Selasa, 04 Desember 2012

Home » , » Saatnya Sungai di Indonesia Bersaing dengan Sungai di Eropa

Saatnya Sungai di Indonesia Bersaing dengan Sungai di Eropa




Derasnya arus di Sungai Citarik, Sukabumi (Wenni Cristina/ dtraveler)

Jakarta - Sungai mempunyai peran penting dalam pariwisata. Di Eropa, negara-negara seperti Belanda, Inggris, dan Swiss mempunyai sungai yang terkenal kecantikannya. Inilah saatnya sungai di Indonesia berbenah!

Indonesia mempunyai banyak sungai di tiap pulaunya. Namun, faktor pengelolaannya menjadi salah satu hal yang disoroti. Dalam acara seminar 'Mengoptimalkan Sungai dan Danau Menjadi Destinasi Wisata Layak Jual' di Grand Sahid Jaya Hotel, Jl Jendral Sudirman, Selasa (4/12/2012), Wamenparekraf Sapta Nirwandar dan Indonesia Water Institute (IWI), perwakilan dari Pusat Kajian Sumber Daya Air Indonesia Firdaus Ali, memaparkan tentang potensi sungai-sungai di Indonesia dan cara untuk mengoptimalkannyua sebagai destinasi wisata.

"Ampun deh kalau sungai, negara kita punya banyak sungai," celetuk Sapta di sela-sela seminar.

Sapta menambahkan, di mana-mana sungai menjadi pusat peradaban, perdagangan, dan organisasi. Sungai pun menjadi detinasi wisata di negara-negara Eropa seperti Sungai Rhine, Thames, dan masih banyak lagi. Sungai-sungai di sana punya hal yang menonjol yaitu pemandangan lebih ke alam.

"Sungai harus banyak yang kita benarkan," lanjut Sapta.

Firdaus Ali pun menyampaikan pendapatnya. Dirinya mengakui, miris melihat sungai-sungai di Indonesia yang kurang terjaga. Padahal sungai adalah sumber air bersih untuk kehidupan, untuk industri, dan juga untuk pariwisata.

"Salah satu fungsi sungai adalah untuk pariwisata. Indonesia punya 5.590 daerah aliran sungai dan panjang total 94.573 km. Ini potensi yang besar," tegas Firdaus Ali.

Oleh sebab itu, berbagai cara pun dilakukan untuk mengenalkan sungai-sungai cantik di Indonesia. Ajang olahraga dan budaya di sungai pun menjadi jurus ampuhnya.

"Strategi kita masih menggunakan event. Contohnya Sungai Musi kemarin, ada banyak lomba, culture performance, culinary, dan lain-lain di sana," ujar Sapta.

Firdaus pun mempunyai ide yang berbeda. Menurutnya, pelestarian sungai harus menjadi sorotan penting. Contohnya adalah Kali Besar di Kota Tua, Jakarta.

"Kalau sungai ditata baik, kota tuanya juga akan baik. Di sana banyak bangunan-bangunan bersejarah di sekitar sungainya, bisa menjadi tempat wisata dan menenangkan diri," ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan, negara Singapura pun mendapat devisa dan mendatangkan banyak wisatawan dari Singapore River-nya. Di sana wisatawan dapat menikmati sungai dan tidur di hotel yang menghadap ke sungai.

Berbagai cara tersebut diharapkan mampu membuat sungai-sungai di Indonesia bersaing dengan sungai di Eropa. Jika sungai di Bumi Pertiwi ini bagus dan indah, siapa pun akan betah menjelajahinya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar