU dalam menangani OpenGL ES yang banyak dipakai untuk game di platform Android.

Nenamark 1 dan 2







lenovo p770 nena

Nenamark pertama dan kedua merupakan salah satu benchmark yang menguji kinerja OpenGL ES 2.0 sebuah smartphone. Perbedaan kedua benchmark tersebut terdapat pada jumlah penggambaran segitiga, di mana pada Nenamark 2 lebih banyak sehingga hasilnya lebih berat. Engine Nenamark ini juga dipakai pada game buatan mereka sendiri yang bertemakan Pinball.

LinPack Benchmark



lenovo p770 linpack

LinPack merupakan benchmark untuk mengukur kinerja sebuah perangkat dalam menghitung floating point. Hasilnya dalam bentuk nilai operasi floating point per detik atau MFLOPS (Million Floating Point Per Second). Semakin tinggi nilainya, semakin baik. Kami cukup terkejut dengan hasil seperti ini.

Quadrant Standard



lenovo p770 quadrant total

lenovo p770 quadrant detail

Aplikasi gratis yang satu ini menghitung nilai dari CPU, I/O, dan GPU dengan menggunakan enginesoftware tersendiri. Semakin tinggi nilainya, semakin baik. Di versi standar yang dapat dipakai oleh semua orang ini, perolehan yang didapat hanyalah nilai totalnya. Versi yang digunakan pada artikelkali ini adalah Quadrant Standard versi 2.0 yang memiliki hasil berbeda dengan versi sebelumnya, akan tetapi menampilkan hasil lengkap tanpa harus membeli versi berbayarnya.

Benchmark Pi



lenovo p770 bench_pi

Benchmark Pi bertujuan untuk mengetahui seberapa baik sebuah prosesor menghitung kalkulasi Pi. Hasilnya dalam bentuk milidetik, yang berarti semakin kecil hasilnya, akan semakin baik.

PeaceKeeper



lenovo p770 peacekeeper

Peacekeeper merupakan sebuah benchmark gratis yang disediakan oleh Futuremark. Pengujian yang dilakukan sebagian besar adalah untuk menguji sistem dalam bernavigasi, terutama dalam akses HTML5.

AnTuTu Benchmark



lenovo p770 antutu

AnTuTu Benchmark merupakan sebuah benchmark suite yang menguji RAM, CPU, GPU, dan Storage yang ada, termasuk SD Card bawaan. Perhitungan total nilainya cukup mudah, yaitu dengan menjumlahkan nilai perolehan dari tiap detail. Karena tidak semua smartphone Android memberikan SD Card sebagai bonus perlengkapan, kami menghadirkan dua nilai akhir yang dapat Anda jadikan patokan.

Kesimpulan

lenovo p770 phone

Lenovo P770, siapa menyangka smartphone Android kelas mainstream ini menyimpan keistimewaan di dalamnya. Seperti smartphone Lenovo seri P lainnya, Lenovo P770 menawarkan keunggulan di sisi kapasitas baterai. Lenovo P770 dilengkapi baterai berkapasitas 3500 mAh, kapasitas batearai sebesar ini memang tergolong sangat besar terutama untuk sebuah smartphone. Dengan kapasitas sebesar ini tidak aneh jika smartphone ini mampu melewati pegujian daya tahan baterai kami dengan hasil sangat memuaskan.
Tidak hanya hadir dengan baterai berkapasitas besar, Lenovo P770 juga hadir dengan SoC MediaTek MT6577 yang dikombinasikan dengan RAM 1GB. Kombinasi hardware tersebut yang berjalan pada sistem operasi Android Jelly Bean ternyata mampu menghasilkan performa tinggi untuk smartphone di kelasnya. Terlebih dengan RAM 1GB membuat smartphone ini siap untuk menangani berbagai aplikasi keluaran terbaru yang rakus kebutuhan memori.

Lenovo P770 tidak ketinggalan menghadirkan sejumlah feature unggulan yang menarik. Beberapa di antaranya seperti dual-SIM, layar IPS resolusi tinggi, FM Radio tanpa headset/ear/headphone, kamera belakang dengan lampu flash LED, USB OTG, dan masih banyak lagi.

Lenovo P770 dijual pada kisaran harga 2,5 juta rupiah. Di kelas harga tersebut memang Lenovo P770 akan bersaing ketat dalam urusan performa dengan smartphone lain yang menggunakan konfigurasi hardware mirip. Akan tetapi, tidak banyak smartphone pada kisaran harga tersebut mampu menawarkan daya tahan baterai seperti yang dimiliki Lenovo P770. Jika Anda sedang mencari sebuah smartphone Android yang tidak hanya menawarkan performa kencang tetapi juga daya tahan baterai lama, Lenovo P770 merupakan salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan.

Kelebihan:

+ Performa tinggi di kelasnya
+ Daya tahan baterai lama dengan kapasitas 3500 mAh
+ Responsif
+ FM Radio aktif tanpa menggunakan headset atau head/earphone
+ Lampu flash LED

Kekurangan:

- Permukaan bodi mengilap mudah meninggalkan goresan

Data Teknis

Prosesor MediaTek MT6577 with Dual Cortex-A9 & PowerVR SGX531 GPU
Format Video H.264, MPEG4, WMV, AVI, 3GP, MKV
Format Audio MP3, MP4, WMA, AAC, AAC+, WAV, MIDI, OGG, FLAC
Format  Gambar JPG, BMP, PNG
Layar Capacitive IPS 4,5 inci @540 x 960 pixel
Kamera Utama / Depan 5 MP AutoFocus / 0,3 MP
Interface MicroUSB OTG, microSD
Koneksi nirkabel Wi-Fi (802.11 a/b/g/n), Bluetooth 4.0
Dimensi dan Bobot 133 x 67 x 11.9 mm / 160 gram
Daya Tahan Baterai 948 Menit
Produsen Lenovo
Website
Harga Rp. 2.499.000
 Sumber : www.jagatreview.com

2 komentar:

  1. ini harganya sama kaya lenovo a706 ya gan, tapi lenovo a7-6 itu quadcore, hehe.. salam kenal gan.
    thank you :)

    BalasHapus