Rabu, 13 Maret 2013

Home » , » Dokumentasi Tsunami Jepang

Dokumentasi Tsunami Jepang

Dokumentasi ini bisa dijadikan arsip untuk penelitian dunia.


Tsunami Jepang (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

VIVAnews - Saat gelombang besar Tsunami menyapu kawasan Jepang, banyak warga merekam peristiwa itu melalui video maupun kamera foto ponsel. Bencana gempa bumi dan Tsunami yang terjadi di Jepang dua tahun silam menjadi pelajaran berharga bagi berbagai pihak. Hal itulah yang menginspirasi sebuah organisasi di Jepang untuk mengumpulkan dokumentasi seputar gempa bumi dahsyat dan Tsunami di Jepang yang terjadi pada 11 Maret 2011 silam.

Sebuah organisasi di Jepang bernama Marugoto 311 yang artinya arsip dari segala sesuatu dari peristiwa 11 Maret inilah yang berinisiatif mengumpulkan domkumentasi bencana Tsunami. Saat ini sudah ada 100 ribu dokumentasi yang dikumpulkan dalam catatan berbeda. Lihat videonya di sini.
Tujuan dikumpulkannya dokumen ini, tak lain untuk membagi peristiwa 11 Maret kepada dunia. Sehingga, bisa digunakan untuk keperluan mengajar maupun penelitian kebencanaan. Supaya bisa mengumpulkan lebih banyak lagi dokumen, Marugoto 311 mengajak warga di wilayah bencana 11 Maret untuk mengunggah dokumentasi dalam bentuk apapun melalui internet.

Namun, organisasi nirlaba ini belum memberitahu, kapan, publik atau warga dunia bisa mengakses arsip-arsip Marugoto 311.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar