Sabtu, 31 Mei 2014

Home » , » Muslim Brasil Siapkan Kejutan untuk Piala Dunia

Muslim Brasil Siapkan Kejutan untuk Piala Dunia


Dunia Informasi – Fambras tengah menyusun sambutan buat fans Piala Dunia. Sejumlah layanan tengah disiapkan, terutama untuk fans muslim.

Dream - Brasil tengah melakukan persiapan terakhir untuk perhelatan Piala Dunia FIFA bulan depan. Di tengah hiruk pikuk itu, komunitas muslim Brasil tak mau ketinggalan. Mereka tengah menyiapkan "layanan kejutan" untuk para pendukung kesebelasan negara-negara yang akan bertanding dalam event empat tahunan tersebut.

Federasi Asosiasi Muslim Brasil (Fambras) tengah menyusun sejumlah kegiatan untuk menyambut sekitar 600 ribu fans bola dunia yang akan berkunjung ke Brasil. Mereka ingin menghilangkan prasangka dan meningkatkan pemahaman dunia terhadap Islam.

"Kami perkirakan sekitar 50 ribu fans muslim akan datang untuk menyaksikan Piala Dunia, terutama dari Iran, Nigeria, dan Aljazair. Tapi juga dari negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Malaysia, dan wilayah Teluk," kata anggota Fambars, Hussein El Zoghbi, dikutip Dream dari islam.ru, Jumat 30 Mei 2014.

Fambar yang bermarkas di Sao Paolo itu sudah membuat panduan Piala Dunia untuk fans muslim. Baik dalam bentuk booklet maupun aplikasi di smartphone. Mereka juga telah menyiapkan maskot yang diberi nama Salaminho alias Salam Kecil serta hotline untuk memberi pengetahuan pada pendatang tentang komunitas muslim di Brasil.

"Kami melihat ini merupakan kesempatan besar, tidak hanya untuk menyambut fans muslim, tapi juga untuk menyebarkan nilai positif Islam kepada non-muslim," tutur pria keturunan Lebanon ini.

Booklet 28 halaman memang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. Booklet petunjuk bagi fans bola muslim itu ditulis dalam bahasa Inggris dan Prancis. Booklet itu berisi beberapa petunjuk, mulai waktu salat hingga masjid-masjid di 12 kota penyelenggara laga Piala Dunia. Panduan itu dilengkapi dengan nomor telepon penting.

Sebanyak 32 negara akan berlaga di Piala Dunia yang dimulai pertengahan Juni mendatang. Enam di antaranya merupakan negara yang banyak memiliki penduduk muslim. Di antaranya Aljazair, Bosnia-Herzegovina, Kamerun, Iran, Pantai Gading, dan Nigeria. "Kami telah menghubungi 32 tim dan memberi tahu mereka kami bisa memberi bantuan jika mereka memerlukan," ujar El Zoghbi.

Selain itu, Fambras juga menyediakan panduan untuk menentukan arah kiblat dan daftar restoran halal. Sementara, layanan melalui telepon akan siap memberikan panduan selama 12 jam sehari dalam bahasa Inggris, Spanyol, Arab, Prancis, dan Portugal.

Sebuah bus yang disebut "Salam Bus" juga akan berkeliling untuk mendistribusikan buku tentang Islam. Bus itu akan membawa slogan “Conheco o Islam” atau "Ketahui Islam" serta “Islam é Paz” atau "Islam Itu Damai".

Muslim di Brasil merupakan kelompok minoritas. Diperkitakan hanya ada 1,5 juta muslim di Negeri Samba itu. Sebagian besar berada di daerah Iguazu Falls. Sebanyak 80 masjid diharapkan bisa menjadi tempat menyambut fans muslim. Apalagi pada akhir Juni bertepatan dengan jatuhnya bulan Ramadan.

# via dream.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar