Jumat, 30 Mei 2014

Home » , » Makanan Terbaik Saat Musim Flu dan Batuk

Makanan Terbaik Saat Musim Flu dan Batuk



Dunia Informasi – Sakit flu dan batuk kerap dianggap enteng sehingga penderitanya tetap memilih bekerja meski berisiko menularkan rekan-rekannya. Anda bisa terhindari dari penyakit tersebut dengan memilih makanan yang sehat.

Para peneliti menemukan hubungan antara fungsi kekebalan tubuh dan komponen di dalam makanan. Apabila Anda atau anak-anak Anda tertular flu, Anda harus memastikan makan makanan yang membangun kekebalan tubuh.

Berikut sejumlah makanan yang bagus dikonsumsi saat flu dan batuk seperti dilansir healthyeating.org, Jumat (30/5/2014):

1. Bawang putih

Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan terhadap infeksi dan stres. Agar Anda mendapatkan kekebalan tubuh dari bawang putih, hancurkan juga cengkeh dengan pisau Anda sebelum menambahkannya ke makanan. Cara ini bisa melepaskan cairan di bawang yang bagus untuk kekebalan tubuh.

2. Keju dan produk olahan susu

Keju dan produk olahan susu mengandung asam linoleat terkonjugasi, komponen alami dari lemak susu yang mendorong respons kekebalan tubuh.

3. Yogurt

Ini mengandung probiotik, bakteri menguntungkan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Periksalah label produk dan lihatlah kandungan Vitamin D. Penelitian awal menunjukkan, rendahnya tingkat Vitamin D bisa dikaitkan dengan meningkatkan batuk dan flu serta infeksi pernapasan.

4. Vitamin C

Makanan yang kaya Vitamin C seperti jeruk bisa membantu sistem kekebalan tubuh.

5. Zinc

Zinc ditemukan dalam daging, ayam, kacang tanah, dan selai kacang. Ini berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Apabila Anda sudah terkena flu dan batuk, makanan ini bisa Anda coba:

1. Jahe segar

Jahe bisa membantu Anda ketika sakit dengan menginduksi keringat dan mengurangi rasa mual. Buatlah teh jahe dengan satu ons jahe segar dalam setengah liter air. Tutup dan didihkan selama 10 menit dan tambahkan lemon serta madu secukupnya.

2. Sup ayam

Sup ayam dan minuman hangat meningkatkan aliran cairan hidung, membantu meringankan gejala flu. Tentu saja, rasa dan aroma dari sup ayam bisa menjadi bagian penting dari efek yang menguntungkan.

# via liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar