Rabu, 14 Agustus 2013

Home » , » Kalahkan Filipina, Jacksen Raih Kemenangan Pertama

Kalahkan Filipina, Jacksen Raih Kemenangan Pertama


(Foto : istimewa)

INILAH.COM, Solo - Jacksen F. Tiago meraih kemenangan perdananya bersama Timnas Indonesia. Pasukan Merah Putih dibawanya mengalahkan Filipina dua gol tanpa balas.

Timnas Indonesia menggelar laga ujicoba melawan Timnas Filipina di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/8/2013) malam WIB. Laga ini adalah salah satu bagian dari persiapan Timnas melawan Cina di Kualifikasi Piala Asia 2014 Oktober nanti.

Timnas unggul satu gol di abbak pertama melalui gol perdana Greg Nwokolo di menit ke-30, yang tercipta berkat aksi gemilang Stefano Lilipaly. Indonesia menambah gol di menit ke-66 melalui tandukan Muhammad Roby dalam situasi sepak pojok.

Pelatih Timnas, Jacksen F. Tiago, menurunkan formasi 4-4-2 pada laga ini. Duet Boaz Solossa dan Greg Nwokolo menjadi andalan di lini tengah. Sementara di tengah, Jacksen mengandalkan Stefano Lilipaly dalam membangun serangan.

Skema yang sama, 4-4-2, juga digunakan Filipina di laga ini. Duet Phil Younghusband dan Mark Hartman menjadi andalan pelatih Michael Weiss di lini serang.

Jalannya Pertandingan

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia tampil dominan di sepanjang babak pertama. Lilipaly tampil gemilang dengan menjadi otak bangunan serangan Timnas pada paruh pertama.

Meski demikian, pemain naturalisasi asal Belanda itu masih terlihat kikuk dan masih awam dengan pergerakan rekan-rekannya di lini tengah. Sehingga, tak jarang Lilipaly cenderung egois dengan melepaskan tembakan jarak jauh.

Peluang pertama Timnas di pertandingan ini lahir pada menit kedelapan. Lilipaly melepaskan tembakan jarak jauh yang masih tinggi di atas mistar gawang Filipina. Tiga menit berselang, Lilipaly kembali melepas tembakan serupa. Namun, kali ini tembakannya terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap kiper Edward Sacapano.

Kebuntuan Timnas pecah di menit ke-30. Lilipaly menjadi otak terciptanya gol Garuda yang dicetak Greg Nwokolo. Lilipaly memutar dan melepas umpan silang datar. Dengan mudah, Nwokolo mencocor bola di depan gawang. Skor 1-0 bagi keunggulan Timnas bertahan hingga babak pertama usai.

Dominasi serangan tetap dipegang Indonesia pada babak kedua. Serangan Pasukan Garuda masih bertumpa pada umpan-umpan matang dari kaki Lilipaly.

Menit ke-52, Boaz Solossa masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan datar. Namun, masih membentur kaki bek Filipina dan membuat arah bola melambung di atas mistar.

Tim Merah Putih nyaris menambah gol di menit ke-57. Greg masuk kotak penalti degan melewati tiga pemain bertahan Filipina. Tetapi, tembakan datarnya ke arah kanan gawang masih melenceng tipis.

Gol kedua Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-66. Diawali sepak pojok Ahmad Bustomi, Tibo melepaskan umpan kepala dan dismabut tandukan Muhammad Roby di muka gawang. 2-0 Timnas unggul.

Filipina hanya sesekali mengancam gawang Indonesia melalui serangan balik. Peluang terbaik mereka di babak ini tercipta di menit ke-80 ketika Phil Younghusband sukses memenangkan adu lari melawan Victor Igbonefo. Namun, tembakannya melebar tipis di sisi kanan gawang.

Tiga menit jelang pertandingan usai, Patrich Wanggai nyaris menghadirkan gol ketiga bagi Timnas. Menerima umpan datar Andik, tembakannya di muka gawang gagal menemui sasaran. Di masa perpanjangan waktu, Patrich kembali mengancam gawang Filipina. Tetapi, tembakan jarak jauhnya hanya membentur tiang gawang. Hingga laga usai keunggulan Timnas tetap tak berubah.

Susunan Pemain
Indonesia: I Made Wirawan; M. Roby, Victor Igbonefo, Ruben Sanadi, Hasyim Kipuw (Yustinus Pae 90'); Ahmad Bustomi (Vendri Mofu 90'), M. Taufiq (Andik Vermansyah 79'), Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly (Nur Cahyo 76'); Greg Nwokolo (Titus Bonai 66'), Boaz Solossa (Patrich Wanggai 75'), Pelatih: Jacksen F. Tiago

Filipina: Edward Sacapano; Robert Gier, Murga Der, Jeffrey Christiaens, James Younghusband, Cristopher Greatwich, Paul Mulders, Emelio Caligdong, Angel Guirado, Mark Hartman, Phil Younghusband. Pelatih: Michael Weiss

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar