Sabtu, 05 Januari 2013

Home » » Berlibur di Green Canyon / Cukang Taneuh

Berlibur di Green Canyon / Cukang Taneuh


Tempat wisata Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon dikenalkan oleh wisatawan dari Prancis. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan tempat ini disebut Green Canyon. Sedangkan nama sebelumnya, Cukang Taneuh berarti jembatan tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras.

Yg menjadi tujuannya adalah terowongan menyerupai gua yang berada di bawah jembatan tanah yang dikenal dengan Gua Green Canyon. Untuk mencapai gua tersebut, kita harus menyusuri sungai Cijulang menggunakan perahu . Perahu ini hanya mampu ditumpangi oleh 5 penumpang.bisa lah 6 orang jg.haahaha. Harga sewa perahu atau ketinting ini Rp 75.000,- per perahu. Waktu yang ditempuh utk melakukan perjalanan yg dimulai dari dermaga Ciseureuh menuju gua kurang lebih 30 menit.

Di sisi aliran sungai Cijulang kita dapat menikmati tebing bukit yang ditumbuhi hijaunya pepohonan yang rimbun dan bebatuan yang menghiasinya. Perjalanan tidak akan membosankan karena pemandangan yang indah dan santainya menikmati aliran sungai. Naik ketinting jg dapat menciptakan keunikan tersendiri, khususnya untuk anak-anak yang menyenangi air. oh iya air di sungai ini adalah air payau. Air payau adalah campuran air tawar dan air laut jika kadar yang di kandung dalam satu liter air adalah 0,5 – 30 gram.

Saat hampir sampai, jalur akan menyempit sehingga perahu harus bergantian untuk memasuki jalur ini. Mendekati mulut gua, ketinting tidak dapat lagi untuk mengantarkan Anda dan rombongan karena jalur yang tidak mungkin dilalui. Tapi kita bisa berenang menyusuri gua ini dengan cara berenang. dengan menego dengan mang kenek perahu kita dapat berenang dan di pandu langsung, harga kisaran nego sebesar Rp 200.000. Tenang saja ga akan tenggelam karena kita akan dipinjamkan pelampung.







Waaaah asiik loh berwisata ke Green Canyon, kalo berlibur ke Pangandaran, Green Canyon adalah salah satu referensi objek wisata yang mesti di kunjungi.. You must try !!! enjoy…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar