Rabu, 09 Januari 2013

Home » » PERINGKAT 3 WALIKOTA TERBAIK SEDUNIA UNTUK JOKOWI

PERINGKAT 3 WALIKOTA TERBAIK SEDUNIA UNTUK JOKOWI


Satu lagi prestasi luar biasa yang diraih Joko Widodo. Mantan Walikota Solo yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta itu berhasil menyabet peringkat ketiga walikota terbaik sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Jokowi yang saat pemilihan masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, dianugerahi peringkat ketiga Wali Kota terbaik sedunia oleh World Major Project berkat kesuksesannya mengubah Surakarta dari kota yang marak tindak kriminal menjadi pusat seni dan budaya yang akhirnya sukses menggiring turis internasional untuk datang berkunjung.

Sementara itu, peringkat pertama yang berhasil disabet oleh Azkuna yang menjabat Wali Kota Bilbao sejak 1999 dianggap berjasa mengubah Bilbao dari kota industri yang tadinya semakin terburuk menjadi kota internasional bagi turis dan seni. Kesuksesan kota ini berawal dari dibukanya Museum Guggenheim pada tahun 1997 dan berlanjut pada terpilihnya Azkuna sebagai walikota dua tahun kemudian. Di peringkat kedua, Scaffidi yang terpilih sebagai Wali Kota Perth sejak tahun 2007, dalam laporan harian The Western Australia (8/1) menyebutkan Scaffidi berhasil membawa Perth dikenal secara internasional dan menjadi kota ketiga di Australia setelah Sydney dan Melbourne.

World Mayor Project adalah organisasi yang dikelola sejak 2004 oleh Yayasan Wali Kota Sedunia, sebuah lembaga pemikir untuk masalah-masalah perkotaan. Sedangkan pencalonan dan pemungutan suara untuk memutuskan World Mayor Project 2012 ini berlangsung selama sembilan bulan dan dilakukan oleh panel juri yang beranggotakan para anggota Yayasan Wali Kota Sedunia (The City Mayors Foundation).

(KF-INT/CE/Vey/Kompas) |Follow KF di Twitter: @koranfesbuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar