Minggu, 18 Agustus 2013

Home » , , » 6 penyebab sakit kepala yang bukan berasal dari penyakit

6 penyebab sakit kepala yang bukan berasal dari penyakit




Sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh hadirnya suatu penyakit dalam tubuh. Sebab, sakit kepala pun bisa datang dari cara yang salah dalam melakukan aktivitas. Dikutip dari Health, berikut ini penyebab sakit kepala yang bukan berasal dari penyakit:
  1. Menerima telepon. Perangkat ini bisa menyebabkan sakit kepala saat Anda menggunakannya di antara telinga dan bahu. Cukup beberapa menit saja akan membuat otot leher menegang dan menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai headset untuk menerima telepon.
  2. Kursi yang terlalu besar. Kursi yang tidak sesuai dengan postur tubuh tidak dapat menopang punggung dengan baik. Akibatnya ada ketegangan pada otot punggung hingga leher dan mengakibatkan sakit kepala.
  3. Minum kopi berlebihan yang tidak bisa ditoleransi tubuh. Setiap tubuh memiliki reaksi berbeda terhadap kopi. Ada yang minum kopi dua gelas sehari lalu mengalami sakit kepala. Jika tubuh Anda tidak kuat minum kopi dengan kadar tertentu, sebaiknya kurangi asupan minuman berkafein ini lebih rendah porsinya.
  4. Terlalu lama di depan layar komputer. Anda lebih sedikit berkedip saat di depan komputer. Pancaran sinar dari monitor turut menciptakan ketegangan pada mata yang berdampak pada munculnya rasa pusing. Sebaiknya lengkapi layar dengan antiglare dan dalam waktu tertentu alihkan pandangan ke objek yang berjarak minimal 20 meter.
  5. Terlalu asik bermalas-malasan. Biasanya hari libur dipakai untuk bermalasan sepanjang hari. Justru perubahan pola aktivitas ini membuat tubuh melakukan perubahan ritme sirkadian untuk membuang kadar kimia otak. Efeknya adalah munculnya sakit kepala sebelah atau migrain.
  6. Memakai tas yang berat. Mengenakan tas ransel yang memiliki berat lebih dari 10 kilogram menyebabkan nyeri leher dan bahu. Anda pun bisa mendapatkan sakit kepala karena itu.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar