Sabtu, 23 Maret 2013

Home » » Desain Produk Jilbab Indonesia Sering Dibajak

Desain Produk Jilbab Indonesia Sering Dibajak



Dunia Informasi - Produk industri kecil menengah (IKM) Indonesia sudah diakui di dunia internasional. Direktur IKM wilayah II Kementrian Perindustrian Gita Wibawaningsih mengatakan produk-produk IKM Indonesia mencontohkan beberapa desain produk jilbab Indonesia ternyata banyak dijumpai di kota mode Paris.

Soal kreativitas, kata dia, Indonesia terbilang unggul. Desain Indonesia menurutnya dijumpai cukup banyak di negara lain. Sayangnya, ternyata produk IKM Indonesia seringkali dibajak dan diproduksi massal di negara lain. Sementara, di Indonesia produk UKM umumnya diproduksi terbatas sehingga terkesan ekslusif.
"Kalau hari ini produk IKM kita dijual di Pasar Tanah Abang, minggu depannya lagi sudah beredar produk yang sama diproduksi Cina dengan jumlah yang lebih besar," ujar Gati, Jumat (22/3).

Ia mengakui IKM Indonesia sangat unggul di bidang desain. Namun, ternyata IKM ini kurang memperhatikan hak kekayaan intelektual (HAKI). Alhasil, seringkali hasil karya IKM Indonesia ditiru oleh negara lain. IKM, kata dia perlu mendapatkan pengetahuan lebih banyak mengenai HAKI agar kreativitasnya bisa terjaga.

(republika/22/3/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar