Kamis, 18 April 2013

Home » » Harau Valley is Truly Amazing

Harau Valley is Truly Amazing

Dunia Informasi - “All along the race route I really enjoyed the beautiful scenery. Nature here is truly amazing” Julien Liponne- French cyclist.

Itulah ungkapan salah satu peserta sepeda tour de Singkarak ketika melihat keindahan lembah Harau. Di Lembah Harau ada tebing-tebing cadas menjulang tinggi bagaikan tembok raksasa dan dibalut dengan hutan yang hijau. Hati Anda akan terpukau di Lembah Harau!



Lembah Harau terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dari Kota Padang, cukup sekitar 2 jam saja. Rasa lelah terbayar seketika setibanya di sana. Udara segar memenuhi paru-paru ini. Hijaunya hutan pun meneduhkan pandangan. Sumatera Barat memang indah! Keunikan dari Lembah Harau adalah pada tebing-tebingnya. Dengan permukaannya yang cadas dan warna tebing yang cokelat gelap, tebing ini bagaikan tembok raksasa!

Di dasar tebing, bentangan sawah dan pepohonan hijau lagi rimbun membuat pesona Lembah Harau makin memukau. Daerah Lembah Harau juga dihuni berbagai jenis hewan dan burung liar. Lembah ini juga makin memikat dengan tujuh air terjun atau sarasah yang mengalir deras. Di waktu musim hujan, air yang mengalir bertambah deras. Pemandangan sekitar lembah makin menakjubkan kala pelangi turun sehabis hujan.
Tebing cadas yang curam, menantang pendaki untuk olahraga panjat tebing. Sebuah organisasi pecinta tebing setempat secara rutin mengunjungi tempat ini sekali dalam setahun. Wisatawan yang berminat mungkin dapat mencoba untuk menguji olahraga yang satu ini. Kamu akan dipandu seorang instruktur.

Tak heran, tempat ini pernah menjadi salah satu lintasan balap sepeda pada ajang Tour de Singkarak 2012 karena pemandangannya. Bisa dibayangkan, betapa takjubnya para pembalap saat mengayuh sepeda di antara tebing-tebing raksasa sebagai latarnya.Berjalan di antara tebing-tebingnya seperti berada di dunia lain. Dunia yang tenang, tanpa polusi, dan hanya keindahan yang terlihat, sejauh mata ini memandang. Rasanya, ingin tinggal selamanya di tempat ini!

Lembah Harau adalah pesona yang tak terbantahkan. Beberapa traveler pun mengklaim Lembah Harau tak kalah indah dengan Grand Canyon di AS. Bedanya, jika Grand Canyon adalah tempat dengan tebing-tebing tandus yang tingginya mencapai puluhan meter, maka Lembah Harau tebingnya diselimuti dengan pepohonan yang hijau.

Lembah Harau terbagi 2 daerah wisatanya yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun( Akar Berayun-red). Di Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di Aka Barayun cuman ada 1 air terjun. Di Lembah Harau juga ada air terjun yang mengalir dari ketinggian lebih dari 20 meter, percikan air terasa dingin. Uniknya, air terjun ini memiliki aliran yang tidak deras. Jadi, tebing berwarna cokelat sebagai latarnya, masih terlihat jelas di antara tetesan-tetesan airnya. Cantik bukan?

Di sini, tersedia fasilitas rekreasi seperti kolam pemandian, tempat berkemah, dan jalan setapak untuk hiking keliling kawasan. Harga tanda masuk murah. Di loket penjualan karcis, akan mendapatkan peta kawasan cagar alam dan suaka margasatwa. Bila membutuhkan penunjuk jalan, kamu juga bisa menggunakan jasa tenaga guide yang yang dibayar harian.



Untuk akses ke sana, Bisa memulainya dari terminal Aur Kuning di Bukittinggi. Naik bus ke jurusan Payakumbuh, kemudian diteruskan dengan naik bus ke Sari Lama atau Lamaksari. Dari Sari Lama perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 4 km (sekitar satu jam) menuju ke pintu masuk cagar alam Lebih baik kamu sewa mobil untuk kesana jika kamu tidak mau berjalan kaki.

Lembah Harau mampu membuat saya terpukau. Tembok raksasanya bagaikan keajaiban alam. Tips saya untuk berkunjung ke Lembah Harau adalah menyiapkan kamera dengan baterai yang penuh. Ya, tak cukup sekali memotret kecantikan tempat ini!

sumber

1 komentar: