Senin, 26 Agustus 2013

Home » » Ospek, Antara Tradisi dan Manfaat, Antara Indonesia dan Luar Negeri

Ospek, Antara Tradisi dan Manfaat, Antara Indonesia dan Luar Negeri

Ospek. Kalau ditanyakan mengenai ospek atau yang dikenal juga dengans sebutan masa oriestasi siswa/ mahasiswa baru, yang terbayang adalah beragam kreatifitas yang 'menjijikkan'. Kreatifitas yang azas manfaatnya masih dipertanyakan, namun azas merepotkan dan rebyek dan memalukan sudah merupakan keniscayaan.

Ospek sebenarnya adalah sebuah masa orientasi, masa pengenalan. Pengenalan seseorang di lingkungan yang relatif baru. Seseorang yang masih bingung kanan dan kiri. Kalau istilah orang jawa, kobeng. Seseorang yang butuh orang lain yang telah lebih dulu paham dan mengerti dunia baru yang akan dia masuki itu seperti apa.

Fun and learning. Ospek seharusnya seperti itu. Tapi di Indonesia???

Berikut ini gambar-gambar dan foto perbedaan antara ospek di Indonesia dan di luar negeri. Dari foto-foto ini, silahkan simpulkan sendiri.

Ospek di Luar Negeri







Ospek di Indonesia











Komentar dari yang pernah kuliah di LN

Betul gan , ane alhamdulilah dapet kesempatan kuliah diluar negri ... beda gan orientasinya ... ane kira ane disini tuh bakal dikerjain juga kyk di indo ... eh disini malah dikasih tau kampusnya itu gimana , nanti kira2 lingkungan tempat tinggal gimana , makanan lokal disana apa aja dll. kebanyakan ya , di indo orientasi tuh jadi ajang bales dendam ke junior. pernah ane tanya adek kelas ane maksudnya dikasih pita, pake apalah dkk itu apa ? ada maksudnya enggak ? dia bilang seru2an aja . melakukan sesuatu itu mesti ada manfaatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar