Sabtu, 26 April 2014

Home » » Belatung Hidup Di Mata Kanan Bocah 5 Tahun

Belatung Hidup Di Mata Kanan Bocah 5 Tahun



Dunia Informasi – Jangan pernah menganggap sepele mata bengkak yang memerah. Bisa jadi apa yang anda terjadi pada mata anda adalah sesuatu yang sangat mengerikan seperti apa yang terjadi di Honduras ini. Seorang bocah berusia lima tahun tak menyangka di mata kanannya yang bengkak itu ada belatung. Setelah melakukan operasi, tim dokter berhasil mengeluarkan seekor belatung berukuran sekitar 18-24 mm dari mata bocah malang tersebut.


Bocah dari Honduras yang tak disebutkan namanya itu harus menjalani operasi akibat larva botfly yang hidup di matanya. Dalam Archives of Ophthalmology, jurnal American Medical Association, disebutkan pada kasus bocah ini larva terletak di orbit anterior. Untuk itu, Ahli Bedah U.S. Air Force mengoperasi bocah itu. Larva itu dengan lembut dikeluarkan di bawah anastesi umum melalui sayatan kecil di konjungtiva.


Dermatobia hominis merupakan spesies botfly yang hidup parasit pada manusia. Botfly bisa menggunakan hingga 40 spesies berbeda meliputi nyamuk dan serangga lainnya untuk menginfeksi manusia. Seperti dilansir Iflscience, menurut Ahli Entomologi, botfly ini bertelur di tubuh serangga lain yang kemudian memindahkan telur ke hewan atau manusia melalui kontak langsung. Ketika nyamuk menggigit manusia, telur jatuh ke kulit. Panas tubuh kemudian menyebabkan telur menetas dan dengan cepat bersembunyi di bawah kulit melalui lubang gigitan.


Selama 8 minggu ke depan, larva berkembang. Dan setelah tumbuh cukup besar, larva keluar dari kulit dan jatuh ke tanah di mana mereka menjadi kepompong selama sekitar satu minggu. Menurut penelitian epidemiologi yang dilakukan pada tahun 2000, sebagian besar kasus myiasis (istilah medis untuk belatung yang hidup di tubuh) yang ada di AS merupakan hasil dari lalat bertelur di luka yang sudah ada.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar