Minggu, 18 Agustus 2013

Home » , » Jangan Anggap Sepele, Kaki Basah Saat Pakai Sepatu Bikin Penyakit

Jangan Anggap Sepele, Kaki Basah Saat Pakai Sepatu Bikin Penyakit

 
ilustrasi (Foto: Getty Images)

Jakarta, Masalah kaki basah karena berkeringat di dalam sepatu mungkin sering dialami banyak orang. Namun sebaiknya masalah ini tidak dibiarkan begitu saja. Sebab kaki yang basah di dalam sepatu bisa memicu penyakit.

"Selain lembab dan bau, kaki yang berkeringat juga bisa mengakibatkan dermatitis," kata dr Michael Triangto, SpKO dari RS Mitra Kemayoran dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (14/8/2013).

Dermatitis atau eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit, sehingga bisa hingga pecah dan mengeluarkan cairan. Nah, agar kaki tidak basah karena keringatan, sebaiknya kaus kaki diganti saat produksi keringat di kaki banyak.

"Selain itu pakai sepatu yang ada lapisannya supaya keringat bisa terserap," sambung dr Michael.

Sementara itu menurut dr Haidir Suleiman, MM, SpRM dari Departemen Rehabilitasi Medik RS Puri Indah mengimbau agar tidak memakai sepatu dari bahan plastik. Sebab plastik tidak memiliki kemampuan menyerap keringat, sehingga bisa menyebabkan bau dan jamur.

"Untuk hindari kaki berkeringat yaitu pakai kaus kaki dan diganti setiap hari atau dua kali sehari juga nggak masalah,"ucap dr Haidir.

Nah, saat pakai kaus kaki pastikan yang berbahan katun supaya mudah menyerap keringat. Stocking pun menurut dr Haidir tidak masalah untuk digunakan.

"Kalau stocking asal tetap menyerap keringat dipakai juga tidak apa-apa," imbuhnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar