Kamis, 10 April 2014

Home » » Parpol Islam Dibutuhkan Tiga Parpol Pemenang Pemilu

Parpol Islam Dibutuhkan Tiga Parpol Pemenang Pemilu


Partai Islam

Dunia Informasi – Pengamat politik Shohibul Anshor Siregar menilai, partai-partai dengan dukungan kuat pemilih Islam, meski tidak mencuat dalam perolehan suara di Pemilu Legislatif 2014 akan memiliki nilai jual tinggi diperebutkan partai besar dalam pemenangan calon presiden.

"Tiga partai yang hasil sementara dinyatakan unggul PDIP, Golkar dan Gerinda butuh dukungan partai Islam dalam pencapresan," katanya di Medan, Kamis (10/4).

Menurut Dosen Sosiologi Politik FISIP Universitas Muhammadiyah itu, ketergantungan pada peran partai berbasis dukungan Islam seperti PPP, PKS, PAN, PBB dan PKB itu bukan hanya untuk menggenapkan persentase untuk koalisi pencapresan saja. Akan tetapi untuk proyeksi kemenangan.

Untuk itu, kata dia, figur capres bisa saja muncul atas rekomendasi para partai itu."Tapi melihat kondisi saat ini, dimana tidak ada figur yang kuat atau menonjol, kecil kemungkinan ada gerakan poros tengah seperti yang pernah terjadi atas inisiatif Amin Rais. Padahal ketika itu Amin Rais bukan salah seorang dari figur yang berkepentingan dan dipasarkan sebagai presiden atau wakil presiden,"katanya.

Oleh karena itu, kata dia, partai berbasis dukungan Islam itu paling berkemungkinan besar hanya memperoleh peluang mengajukan calon wakil presiden.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar