Jumat, 30 Mei 2014

Home » » Lebih Stres Dirumah Dibanding Kantor ?

Lebih Stres Dirumah Dibanding Kantor ?




Dunia Informasi – Pernahkan Anda merasa khawatir saat pulang kerja? kekhawatiran tersebut semakin bertambah besar ketika mendekati rumah? Kekawatiran akan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan di rumah?

Jika Anda merasa demikian? Jangan takut. Anda bukanlah satu-satunya yang mengalaminya. Banyak orang justru merasa lebih stres ketika berada di rumah dibandingkan saat berada di kantor.

Hal tersebut terungkap dalam penelitian terbaru yang dilakukan Pennsylvania State University. Penelitian tersebut mengukur tingkat stres seseorang saat berada di rumah dan saat berada di kantor. Ternyata, banyak juga yang merasa lega saat meninggalkan rumah untuk menuju ke tempat kerja.

Seperti yang ditulis oleh Forbes, studi yang dilakukan oleh para peneliti di Pennsylvania State University tersebut dilakukan kepada 122 orang. Dalam studi tersebut, para peneliti mengukur tingkat costisol, hormon yang menjadi kunci tingkat stres seseorang. Selain itu, studi tersebut juga menanyakan mengenai moods seseorang saat berada di rumah dan di kantor.

Hasilnya cukup mengejutkan, tingkat costisol sebagian besar orang yang diteliti menunjukkan level yang rendah saat berada di kantor. Sedangkan saat berada di rumah justru mengalami kenaikan.

Menurut penelitian tersebut, tingkat stress lebih tinggi di rumah karena di rumah tidak ada kejelasan tingkat penghargaan. Ketika di kantor, bos memberikan penghargaan ketika kita melakukan hal yang benar.

Namun berbeda saat di rumah, kadang-kadang, saat anak kita sedang marah kepada kita karena permintaannya tidak dikabulkan, meskipun kita mengerjakan hal yang benar, tetap saja tidak mendapat penghargaan.

Dalam penelitian tersebut juga terungkap, para pria terlihat sedikit lebih tenang saat berada di rumah dibanding dengan para wanita. Kebalikannya, para wanita terlihat lebih tenang saat berada di kantor.

"Hal tersebut terjadi karena masih ada ketidakseimbangan dalam tanggung jawab di rumah," kata peneliti tersebut seperti ditulis pada Senin (26/52014).

Setelah pulang dari kantor, para wanita masih harus mengerjakan tugas-tugas rumah tangga seperti memasak, membersihkan rumah dan mengurus anak-anak. Berbeda dengan pria yang tidak mempunyai tanggung jawab tersebut.

# via liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar