Jumat, 18 April 2014

Home » , » Asus Zenfone : Ponsel Android Spesifikasi Tinggi Berharga Murah

Asus Zenfone : Ponsel Android Spesifikasi Tinggi Berharga Murah



Dunia Informasi – Lewat Zenfone, Asus sukses bikin penasaran penggila gadget. Bagaimana tidak? Dengan prosesor ‘quad core’ besutan Intel dan RAM 1 GB yang dimilikinya, ponsel terbaru Asus hanya dibanderol sebesar Rp 1,1 juta.

Tidak cuma itu, meski masuk kategori murah, Zenfone memiliki desain yang terbilang lumayan. Ditambah lagi kemampuan kameranya yang tak kalah mumpuni bila dibandingkan dengan ponsel kelas atas.

Selain itu, Asus juga menonjolkan tampilan menu Zenfone yang disebutnya ZenUI. Pada peluncurannya,detikINET berkesempatan melakukan hands-on pada varian anyar ponsel Asus ini, berikut ulasannya.

1. Spesifikasi Menggoda


Asus menelurkan Zenfone dalam 3 varian yakni Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6. Kelebihan ketiga varian zenfone tersebut terletak pada spesifikasi yang dimilikinya. Salah satunya adalah penggunaan prosesor ’quad core’ garapan Intel.

Sebenarnya prosesor Intel yang digunakan adalah jenis dual core. Berkat teknologihyper-threading, prosesor Intel dual core tersebut mampu menggandakan jumlah core menjadi dua kali lipatnya. Untuk kecepatanclock-nya, Zenfone 4 memiliki kecepatan 1,2 GHz, Zenfone 5 dengan kecepatan 1,6 GHz, dan yang paling tinggi adalah Zenfone 6 yakni 2 GHz.

Beralih ke bagian RAM, Zenfone 4 dan Zenfone 5 memiliki kapasitas 1 GB. Sedangkan Zenfone 6 sebagai varian tertinggi dibekali besaran RAM 2 GB. Adapun ukuran memori internal ketiganya adalah sebesar 8 GB, dan dapat ditambah melalui slot micro SD.

Sesuai namanya ketiga varian mewakili dimensi layarnya. Zenfone 4 memiliki bentang layar 4 inch dengan resolusi WVGA (800x480 pixel). Disusul Zenfone 5 yang menyodorkan lebar layar 5 inch dengan resolusi HD (1280x720 pixel). Sedangkan Zenfone 6 paling besar dengan ukuran layar 6 inch juga dengan resolusi HD. Menariknya, ketiganya juga telah dilapisi corning Gorilla Glass 3.

Untuk sektor kameranya, ketiga varian Zenfone juga menyuguhkan kemampuan yang tak kalah ciamik. Bila Zenfone 4 hanya mengandalkan kamera 5 MP, maka Zenfone 5 dibenamkan Kamera 8 MP yang mengusung fitur pixelmaster. Untuk varian tertinggi Zenfone 6, Asus menghadirkan kamera 13 MP juga dengan fitur pixelmaster.

2. Desain Elegan


Meski ditawarkan dengan harga terjangkau, Asus tak mengesampingkan desain yang dimiliki Zenfone. Secara keseluruhan tampilan ketiga varian Zenfone cukup menarik. Terutama berkat material metal bercorak grafir bulatan sebagai ‘pemanis’ yang tampil di bagian bawahnya.

Menengok ke area belakang, material plastik yang digunakan Zenfone sama sekali tak mencerminkan kesan murah. Asus menggunakan kelir warna matte, yang selain menambah kesan elegan, juga membuat Zenfone mantap digenggam.

Selain itu, seluruh varian Zenfone juga menawarkan 5 pilihan warna yakni hitam, putih, merah, biru, dan kuning.

Jagoan Low Light


Selain spesifikasi, kelebihan lain yang dimiliki Zenfone terletak pada kamera yang dimilikinya. Berbekal fitur yang disebutnya Pixelmaster, pengambilan gambar di kondisi minim cahaya diklaim tak jadi masalah.

Hal itu pun dibuktikan melalui sebuah demo yang dilakukan dalam ruangan tanpa penerangan sedikitpun. Saat kamera digunakan pada mode standar, objek yang ada di ruangan sulit tertangkap kamera karena didominasi oleh kegelapan.

Berkebalikan saat kamera digunakan pada mode low light. Objek yang tadinya tak tampak, bisa dibilang dapat terlihat dengan cukup jelas. Selain itu, kualitas hasil jepretannya pun terbilang cukup baik. Saat di-zoom, hasil gambarnya juga lumayan solid.

Dengan kemampuan tersebut, Asus bahkan berani mengklaim kemampuan kamera Zenfone di kondisi minim cahaya, lebih baik bila dibandingkan iPhone 5S, Galaxy S4, ataupun Xperia Z1.

Menu ZenUI


Secara keseluruhan tampilan menu ZenUI pada Zenfone memiliki kesamaan dengan banyak perangkat Android lainnya. Seperti halnya produsen ponse Android lainnya, Asus juga menonjolkan kustomisasi tampilan yang dilakukannya, mulai dari tampilan dialer, message, ataupun yang lainnya.

Tidak lupa Asus juga menonjolkan fitur-fitur ‘khas’ Zen UI lainnya semisal Super Note ataupun Task. Ditambah juga dengan fitur andalan lainnya seperti PC, remote, share dan party yang sebenarnya juga hadir pada ponsel Android lainnya namun dikemas berbeda oleh tiap-tiap produsen.

Saat detikINET gunakan, Zenfone cukup nyaman digunakan.Setiap perpindahan menu juga berjalan tanpa gejala lag. Proses buka-tutup aplikasi juga terbilang lancar.

5. Harga Memikat


Dengan spesifikasi mumpuni dan segudang fitur ciamik, Zenfone mencoba memikat konsumen dengan harga yang ditawarkannya. Zenfone 4 yang dibekali prosesor ‘quad-core’ 1,2 GHz besutan Intel hanya dibanderol sebesar Rp 1,1 juta.

Dengan harga tersebut, konsumen juga disodorkan RAM 1 GB, memori internal 8 GB, layar 4 inch WVGA, dan kamera 5 MP.

Sedangkan varian Zenfone 5 yang ditawarkan dengan harga sebesar Rp 2,1 juta, selain mengusung prosesor ‘quad core’ 1,6 GHz dan RAM 1 GB, juga menggoda lewat layar 5 inch resolusi HD dan kamera 8 MP.

Varian tertinggi Zenfone 6 ditawarkan sebesar 3,1 juta. Konsumen bakal disodorkan prosesor ‘quad core’ 2 GHz, RAM 2 GB, memori internal 8 GB, layar 6 inch resolusi HD, dan kamera 13 MP.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar