Rabu, 09 Januari 2013

Home » , » Tips Membuat Aman Android Anda

Tips Membuat Aman Android Anda

Sebagai pengguna handphone android, anda pastinya banyak menikmati fitur-fitur yang dimilikinya, dan tak jarang anda harus mednownload dan mengsinstallnya bukan? Namun apa anda yakin kalau itu tidak akan mengundang virus dan membuat handphone android anda tak berfungsi?



" Trend Micro sebagai perusahaan keamanan IT, pemilik smartphone android menghabiskan waktu mereka dengan men-download aplikasi yang serba canggih di HP anda masing-masing..

Tetapi tahukah kita bahwa saat itu lah smartphone android Anda justru terancam disusupi virus. Anda bisa saja asyik bermain games yang diunduh dari layanan berbagi di internet, lalu tiba-tiba Anda akan mendapatkan link menuju situs yang siap ‘membuat hang’ ponsel Anda.

Ini bukannya menakut-nakuti, setidaknya Trend Micro, mencatat di pertengahan tahun ini saja terdeteksi malware Anroid berupa 3 instaler palsu untuk update aplikasi, yakni Androidos_ADSMS.A, Androidos_Dordrael.l, dan Androidos_crusewin.A.

Yang terbaru tentu saja ditemukannya malware android, bernama Droid Dream Light (DDLight), yang telah memakan korban 25 aplikasi terinfeksi serta antara 30.000 hingga 120.000 pengguna percaya mereka telah dipengaruhi.

Tenang dulu, Anda bisa meminimalisir hal tersebut, dengan mengamankan ponsel Anda dari hal-hal yang paling sederhana. Trend Micro, telah merumuskannya beberapa tips penting untuk pengguna, agar bisa nyaman dan aman menjalankan aplikasi selama perjalanan mudik nanti:

Gunakan Standar Fitur Keamanan di Dalam Ponsel Android Anda

Masuklah ke dalam menu > Setting, lalu Pilih > Location & Security > masukkan data seperti no PIN dan Password untuk mengunci ponsel Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengamankan data-data pribadi saat ponsel Anda hilang secara fisik


Jangan Pilih Setting Auto Connect untuk Wi-Fi

Masuklah ke dalam menu > Wireless & Network, lalu pilih > WiFi Setting, nonaktifkan fungsi auto connect untuk WiFi. Banyak WiFi yang tanpa Anda sadari ketika memanfaatkan fasilitas ini memungkinkan data Anda disalin, jadi baiknya Anda berhati-hati membuka laman seperti internet banking saat menggunakan WiFi


Jangan Menginstal Aplikasi Selain dari Android Market

Saran terbaiknya adalah menginstal aplikasi yang ada dalam android market, dengan demikian terhindar dari Trojan android. Baru-baru Trojan android ditemukan dari sebuah penyedia layanan aplikasi pihak ketiga di Cina.


Hati-hati Saat Sebuah Aplikasi Meminta Ijin untuk Membuka Akses Data Pribadi

Pada beberapa aplikasi yang diinstal biasanya meminta ijin Anda untuk membuka beberapa data, tapi yakinkan Anda tidak memberi ijin akses untuk masuk ke dalam data pribadi seperti list kontak telepon


Gunakan Aplikasi Kemananan Khusus Ponsel Android Anda

Hati-hati dalam menginstal dan membuka link tertentu adalah cara sederhana, tapi lebih dari itu disarankan Anda juga menginstal aplikasi keamanan untuk ponsel.

Pada Trend Micro Mobile Security for Android, bukan saja mengamankan pasword Anda,tapi juga mengamankan semua data transaksi mobile banking Anda. Jadi perjalanan mudik pun nyaman dan tenang tanpa khawatir lagi apakah data Anda sudah aman atau belum (sumber : info-asik.com)

Bagaimana? Semoga tips diatas bisa membantu anda untuk tidak waspada lagi sama virus yang akan menyerang hp android anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar