Selasa, 08 April 2014

Home » , » Sering menggunakan smartphone tingkatkan risiko kematian?

Sering menggunakan smartphone tingkatkan risiko kematian?



Dunia Informasi – Berkomunikasi menggunakan telepon genggam saat ini sudah menjadi hal wajar yang dilakukan hampir semua orang. Memiliki telepon genggam sebagai salah satu alat komunikasi sudah dianggap seperti kewajiban. Bahkan tak sedikit orang yang mengaku tak bisa hidup tanpa telepon genggam.

Jika Anda adalah salah satu orang yang merasa sangat membutuhkan telepon genggam hingga tak bisa lepas dari teknologi tersebut sehari saja, maka waspadalah. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa menggunakan telepon genggam dalam jangka panjang dan sering mengirim SMS bisa meningkatkan risiko kematian. Peneliti menemukan bahwa penggunaan telepon genggam bisa memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan pernapasan.

Peneliti percaya bahwa postur tubuh yang membungkuk akibat terlalu banyak menggunakan telepon genggam atau tablet bisa menyebabkan masalah pernapasan serta masalah kardiovaskular di kemudian hari. Selanjutnya kebiasaan ini akan meningkatkan risiko kematian di usia tua, seperti dilansir oleh Daily Mail (26/03).

Penelitian yang dilakukan oleh UK United Chiropractic Association (UCA) menjelaskan bahwa orang tak bisa menganggap remeh postur tubuh yang buruk. Postur yang buruk bisa memberikan risiko yang tinggi terhadap kesehatan, sama berbahayanya dengan obesitas.

Pengguna telepon genggam atau tablet biasanya memiliki postur yang sedikit membungkuk ke depan ketika mereka menggunakan teknologi tersebut. Jika dijadikan kebiasaan, postur semacam ini bisa memicu banyak penyakit seperti masalah kardiovaskular yang bisa meningkatkan risiko kematian.

Ketika seseorang memiliki postur membungkuk saat menggunakan telepon genggam, mereka akan kesulitan menarik napas penuh. Tulang rusuk akan juga menekan jantung dan paru-paru sehingga kedua organ tersebut tak bisa berfungsi dengan sempurna. Masyarakat tak menyadari bahwa kebiasaan yang dianggap remeh ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada tubuh mereka dalam jangka waktu yang lama.

Peneliti di UCA khawatir dengan kesehatan para remaja yang saat ini terbiasa menghabiskan banyak waktu mereka menggunakan tablet dan smartphone. Jika generasi muda tak menyadari bahayanya kebiasaan tersebut, bisa jadi mereka akan memiliki usia yang lebih pendek dibanding generasi sebelumnya.

Berdasarkan penelitian ini, ada baiknya mulai sekarang perhatikan postur tubuh Anda ketika menggunakan telepon genggam atau tablet. Jangan sampai kebiasaan memiliki postur tubuh yang salah mengurangi usia Anda dan memicu penyakit berbahaya lainnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar